Jangan Dulu Minum Obat, Ini 7 Makanan dan Minuman Pereda Nyeri Haid Ma

Ada beragam pilihan makanan dan minuman pereda nyeri haid lho!

26 Februari 2019

Jangan Dulu Minum Obat, Ini 7 Makanan Minuman Pereda Nyeri Haid Ma
Freepik/Rawpixel.com

Nyeri perut merupakan keluhan yang kerap dialami perempuan saat sedang datang bulan. Perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi atau haid merupakan salah satu penyebabnya.

Umumnya saat nyeri haid dialami, aktivitas yang biasanya Mama kerjakan dapat menjadi terganggu.

Nyeri yang muncul memang dapat terasa begitu menyakitkan dan membuat Mama sulit berkonsetrasi, bahkan ada pula yang menjadi lunglai karenanya.

Karena nyeri haid bisa mengganggu aktivitas, banyak perempuan memutuskan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri untuk meringankannya.

Padahal, selain mengonsumsi obat pereda nyeri, ada pula makanan dan minuman pereda nyeri yang bisa Mama konsumsi.

Mama ingin tahu apa saja makanan dan minuman pereda nyeri haid?

Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa diantaranya:

1. Sayuran Hijau

1. Sayuran Hijau
Freepik/Freepic.diller

Dilansir dari Live Strong, sayuran hijau mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat meringangkan kram perut atau nyeri haid yang Mama derita. Kandungan yang terbukti meredakan nyeri haid diantaranya adalah kalsium, magnesium, dan kalium.

Mama dapat mengonsumsi berbagai jenis sayuran hijau mulai dari brokoli, bayam, kale, sawi, hingga kubis. Bagi Mama yang tidak begitu menyukai sayuran, siasati dengan mencampurkannya dengan makanan yang Mama sukai atau jus sayuran hijau tersebut dengan buah yang Mama sukai agar rasanya lebih enak dilidah.

Atau cobalah untuk memanggangnya dan campurkan beberapa bumbu agar rasanya lebih renyah dan lebih lezat.

2. Yogurt

2. Yogurt
Pexels/Daria Shevtsova

Untuk minuman pereda nyeri haid, Mama dapat mengonsumsi yogurt. Selain mengandung kalsium, yogurt juga mengandung bakteri baik yang mampu mendukung pencernaan yang sehat dan mengurangi kembung. Juga membantu mengurangi nyeri haid yang Mama derita selama menstruasi.

Selain itu yogurt juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi tersebut diantaranya vitamin B kompleks, zinc, selenium, zat besi, magnesium, kalium, dan fosfor. Konsumsi yogurt secara rutin juga mampu meningkatkan imunitas tubuh lho Ma!

Editors' Picks

3. Ikan yang mengandung omega 3

3. Ikan mengandung omega 3
Freepik/Valeria_aksakova

Konsumsi ikan yang mengandung omega 3 mampu mengurangi nyeri haid yang Mama derita. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan "International Journal of Gynecology & Obstetrics” meyebutkan bahwa perempuan yang mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 cenderung mengalami nyeri haid yang lebih ringan dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Mama dapat mendapatkan manfaat omega 3 ini dengan mengonsumsi ikan salmon, makarel, dan ikan kembung. Untuk Mama yang vegetarian, omega 3 dapat diperoleh dari biji rami, kedelai, kembang kol, dan biji kenari.

4. Air hangat

4. Air hangat
Pexels/Daria Shevtsova

Cara yang paling mudah dan murah untuk mengatasi nyeri haid adalah dengan mengonsumsi air hangat Ma.

Air hangat mampu mendetoksi tubuh dengan baik dan membuat aliran darah menjadi lebih lancar tak terkecuali saat sedang haid.

Selain dapat meredakan nyeri haid, konsumsi air hangat selama menstruasi juga dapat meredakan kembung, keluhan yang juga kerap dialami saat sedang haid.

5. Gandum

5. Gandum
Pexels/Magda Ehlers

Konsumsi gandung selama haid juga mampu meringankan nyeri haid Ma. Karena dalam gandum terkandung magnesium, yaitu zat yang mampu meredakan kram dan nyeri haid yang Mama derita.

Selain kandungan magnesium, kandungan vitamin B dan E yang terdapat pada gandum juga mampu mengurangi rasa lemah Ma. Juga mampu memperbaiki mood sehingga Mama dapat merasa lebih baik pasca mengonsumsinya.

Mama dapat memperoleh manfaat gandum tersebut dari sereal ataupun roti gandum. Pada roti gandum misalnya, selain mengandum magnesium, vitamin B, dan vitamin E, roti gandum juga mengandung berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh seperti protein, zat besi, vitamin K, folat, kalsium, fosfor, kalium, sodium, dan zinc.

6. Jus nanas

6. Jus nanas
Freepik

Selain dikonsumsi langsung, Mama juga dapat menjadikan nanas sebagai jus pereda nyeri haid. Mama ingin tahu mengapa jus nanas bisa meredakan nyeri haid?

Nanas dapat meredakan nyeri haid karena dalam nanas terkandung bromelain yaitu enzim yang dapat meredakan peradangan, termasuk ketegangan otot yang menyebabkan nyeri haid Ma.

Adapun selain meredakan peradangan, konsumsi nanas juga mampu meredakan ganggaun pencernaan yang Mama derita.

Namun perlu diingat Ma, jangan konsumsi nanas secara berlebih ya karena konsumsi secara berlebih juga dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga: 5 Manfaat Tersembunyi Mengonsumsi Buah Nanas Selama Kehamilan

7. Pisang

7. Pisang
Freepik/Lifeforstock

Buah yang baik dikonsumsi setelah olahraga karena dapat menghindari terjadinya kram otot ini rupanya juga mampu mengatasi kram atau nyeri haid Ma.

Kandungan potassium dan vitamin yang terdapat dalam pisang juga Mama meningkatkan mood dan juga pergerakan otot. Mama disarankan untuk mengonsumsi 1 – 2 pisang saat sedang haid agar manfaatnya dapat Mama rasakan.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.