Bahaya! 6 Jenis Piring Ini Bisa Sebabkan 8 Masalah Kesehatan

Tinggalkan jenis piring berikut ini jika tak ingin kesehatan keluarga terancam!

5 Oktober 2020

Bahaya 6 Jenis Piring Ini Bisa Sebabkan 8 Masalah Kesehatan
Freepik/topntp26

Menjaga kesehatan memang tidak semudah yang dipikirkan. Selain menjaga diri dari luar dengan cara berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat, kamu juga harus pandai mengatur waktu istirahatmu agar tidak kelelahan dan terlalu memforsir tenaga.

Tak hanya sampai di situ, ternyata ada faktor lain yang dapat membuat kamu terserang penyakit berbahaya, bahkan ketika kamu tidak menyadarinya. Yup, jenis piring untuk makan juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya bahkan sampai ke tahap kanker.

Kok bisa? Sebuah studi dari Kaohsiung Medical University di Taiwan meneliti tentang penggunaan jenis piring melamin pada 12 responden yang berusia 20 tahunan.

Penelitian tersebut berfokus pada subjek yang diminta untuk menyantap makanan panas di piring melamin dibandingkan dengan piring keramik.

Hasilnya, setelah 3 minggu, responden yang mengonsumsi makanan dari jenis piring melamin lebih banyak menghasilkan 8.35 mikrogram urin. Maka, dari studi di atas dapat disimpulkan bahwa jenis piring memang sangat berpengaruh untuk kualitas kesehatanmu dan keluarga.

Lalu, kira-kira apa saja jenis piring yang dapat menyebabkan masalah kesehatan dan apa saja penyakit yang dapat ditimbulkan? Berikut Popmama.com telah merangkum ulasan lengkapnya.

Editors' Picks

1. Bahan dan jenis piring yang tidak dianjurkan untuk digunakan

1. Bahan jenis piring tidak dianjurkan digunakan
theuniplanet.com

Agar kesehatanmu dan keluarga tetap terjaga, maka sebaiknya hindarilah penggunaan piring berikut ini:

  • Jenis piring dengan bahan melamin

Bahan melamin memang merupakan jenis piring yang paling berbahaya bagi kesehatan. Piring melamin mengandung zat kecil seperti formaldehida yang berbahaya jika terserap oleh tubuh.

Lalu, bagaimana seandainya jika kamu sudah memiliki koleksi jenis piring melamin di rumah?

Tenang saja, jenis piring melamin dapat digunakan jika dalam keadaan dingin dan tidak ditaruh makanan yang panas, karena zat melamin yang terhirup dapat menyebabkan iritasi saluran pernapasan serta kerusakan hati.

  • Jenis piring berbahan plastik

Selain jenis piring berbahan melamin, piring yang mengandung bahan plastik juga sangat berbahaya bagi kesehatan. Adanya kandungan BPA adalah satu bahan kimia yang digunakan untuk membuat plastik menjadi bening.

Coba bayangkan jika jenis piring yang dipilih untuk keluargamu mengandung senyawa BPA yang bisa larut dalam makanan atau minuman panas? Reaksi berbahaya seperti cacat janin ataupun kanker bisa masuk ke dalam tubuh keluargamu, lho!

  • Jenis piring dengan bahan timbal

Sebelum memutuskan jenis piring yang cocok untuk keluargamu terutama untuk si Kecil, periksalah kembali apakah pilihan jenis piringmu mengandung bahan timbal berbahaya atau tidak.

Timbal merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat peralatan makan, cat serta kasur yang melapisi keramik. Jadi, walaupun jenis piringmu terbuat dari keramik, maka belum tentu bebas timbal lho!

Untungnya, kemajuan teknologi sadar akan bahaya timbal sehingga lambat laun tidak lagi memproduksi cat berbahaya ini.

  • Jenis piring berbahan aluminium

Peralatan masak ataupun jenis piring yang terbuat dari bahan aluminium memang benda umum yang ada di setiap rumah. Tapi, tahukah kamu ternyata jenis piring yang terbuat dari aluminium itu berbahaya bagi kesehatan?

Kandungan aluminium yang terserap ke tubuh dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan badanmu. Partikel ion yang ada di dalam peralatan masak aluminium dapat berbahaya bagi otak dan menyebabkan penyakit alzheimer.

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih jenis piring dengan bahan stainless steel.

  • Jenis piring dengan bahan styrofoam

Praktis dan simpel memang ciri khas jenis piring styrofoam, apalagi jika digunakan untuk acara besar seperti acara ulang tahun. Dibalik kemasannya yang simpel, ternyata jenis piring berbahan styrofoam mengandung bahaya yang sangat besar.

Senyawa benzena dipercaya dapat menganggu kelenjar endokrin yang berperan pada proses reproduksi manusia, sedangkan sifat mikroplastiknya sulit diurai.

Ketika kamu mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung lemak, asam dan alkohol serta panas, senyawa benzena akan larut dalam minuman atau makanan tersebut.

  • Jenis piring berbahan plastik

Satu lagi, jenis piring atau mangkuk yang berbahaya yaitu dari bahan plastik. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan berkuah panas dengan suhu sekitar 90 derajat celcius yang dituang dalam jenis piring melamin sulit diserap oleh tubuh.

Untuk menghindari jenis piring dengan menggunakan timbal, kamu dapat menghindari piring ataupun peralatan makan yang dilapisi oleh glazur (glaze) mengkilat di bagian dalamnya serta jangan memilih jenis piring yang sudah retak.

Sebisa mungkin, hindari jenis piring atau peralatan makan dengan warna menyolok. Pilih hanya gelas, mug, sendok, dan peralatan makan yang berkualitas tinggi supaya lebih awet dan aman bagi kesehatanmu.

2. Penyakit berbahaya jangka panjang yang disebabkan oleh piring

2. Penyakit berbahaya jangka panjang disebabkan oleh piring
Freepik/diana.grytsku

Dampak yang paling berbahaya adalah penyakit jangka panjang yang disebabkan oleh kesalahan menggunakan jenis piring. Contohnya, seperti demam, asma, bronkitis, muntah, kanker bahkan sampai dengan merusak kinerja reproduksi.

Memang, penyakit tersebut tidak langsung menjangkitmu dalam waktu singkat, tetapi seiring berjalannya waktu. Tidak hanya penyakit jangka panjang, tapi kesalahan pemilihan jenis piring juga dapat memicu penyakit yang sebenarnya dekat dengan kamu.

Pernahkah kamu merasakan sesak nafas yang berkepanjangan? Atau kesulitan buang air besar yang tidak wajar? Jika iya, bisa jadi penyebabnya dari jenis piring yang kamu gunakan setiap harinya.

Coba pilih peralatan makan dan juga jenis piring yang aman seperti yang terbuat dari keramik dan hindari makanan panas yang ditaruh di piring plastik atau melamin. Selain itu, kamu juga harus memilih tempat penyimpanan dapur dari bahan yang aman untuk kesehatan.

Seiring berjalannya waktu, kesalahan yang ditimbulkan dari penggunaan jenis piring juga dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Kamu pun jadi lebih mudah sakit serta mengalami penurunan antibodi yang cukup sering dibandingkan biasanya.

Hal ini juga dapat mengganggu organ yang bekerja di dalam tubuhmu.

3. Bahan dan jenis piring yang aman untuk digunakan

3. Bahan jenis piring aman digunakan
Freepik/free picture

Agar kamu dan keluarga tetap sehat dan terhindar dari masalah kesehatan, maka gunakanlah beberapa pilihan jenis piring yang terbuat dari bahan kayu, keramik dan kaca agar lebih aman digunakan untuk menaruh makanan panas ataupun dingin.

Selain itu, jenis piring ini juga aman untuk ditaruh di microwave yang berguna untuk memanaskan makanan. Keluarga sehat, makanan pun jadi aman terkendali, bukan?

Nah, itulah ketiga fakta seputar bahaya piring dengan jenis tertentu beserta masalah kesehatan yang mengintai. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.