Bisa Dimakan Mentah, Ini Manfaat Konsumsi Tempe Mentah

Walau bisa dimakan mentah, perhatikan produsen pembuat tempenya, ya!

21 Agustus 2020

Bisa Dimakan Mentah, Ini Manfaat Konsumsi Tempe Mentah
Yummy.co.id

Sebagai Warga Negara Indonesia, Mama pasti tidak asing dengan makanan fermentasi tempe. Bahkan, mungkin sebagaian orang pun menjadikan tempe sebagai makanan wajib yang harus tersedia di rumah.

Memang tempe dikenal sebagai makanan yang murah dan mudah untuk didapatkan. Selain rasanya yang lezat, tempe juga memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Biasanya tempe dikonsumsi dengan menjadikan berbagai macam olahan, mulai dari orek tempe, oseng tempe, semur tempe, tempe mendoan, maupun hanya digoreng kering sambil dinikmati dengan cocolan sambal terasi.

Tetapi, Mama sudah tahukah kalau tempe bisa dikonsumsi mentah? Sebetulnya tempe yang dijual sudah dalam keadaan matang. Sebab, sebelum menjadi tempe, kedelai harus direbus atau dikukus sebelum akhirnya diberi ragi untuk proses fermentasi.

Mengonsumsi tempe dalam keadaan mentah ternyata memiliki manfaat lho, Ma. Untuk lebih jelasnya, simak pemaparan tentang manfaat konsumsi tempe mentah dari Popmama.com ini ya.

1. Higienis menjadi hal utama yang harus diperhatikan jika ingin konsumsi tempe mentah

1. Higienis menjadi hal utama harus diperhatikan jika ingin konsumsi tempe mentah
resepkupraktis.blogspot.com

Sejumlah ahli kesehatan menyarankan untuk tidak mengonsumsi tempe secara mentah. Sebab, kita tidak pernah mengetahui proses pembuatan tempe tersebut.

Banyak produsen tempe yang tidak memerhatikan kebersihan saat proses pembuatan tempe. Tidak semua pembuat tempe rutin mencuci tangan. Ada juga yang menginjak-injak kedelai saat proses pelepasan kulit kedelai. Bahkan, mereka tidak mengenakan baju saat membuat tempe.

Hal tersebut menimbulkan kekhawatiran di kalangan ahli kesehatan jika tempe dikonsumsi secara mentah. Tetapi, penyebutan tempe mentah juga tidak sepenuhnya benar karena tempe telah dilakukan proses pemasakan sebelum benar-benar menjadi tempe.

Melihat hal ini, Agus Priyanto, seorang artisan tempe, menyarankan untuk konsumsi tempe mentah yang benar-benar bisa dipercaya kebersihan proses pembuatannya atau dengan membuat tempe sendiri di rumah.

Ia pun sering mengadakan kelas-kelas workshop pembuatan tempe untuk menjamin kebersihan tempe yang akan dikonsumsi.

Sebagai seseorang yang menggeluti dunia usaha di bidang produksi tempe, Agus Tempe (julukannya sebagai artisan tempe) sering menyarankan orang untuk konsumsi tempe secara mentah. Bahkan, dirinya mengaku rutin konsumsi tempe mentah setiap hari di saat perut masih dalam keadaan kosong.

Editors' Picks

2. Kandungan tempe yang bermanfaat bagi kesehatan manusia

2. Kandungan tempe bermanfaat bagi kesehatan manusia
seriouseats.com

Dalam berbagai macam penelitian, tempe memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Bahkan, jika dibandingkan dengan kedelai yang mana menjadi bahan dasar pembuatan tempe, kandungan nutrisi tempe lebih tinggi daripada kedelai.

Tempe memiliki kandungan kalsium dan protein yang tinggi. Jadi, tidak heran jika para pengikut vegan rutin konsumsi tempe  sebagai pengganti daging.

Selain itu, tempe juga kaya akan vitamin dan mineral, terutama kandungan vitamin B12 yang jarang ditemukan pada makanan berbasis nabati.

3. Konsumsi tempe mentah akan membantu mempercantik kulit wajah

3. Konsumsi tempe mentah akan membantu mempercantik kulit wajah
Freepik/master1305

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dewi Inong, mengatakan bahwa wanita yang sudah mengalami menopause tidak lagi memproduksi hormon estrogen. Hal tersebut membuat berkurangnya elastisitas pada kulit sehingga menyebabkan kerutan.

Menurutnya, tempe memiliki kandungan fitoestrogen yang berdampak baik pada kulit. Oleh karena itu, dr. Dewi seringkali meresepkan konsumsi tempe mentah kepada pasiennya sebagai treatment perawatan kulitnya, terutama wajah yang berjerawat.

Dr. Dewi juga mengatakan manfaat dari konsumsi tempe terhadap kulit sudah dibuktikan melalui penelitian seorang dermalog asal Amerika Serikat, Zoe Diana Draelos.

Ia pun menganjurkan untuk rutin konsumsi tempe mentah minimal ukuran tiga jari setiap hari.

4. Konsumsi tempe mentah dengan menjadikan smoothies tempe

4. Konsumsi tempe mentah menjadikan smoothies tempe
Instagram/amunthecooks

Seorang dokter yang mengkampanyekan pola hidup Rasulullah, dr. Zaidul Akbar, juga sering mendemokan konsumsi tempe mentah. Terkadang ia membuatkan menjadi lapisan sandwich dengan kurma ataupun dijus seperti membuat smoothies.

Mungkin bagi sebagian Mama konsumsi tempe mentah terasa asing. Apalagi dibuat menjadi smoothies bersama kurma sebagai pemanis. Tetapi, hal ini banyak diterapkan juga oleh pengikutnya dan mereka menyukainya.

Untuk menambah nutrisi smoothies tempe ini, biasanya dr. Zaidul akbar menambahkan kurma. Tidak hanya menambah nilai gizi, kurma juga digunakan sebagai pemanis alami. Sehingga terbebas dari penggunaan gula pasir refinasi 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.