Titi Kamal: Millennial Mama of the Month

Titi Kamal dan Christian Sugiono ingin anak-anaknya tumbuh bahagia

4 Februari 2019

Titi Kamal Millennial Mama of the Month
Popmama.com/Michael Andrew

Berkarier dibidang entertaiment dan punya segudang bisnis, bukan berarti Titi Kamal angkat tangan dengan perkembangan kedua anaknya, Arjuna Zayan Sugiono (5) dan Kai Attar Sugiono (1). 

Menurut Titi, sangat penting bagi orangtua untuk memerhatikan setiap tumbuh kembang anak-anak. Bahkan, meski sibuk ia harus punya waktu berkualitas dengan Juna dan Kai setiap hari.

Titi dan Tian juga berusaha untuk selalu kompak dalam menerapkan pola asuh pada kedua anaknya. Jika memang ada perbedaan, mereka berusaha tidak melakukan perdebatan di hadapan anak, karena menurut Titi anak-anak harus melihat orangtuanya selalu hangat. 

Kali ini, Titi Kamal membagikan keseruannya berperan menjadi ibu sekaligus wanita karier dalam Millennial Mama of the Month!

Simak keseruan wawancara tim Popmama.com dengan Titi Kamal berikut ini, yuk Ma.

1. Titi Kamal punya segudang aktivitas di dunia entertaiment dan juga bisnis, bagaimana cara kamu memantau perkembangan anak-anak?

1. Titi Kamal pu segudang aktivitas dunia entertaiment juga bisnis, bagaimana cara kamu memantau perkembangan anak-anak
Popmama.com/Michael Andrew

Untuk memantau perkembangan anak, biasanya ditengah kesibukkannya, Titi Kamal akan mempersiapkan aktivitas untuk anak-anaknya setiap hari bahkan jika bisa, Titi akan mengajak mereka melakukan kegiatan bersamanya dan Christian.

"Saya dan Christian mencoba agar anak-anak nggak terlalu sepenuhnya diserahkan kepada pengasuh meskipun kami sibuk. Jika memang saya dan Tian tidak ada di rumah, saya memilih meitipkan anak-anak kepada Ibu saya, agar aktivitasnya lebih terpantau dengan baik," katanya.

Sebisa mungkin dalam satu hari, Titi Kamal memastikan harus memiliki waktu yang berkualitas untuk memantau perkembangan anak-anak.

"Dalam satu hari, setiap pagi saya dan Tian mengantar Juna sekolah. Siang, saat ada istirahat syuting sekitar dua sampai tiga jam, saya memilih untuk pulang dulu buat main sama anak-anak. Menjelang malam, saya harus punya waktu buat membacakan buku untuk mereka," tambahnya.

2. Bagi kamu, seberapa penting menumbuhkan anak yang bahagia?

2. Bagi kamu, seberapa penting menumbuhkan anak bahagia
Popmama.com/Michael Andrew

Bagi Titi sangat penting menumbuhkan anak bahagia. "Saat anak-anak terlahir di dunia, orang pertama yang ia lihat adalah orangtuanya. Pastinya, orangtua harus terlibat dalam menumbuhkan anak-anak menjadi pribadi yang bahagia sejak hari pertamanya," kata Titi Kamal.

Menurut Titi, salah satu cara membuat anak bahagia adalah saat kita bisa membuat keluarga yang harmonis. "Mereka akan melihat bahwa Mama dan Papanya bahagia, pastinya mereka juga akan turut bahagia. Kita harus menjadi teladan yang baik di setiap aktivitas, contohnya seperti memberlakukan hidup sehat dan bersih di lingkungan keluarga. Jadi, jangan hanya perintah anak harus begini-begitu tapi orangtuanya nggak menjalankan," ujarnya.

3. Menurut kamu, apa yang membuat anak sudah merasa bahagia?

3. Menurut kamu, apa membuat anak sudah merasa bahagia
Popmama.com/Michael Andrew

Titi Kamal mengatakan anak akan bahagia kalau orangtua terlibat pada setiap aktivitasnya. Seperti turut aktif ketika anak bermain, tahu konten apa yang sedang mereka konsumsi seperti jenis bacaannya atau jenis tontonannya.

"Mungkin, ada orangtua yang membiarkan anaknya menonton dan membaca sesuatu yang bukan semestinya, ada juga yang membiarkan anak bermain tanpa kontrol orangtua sebagai cara agar anak bisa tersenyum dan merasa bahagia. Padahal, orangtua justru harus selalu terlibat dalam setiap kegiatannya agar anak nggak salah dalam menerima informasi," jelas Titi.

Titi Kamal menambahkan bahwa anak akan bahagia kalau orangtua bisa selalu ada disisinya, mereka akan merasa dihargai keberadaannya, dan merasa percaya diri karena orangtua mendampinginya.

4. Selain menumbuhkan perasaan bahagia, bagaimana Titi Kamal dan Christian Sugiono mengenalkan kedisiplinan pada Juna?

4. Selain menumbuhkan perasaan bahagia, bagaimana Titi Kamal Christian Sugiono mengenalkan kedisiplinan Juna
Popmama.com/Michael Andrew

Titi dan Tian mengajarkan kedisiplinan pada Juna sedini mungkin. Seperti mengajarkan cuci tangan sebelum makan dan makan nggak boleh jalan-jalan.

"Sejak Juna belum bisa jalan, kita selalu membiasakan ia untuk duduk bersama ketika makan. Hal ini dilakukan agar Juna bisa mengerti bahwa ketika waktunya makan tiba, semua orang harus makan di tempatnya. Selain menerapkan hal itu, saya juga mengenalkan banyak ilmu kedisiplinan pada Juna melalui buku atau cerita dongeng. Jadi, banyak cara yang menyenangkan mengenalkan cara disiplin pada anak, nggak harus terlalu ketat dan serius. Kebiasaan ini juga saya terapkan pada Kai," ungkap Titi.

Editors' Picks

5. Bagaimana cara Titi dan Tian kompak dalam menerapkan pola asuh pada anak-anak?

5. Bagaimana cara Titi Tian kompak dalam menerapkan pola asuh anak-anak
Popmama.com/Michael Andrew

Titi dan Tian mengaku selalu punya rencana yang harus satu suara untuk masalah pola asuh, jangan sampai ada perdebatan di depan anak-anak. Mereka harus melihat orangtuanya kompak dan harmonis.

"Jadi, kalau ada perasaan kesal kalau bisa nggak boleh ditunjukkan ke anak-anak, anak-anak harus melihat orangtua baik-baik aja, agar psikologis mereka juga nggak terganggu. Dengan selalu menjalankan hubungan yang harmonis, positif, dan kompak, otomatis misi untuk mewujudkan keluarga yang bahagia pun bisa tercapai," kata pelantun lagu Resah Tanpamu ini.

6. Tipe keluarga yang harmonis bagi Titi Kamal?

6. Tipe keluarga harmonis bagi Titi Kamal
Popmama.com/Michael Andrew

"Buat saya keluarga yang harmonis itu adalah keluarga yang bisa sejalan dalam segala rencananya dan pemikirannya. Selain itu, bisa bahagia dalam menjalani segala aktivitasnya bersama-sama dan saling sayang satu sama lain," kata Titi. 

Titi Kamal mengatakan bahwa salah satu cara sederhana untuk membuat tetap saling sayang adalah satu sama lain nggak gengsi mengekspresikan perasaan masing-masing pada pasangan dan anak-anak. Seperti, beri pelukan dan ciuman setiap hari, dengan cara itu keluarga akan terasa harmonis dan hangat.

7. Apakah turut menerapkan pola asuh orangtua pada anak-anak kamu?

7. Apakah turut menerapkan pola asuh orangtua anak-anak kamu
Popmama.com/Michael Andrew

Menurut Titi Kamal orangtuanya membebaskannya melakukan apa saja sejauh tidak melewati batas.

"Misalnya, orangtua membebaskan saya buat main di alam dan saya terapkan itu pada anak-anak. Dengan bebaskan anak eksplor alam, anak-anak jadi mengenal banyak hal dan ternyata membuat mereka lebih percaya diri," ungkap Titi Kamal.

8. Bicara soal nutrisi, apakah Titi Kamal termasuk yang ketat dalam memerhatikan nutrisi bagi anak?

8. Bicara soal nutrisi, apakah Titi Kamal termasuk ketat dalam memerhatikan nutrisi bagi anak
Popmama.com/Michael Andrew

"Buat saya, nutrisi itu menjadi hal yang penting bagi tumbuh kembang anak. Saya sangat merasakan efeknya pada anak-anak. Jika saya memberikan nutrisi yang baik bagi anak-anak, mereka menjadi anak yang aktif dan tidak mudah sakit. Saat belajar di sekolah pun, Juna juga jadi cepat tanggap dalam menerima materi," ungkapnya. 

Titi berpendapat bahwa penting setiap hari baginya menyiapkan apakah nutrisi anak-anak sudah terpenuhi dari makanannya. Baginya, sudah jadi kewajiban setiap hari menyiapkan sayuran, protein, dan nutrisi lainnya tetap terjaga untuk anak-anaknya.

"Namun, pasti anak-anak juga ada maunya dong. Dia pasti mau makan sesuai keinginannya, misalnya ice cream. Biasanya saya berikan saat akhir pekan, tapi itu pun nggak terlalu sering sih," kata Titi. 

Menutup sesi wawancara, Titi Kamal berharap keluarganya tetap bisa harmonis serta anak-anaknya bisa tumbuh bahagia dengan nutrisi yang tercukupi hingga mereka dewasa.

Semoga cara dalam mengasuh anak-anak yang diterapkan Titi Kamal dan Christian Sugiono bisa menjadi inspirasi keluarga Mama dan Papa ya.

#MillennialMama of the Month – Titi Kamal

Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Social Media – Sekar Retno Ayu
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
Photographer - Michael Andrew
Videographer - Bima Bintoro
Art Designer – Dinda Putri Masita 
Makeup – Arie Khayz Irawan
Hairstylist - Andre
Location - Moja Museum
All wadrobe by:
Marks and Spencer Indonesia 
Oline Workrobe
Mothercare

#MillennialMama of the Month

Titi Kamal
Millennial Mama

Titi Kamal

Peran orangtua menjadi penentu anak tumbuh bahagia