Pelaku Perjalanan Domestik Masih Wajib Pakai Masker

Pelaku perjalanan domestik masih diwajibkan menggunakan masker medis atau masker kain tiga lapis

18 Mei 2022

Pelaku Perjalanan Domestik Masih Wajib Pakai Masker
Pexels/Cottonbro

Pemerintah mulai melonggarkan sejumlah aturan terkait protokol kesehatan seiring menurunnya kasus Covid-19. Salah satu aturan yang mulai dilonggarkan ialah penggunaan masker di ruang terbuka. 

Masyarakat kini diperbolehkan melepas masker ketika beraktivitas di ruang terbuka. Kendati demikian, pelaku perjalanan domestik tetap diwajibkan memakai masker selama perjalanan. 

Aturan tersebut diatur dalam Surat Edaran Nomor 18 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam negeri pada Masa pandemi Covid-19. 

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum poin-poin penting dari aturan terbaru bagi pelaku perjalanan domestik. Simak informasinya ya, Ma!

Editors' Picks

1. Aturan untuk memasuki transisi pandemi

1. Aturan memasuki transisi pandemi
Pexels/Cottonbro

Kepala Subbid Dukungan Kesehatan Bidang Darurat Satgas Covid-19, Alexander K Ginting menyampaikan, aturan terbaru bagi pelaku perjalanan domestik dikeluarkan sebagai penyesuaian untuk memasuki masa transisi pandemi ke endemi. 

“Ketentuan baru ini bentuk penyesuaian dengan kebijakan pemerintah di dalam memasuki transisi pandemi untuk enam bulan ke depan,” kata Alexander. 

2. Pelaku perjalanan domestik wajib menggunakan masker

2. Pelaku perjalanan domestik wajib menggunakan masker
Pexels/Shvetsa

Dalam beleid yang dikeluarkan pemerintah, pelaku perjalanan domestik masih diwajibkan menggunakan masker medis atau masker kain tiga lapis yang menutup hidung, mulut, dan dagu. Penggunaan masker diwajibkan selama berada di dalam ruangan atau ketika berada di tengah kerumunan. 

Selain itu, pelaku perjalanan juga diwajibkan menjaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain serta menghindari kerumunan. Mereka diimbau tidak berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon atau secara langsung selama perjalanan. 

3. Syarat tes PCR atau antigen

3. Syarat tes PCR atau antigen
Pexels/Alena-shekhovtcova

Bagi masyarakat yang sudah vaksinasi dosis ketiga, mereka tidak perlu melampirkan hasil negatif rapid tes antigen maupun tes PCR. 

Bagi yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua, mereka wajib menunjukkan hasil negatif rapid tes antigen yang diambil dalam kurun waktu 1x24 jam atau negatif tes PCR sebelum perjalanan.

Bagi masyarakat yang memiliki kondisi kesehatan khusus, mereka dikecualikan dari syarat vaksinasi. Mereka hanya diminta menunjukkan surat hasil negatif tes PCR atau antigen dan surat keterangan dokter yang menunjukkan kondisi kesehatan yang bersangkutan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk