6 Rekomendasi Film Horor Bertema Spirit Doll, Bikin Merinding!

Para boneka arwah ini memberikan teror yang mengerikan dan menghantui kehidupan orang-orang

9 Januari 2022

6 Rekomendasi Film Horor Bertema Spirit Doll, Bikin Merinding
Instagram/annabellemovie

Akhir-akhir ini boneka arwah atau dikenal dengan spirit doll mewarnai lini masa media sosial Indonesia.

Spirit doll ramai dibahas oleh warganet lantaran banyak artis dan selebgram yang mengoleksi boneka yang dipercaya memiliki roh di dalamnya ini.

Mereka bahkan memperlakukan spirit doll seperti anak kandung, mulai dari menggantikan baju, menyuapi makanan, hingga mengajak spirit doll mengobrol.

Tren ini lantas mencuri perhatian sekaligus menjadi pro-kontra di kalangan masyarakat.

Sebenarnya tren spirit doll bukan sesuatu yang baru karena sejak dulu sudah banyak orang mengoleksi boneka dan menganggapnya sebagai sesorang yang hidup. Namun, kini tren tersebut banyak dibahas karena spirit doll dimiliki para figur publik.

Spirit doll bahkan dijadikan inspirasi dalam pembuatan film horor yang mencekam.

Dalam film horor, spirit doll biasanya bukan diisi oleh sosok yang baik tetapi iblis yang meminta nyawa tuannya. Hal ini juga yang membuat kebanyakan spirit doll dalam film horor disebut demon doll.

Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi film horor bertema spirit doll yang bisa kamu tonton. Apa saja film-filmnya?

Yuk, simak ulasan Popmama.com berikut.

1. Annabelle

1. Annabelle
Instagram/@annabellemovie

Siapa yang tidak mengetahui film horor populer yang satu ini. Film Annabelle merupakan film yang terinspirasi dari kisah nyata, yakni boneka bernama Annabelle.

Film yang melibatkan spirit doll ini telah tayang pada 2014 dan bercerita tentang hantu yang menggerakkan sebuah boneka.

Dikisahkan, John Form (Ward Horton) memberikan hadiah istimewa untuk pasangannya, Mia Form (Annabelle Wallis). Awalnya John mengira bahwa ia telah menemukan hadiah yang sempurna untuk Mia.

Boneka itu terlihat cantik mengenakan baju berwarna putih dan membuat Mia bahagia. Namun, akhirnya teror-teror mulai bermunculan.

Kegembiraan pasangan itu kemudian lenyap karena boneka Annabelle berubah menjadi sosok yang mengerikan dan menghantui kehidupan mereka.

2. Child’s Play

2. Child’s Play
Imdb.com

Film Child’s Play dikenal juga dengan sebutan film Chucky. Film ini bercerita tentang teror yang dilakukan oleh sebuah boneka, yaitu Chucky.

Boneka Chucky adalah spirit doll yang dirasuki roh jahat dan bisa memberikan teror yang mengerikan. Bahkan Chucky sangat mengancam nyawa manusia di sekitarnya karena boneka ini dapat bergerak sesuka hati serta dapat menggunakan pisau untuk membunuh.

Film ini sukses di pasaran tidak hanya di Amerika Serikat tetapi juga di negara-negara lainnya. Saking populer dan suksesnya, Child’s Play telah dibuat menjadi banyak sekuel film.

Diantaranya adalah Child’s Play (1988), Child’s Play 2 (1990), Child’s Play 3 (1991), Bride of Chucky (1998), Seed of Chucky (2004), Curse of Chucky (2013), Cult of Chucky (2017), dan Child’s Play (2019).

Dalam film pertama Child’s Play (1988), diceritakan seorang anak laki-laki bernama Andy Barclay (Alex Vincent) yang ingin memiliki boneka Good Guy setelah melihat iklannya di televisi.

Awalnya sang Ibu, Karen Barclay (Catherine Hicks) menolak membelikannya tetapi akhirnya membeli boneka tersebut dari pedagang loak. Namun, Karen tidak menyadari bahwa itulah awal teror dan bencana terjadi karena boneka yang dibelinya berisi roh Charles Lee Ray (Brad Dourif, pengisi suara Chucky) yang ditembak oleh seorang detektif.

Teror demi teror dan pembunuhan terjadi di sekeliling Andy sampai ibunya menyadari bahwa boneka Good Guy yang memengaruhi Andy.

Editors' Picks

3. The Boy

3. The Boy
Instagram/theboymovie

Film horor The Boy tayang pada 2016 lalu. Film ini disutradarai oleh William Brent Bell.

The Boy bercerita tentang seorang pemuda Amerika bernama Greta (Lauren Cohan). Ia memiliki pekerjaan sebagai pengasuh anak laki-laki berusia delapan tahun di sebuah desa terpencil di Inggris.

Greta tak menyangka bahwa anak yang diasuhnya adalah boneka dengan ukuran anak berusia delapan tahun. Greta merawat boneka itu layaknya manusia.

Pasangan dari pemilik boneka The Boy ini telah kehilangan anak laki-laki 20 tahun lalu sehingga mereka percaya melalui boneka spirit doll maka anak laki-laki mereka tetap hidup.

4. The Guardian

4. The Guardian
Imdb.com

Film asal Vietnam ini tayang pada 2021. Bercerita tentang kematian tragis seorang bintang pop yang menyisakan banyak pertanyaan bagi para penggemarnya.

Kematiannya itu disebut-sebut akibat perbuatan sahabatnya sendiri. Demi membalaskan dendam, akhirnya keluarga dari sang bintang pop memberikan banyak ancaman kepada sahabatnya itu.

Sahabatnya tersebut diberikan spirit doll. Salah satu anggota keluarga itu pun menjanjikan bahwa spirit doll itu bisa membawa keberuntungan. Di film ini tampak kalau spirit doll sangat dipuja oleh pemiliknya.

Film The Guardian disutradarai oleh Victor Vu serta dibintangi oleh bintang Vietnam seperti Truc Anh, Amee, Salim, dan Samuel An.

5. Sabrina

5. Sabrina
Imdb.com

Film Sabrina adalah film tentang spirit doll asal Indonesia. Film ini diperankan oleh Luna Maya, Christian Sugiono, dan Sara Wijayanto.

Film yang telah tayang pada 2018 ini bercerita tentang seorang penjual mainan dan istrinya yang diteror oleh iblis setelah keponakan mereka yang merupakan seorang yatim piatu mencoba memanggil arwah.

Ia ingin bertemu dengan mendiang ibunya menggunakan ritual aneh. Iblis tersebut akhirnya menempati boneka tersebut dan memberikan teror-teror yang mengerikan.

6. The Doll

6. The Doll
Imdb.com

Film yang berkisah tentang spirit doll ini juga berasal dari Indonesia. Film ini disutradarai oleh Rocky Soraya dan rilis pada 2016.

The Doll mengisahkan teror yang terjadi karena ulah arwah jahat yang terdapat dalam sebuah boneka.

Dikisahkan, kebahagiaan mewarnai kehidupan pasangan muda, Anya (Shandy Aulia) dan Daniel (Denny Sumargo). Mereka pindah ke rumah baru mereka di Bandung.

Suatu ketika Daniel menemukan sebuah boneka di lokasi proyek kantornya. Tanpa pikir panjang, ia langsung membawa pulang boneka itu untuk diberikan pada istrinya.

Awalnya tak ada yang aneh dari boneka itu hingga tetangga baru mereka, Niken (Vitta Mariana), mengungkap fakta mengerikan di balik boneka tersebut.

Niken dapat merasakan aura jahat di sekitar boneka itu. Dengan mata batinnya, ia juga melihat kalau boneka itu pernah dimiliki seorang anak yang meninggal dengan cara mengenaskan. Akhirnya terbukti, boneka itu gencar memberikan teror yang membuat hidup Anya dan Daniel sengsara.

Nah, itulah beberapa film bertema spirit doll yang bisa kamu tonton. Dari film-film tersebut, mana nih yang membuatmu tertarik dan berani untuk menontonnya?

Baca Juga:



 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk