Apakah Makan Salad Setiap Hari Membuat Tubuh Jadi Lebih Sehat?

Salad biasanya identik dengan sayuran mentah yang diberi siraman saus

28 Februari 2021

Apakah Makan Salad Setiap Hari Membuat Tubuh Jadi Lebih Sehat
Pixabay/JillWellington

Mengonsumsi berbagai macam jenis sayuran sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sayur merupakan sumber serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Bahkan, dalam panduan makan “isi piringku” dari Kemenkes menganjurkan untuk mengisi setengan piring dengan sayuran. Sayuran menjadi menu yang lebih banyak dibandingkan lauk yang lainnya.

Mengetahui pentingnya konsumsi sayur, banyak yang berusaha untuk memperbanyak konsumsi sayur dengan membuat salad.

Salad dianggap sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Beberapa diantaranya mengonsumsi salad setiap hari untuk tujuan diet menurunkan berat badan.

Tapi apakah memang mengonsumsi salad lebih baik dibandingkan dengan sayuran yang dimasak? Sehatkah mengonsumsi salad setiap hari untuk tubuh?

Ikuti penjelasan Popmama.com berikut ini yuk, Ma!

Editors' Picks

Sayuran Mentah Memiliki Nutrisi yang Utuh karena Tidak Hilang Akibat Proses Pemanasan

Sayuran Mentah Memiliki Nutrisi Utuh karena Tidak Hilang Akibat Proses Pemanasan
Pixabay/RitaE

Beberapa jenis nutrisi tertentu sangat sensitif terhadap panas sehingga dapat menurunkan nilai makanan tersebut. Nutrisi tersebut umumnya akan menjadi non aktif saat dipanaskan. Bahkan, vitamin C dan vitamin B tidak hanya rentan pada suhu panas tapi juga mudah larut pada air rebus.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa merebus atau memanaskan sayuran dapat mengurangi jumlah vitamin C dan vitamin B hingga 60%. Tidak hanya kedua vitamin tersebut yang dapat hilang tapi juga beberapa mineral dan enzim lainnya.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Otago terhadap 422 orang dewasa di Selandia Baru dan Amerika menemukan sebuah fakta bahwa dengan mereka mengonsumsi sayuran mentah lebih rendah kemungkinan mengalami masalah mental.

Hal ini menunjukkan bahwa mengonsumsi salad setiap hari tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan tubuh tapi juga kondisi kejiwaan.

Ternyata, Proses Pemanasan pada Sayuran Bisa Meningkatkan Kandungan Nutrisi Tertentu

Ternyata, Proses Pemanasan Sayuran Bisa Meningkatkan Kandungan Nutrisi Tertentu
Pixabay/Couleur

Walaupun mengonsumsi makanan salad setiap hari sangat baik untuk tubuh bisa mendapatkan sumber nutrisi utuh, tetapi sayuran yang sudah dimasak juga tidak kalah sehatnya. Bahkan, beberapa kandungan nutrisi tertentu menjadi meningkat beberapa kali lipat setelah dilakukan proses pemanasan, antara lain antioksidan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan memasak, kandungan antioksidan seperti beta karoten, lutein, dan likopen dapat meningkat jumlahnya.

Saat sayuran dipanaskan, dinding sel akan terbuka. Hal ini juga akan memudahkan tubuh untuk menyerap nutrisi yang terkandung di dalam sayuran. Selain itu, sayur yang dipanaskan akan memiliki tekstur yang lebih lembut sehingga memudahkan pencernaan untuk mencernanya.

Agar bisa mendapatkan nutrisi yang lebih beragam, jangan hanya mengonsumsi salad setiap hari. Kombinasikan antara sayuran mentah dan juga sayuran yang sudah dimasak.

Mengonsumsi Salad Dressing Instan Bisa Menyebabkan Masalah Kesehatan

Mengonsumsi Salad Dressing Instan Bisa Menyebabkan Masalah Kesehatan
Pixabay/Hans

Mengonsumsi salad setiap hari bisa sangat menyehatkan tubuh tapi bisa juga meningkatkan beberapa risiko terkena penyakit tertentu.

Hal ini terjadi apabila salad dressing yang digunakan mengandung pemanis, perasa, pewarna, dan pengawet buatan.

Biasanya, salad dressing instan mengandung bahan buatan tersebut untuk membuat produk bisa bertahan lebih lama dan meningkatkan rasa.

Tetapi, hal tersebut dapat membuat nilai salad menjadi berkurang.

Boleh saja mengonsumsi salad setiap hari. Tetapi usahakan untuk membuat sendiri jenis salad dressing di rumah. Dengan begitu akan menjamin nilai nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Tidak selalu mengonsumsi salad setiap hari akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Hal yang terbaik adalah mengombinasikan dengan sayuran yang sudah dimasak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.