5 Tips Cermat Berbelanja Online untuk Mama Millennial

Tetap harus cermat dan cerdas supaya Mama tidak kecewa dalam berbelanja online

26 April 2022

5 Tips Cermat Berbelanja Online Mama Millennial
Freepik/ibravery

Sebagai Mama milenial, berbelanja online tentu sudah menjadi rutinitas. Apalagi selama pandemi ini banyak orang beralih berbelanja secara online.

Selain memudahkan Mama memenuhi kebutuhan rumah tangga tanpa harus meninggalkan anak, belanja online juga membantu Mama menghemat pengeluaran karena ada banyak promo yang ditawarkan oleh perusahaan e-commerce.

Namun, mungkin Mama ada yang masih ragu untuk berbelanja online dengan alasan takut barang yang didapat tidak sesuai dengan yang diharapkan atau penjual kurang dapat dipercaya. Kadang karena barang tidak sesuai bisa membuat Mama harus membeli barang lainnya sehingga Mama jadi boros karena ada pengeluaran tambahan.

Atau hanya karena melihat harga murah dan foto menarik, Mama langsung membeli tanpa berpikir panjang dan ternyata ketika sampai, barangnya tidak sesuai dengan keinginan.

Lalu, bagaimana supaya tidak terus seperti ini?

Nah,Popmama.comakan memberikan beberapa tips cermat berbelanja online agar Mama bisa dengan mudah mendapatkan produk-produk rumah tangga yang terbaik dengan harga yang sesuai dan terjangkau. Yuk, simak informasinya berikut ini.

1. Sebagian besar konsumen berbelanja online selama pandemi

1. Sebagian besar konsumen berbelanja online selama pandemi
Pexels/Andrea Piacquadio

Selama masa pandemi, sebagian besar konsumen termasuk para Mama berbelanja online atau pembelian produk-produk keluarga secara daring. Tak jarang saat belanja online, Mama bisa sangat kewalahan untuk menemukan produk yang tepat dengan nilai terbaik.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh platform SuperMom menunjukkan bahwa 98% para Mama menghabiskan banyak waktu untuk mencari produk yang akan dibeli secara daring dan 96% diantaranya membandingkan harga sebelum membeli.

Selain itu, satu dari dua orang Mama menghabiskan waktu sekitar 30-60 menit untuk berbelanja online.

Kemudian, riset yang dilakukan oleh InMobi (penyedia konten, monetisasi dan teknologi pemasaran) pada 2021 menunjukkan rata-rata para Mama membelanjakan Rp 500.000 setiap berbelanja daring. Sementara riset SuperMom menunjukkan, 86% para Mama berbelanja daring untuk kebutuhan anak-anak mereka dan 79% para Mama berbelanja daring untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Editors' Picks

2. Pilih toko terpercaya saat belanja online

2. Pilih toko terpercaya saat belanja online
Pexels/Andrea Piacquadio

Sangat penting untik menemukan toko terpercaya saat belanja online karena Mama bisa memastikan barang yang akan dibeli memang berkualitas. 

Pilihan toko online terpercaya di e-commerce juga sangat menentukan kualitas dari penjual. Ketika penjual mengirimkan barang melebihi estimasi pengiriman, biasanya e-commerce akan me-redeem uang yang sudah Mama bayarkan ke e-wallet yang bersinergi dengan aplikasi jual-beli yang digunakan. 

Selalu pilih toko dengan review terbaik dari segi kualitas produk, penjual, hingga pengiriman. 

3. Baca penjelasan produk dengan cermat

3. Baca penjelasan produk cermat
Pexels/cottonbro

Saat belanja ke toko fisik langsung, Mama bisa melihat sendiri seperti apa bentuk dan kondisi barang yang dipilih serta bisa menanyakan pada pihak toko jika ada yang ingin diketahui. 

Namun, saat belanja online, Mama harus membaca penjelasan produk dengan seksama. Jangan hanya tergoda foto dan harga. 

Setelah membaca deskripsi produk, Mama juga perlu melihat komentar pembeli, apakah banyak yang puas atau justru banyak keluhan. 

Hal ini sangat penting dilakukan untuk melihat kondisi barang yang akan dibeli. Percuma jika beli di toko terpercaya tetapi barangnya tidak berfungsi maksimal. Kamu harus melewati proses pengembalian dan penukaran barang yang tentu memakan waktu. 

4. Membandingkan harga produk

4. Membandingkan harga produk
Freepik/Tuiphotoengineer

Diskon yang besar tidak menjamin harga yang paling murah sehingga kamu harus lebih cermat dalam mencari produk dengan harga terbaik.

Ketahui harga pasaran, lalu hindari membeli barang yang harganya terlalu jauh dari yang ada di pasaran. Bisa jadi barangnya refurbish, reject, atau tidak berkualitas baik.

Kemudian, cari barang dengan harga bersaing dari toko terpercaya dan akan lebih baik lagi jika ada tambahan promo sehingga Mama bisa mendapat barang dengan harga yang memuaskan.

5. Menemukan rekomendasi harga terbaik melalui platform jual beli online

5. Menemukan rekomendasi harga terbaik melalui platform jual beli online
Website SuperMom

SuperMom merupakan platform digital yang berfokus pada keluarga yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI) berbasis komunitas. Para pengguna platform ini dapat melakukan transaksi jual beli, berbagi rekomendasi produk terbaik, dan dengan memberikan rekomendasi terbaik, penggunanya juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

“Ibu-ibu Indonesia akan memiliki teman super yang bernama SuperMom yang memudahkan rutinitas belanja keluarga mereka dengan memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi dan rekomendasi harga terbaik serta bergabung dengan komunitas Ibu untuk saling mendukung,” ujar Chief Marketing Officer SuperMom Indonesia, Bunga Mega, Rabu (20/4/2022).

Bunga menambahkan, ada beberapa fitur yang tersedia dalam platform SuperMom yang bisa digunakan oleh Mama. Fitur-fitur tersebut diantaranya:

  • Fitur belanja

Dengan fitur ini Mama dapat menemukan rekomendasi harga terbaik di e-commerce yang bekerja sama dengan SuperMom.

  • Hot sales

Mama bisa mendapatkan penawaran terbaik dari e-commerce yang bekerja sama dengan SuperMom.

  • Tips parenting

Parenting center merupakan fitur dari SuperMom yang dapat membantu Mama mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

  • Fitur kupon

Selain harga terbaik, SuperMom juga memberikan exclusive cash back dan potongan harga bagi para pengguna yang tidak didapatkan dari aplikasi lainnya. Mama bisa menggunakan kode voucher dan bisa digunakan saat check out. Fitur ini juga memberikan informasi mengenai penawaran terbaik dari e-commerce.

  • Komunitas

Jika ingin bergabung dengan komunitas SuperMom, Mama bisa bergabung lewat aplikasi telegram. Ibu hamil, ibu menyusui, hingga ibu dengan balita bisa bergabung dalam komunitas ini.

Itulah informasi mengenai beberapa cara cermat berbelanja online bagi Mama milenial. Coba terapkan tips di atas ya, Ma, saat berbelanja online.

Dengan begitu Mama bisa mengontrol uang belanja dan bisa berbelanja lebih cermat dan efektif sehingga Mama tidak akan kecewa lagi saat berbelanja online. Selama mencoba, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk