10 Tanda Berolahraga Terlalu Berlebihan, Bisa Berdampak Nggak Baik Lho

Berolahraga berlebihan akan memberikan dampak negatif bagi tubuh

15 Februari 2022

10 Tanda Berolahraga Terlalu Berlebihan, Bisa Berdampak Nggak Baik
Pexel/LiSun

Selama masa pandemi, semakin banyak orang yang sadar pentingnya menjaga kesehatan. Berbagai upaya dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Tak heran jika berolahraga menjadi kegiatan yang mulai ramai dilakukan.

Banyak jenis olahraga yang kini menjadi ramai dilakukan, seperti lari pagi, yoga, latihan kardio, hingga bersepeda. Hal ini menandakan bahwa berolahraga juga berperan penting dalam menjaga kesehatan.

Memang olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Namun, jika berlebihan melakukannya justru dapat menimbulkan berbagai masalah yang dapat mengganggu kesehatan.

Jika Mama termasuk yang sedang rajin berolahraga, coba kenali tanda olahraga berlebihan.Popmama.com telah merangkumkan apa saja tanda-tandanya.

1. Badan terasa mudah letih

1. Badan terasa mudah letih
Freepik/drobotdean

Perasaan mudah lelah ini bukan karena aktivitas yang padat. Tetapi penurunan performa dalam pencapaian kemampuan berolahraga. 

Misal, biasanya Mama mampu lari selama 15 menit tanpa jeda. Tiba-tiba, Mama merasa kesulitan mencapai target minimal yang biasa dilakukan bahkan walaupun hanya 10 menit. 

Bahkan, melakukan aktivitas lain pun badan juga mudah terasa lebih. Padahal seharusnya berolahraga dapat membantu tubuh menjadi lebih bugar.

Jika Mama merasakan hal ini, bisa jadi ini adalah tanda terlalu berlebihan berolahraga.

2. Tidak ada peningkatan kemajuan

2. Tidak ada peningkatan kemajuan
freepik/freepik

Tanda terlalu berlebihan berolahraga lainnya adalah tidak mampu meningkatan kemajuan dalam performa berolahraga. Yang seharusnya tubuh semakin mampu meningkatkan performanya, justru Mama mengalami stagnan.

3. Mengalami nyeri otot

3. Mengalami nyeri otot
Pixabay/Hans

Setelah melakukan gerakan olahraga terkadang otot yang belum terbiasa menjadi terasa terasa nyeri. Hal tersebut wajar karena otot mengalami penyesuaian kondisi.

Namun, jika Mama sudah sering berlatih olahraga, namun nyeri otot sering saja dirasakan, waspadai hal tersebut sebagai tanda terlalu berlebihan berolahraga.

4. Cedera di beberapa bagian tubuh

4. Cedera beberapa bagian tubuh
Pixabay/shauking

Adanya cedera di beberapa bagian tubuh juga bisa merupakan tanda terlalu berlebihan berolahraga. 

Misal, persendian yang terasa sakit, pembengkakan di area tubuh tertentu, hingga muncul lebam merupakan beberapa tanda terlalu berlebihan berolahraga.

Editors' Picks

5. Detak jantung saat bangun tidak beraturan

5. Detak jantung saat bangun tidak beraturan
Freepik

Tanda terlalu berlebihan berolahraga yang satu ini harus Mama perhatikan baik-baik, yaitu irama detak jantung saat bangun menjadi tidak beraturan.

Bahkan, tanda ini bisa jadi muncul tidak hanya pada saat bangun tidur. Bisa saja irama detak jantung yang tidak beraturan muncul secara tiba-tiba. Hal ini perlu diperhatikan karena bisa jadi merupakan tanda yang lainnya.

6. Menurunnya nafsu makan

6. Menurun nafsu makan
Freepik/Bearfotos

Bukan hanya berakibat kepada kemampuan fisik saja, berolahraga secara berlebihan juga menyebabkan penurunan nafsu makan.

Tanda terlalu berlebihan berolahraga ini disebabkan oleh menurunnya kadar hormon ghrelin. Hormon ghrelin merupakan hormon yang membuat seseorang merasa lapar.

7. Emosi menjadi tidak stabil

7. Emosi menjadi tidak stabil
Freepik/cookie_studio

Sebagian orang mengalami emosi yang tidak stabil akibat berlebihan dalam berolahraga. Tanda terlalu berlebihan berolahraga ini memang tidak terlalu tampak jelas. Namun, berlebihan berolahraga dapat menyebabkan seseorang mengalami masalah dalam mengelola emosinya.

8. Mengalami penurunan gairah seks

8. Mengalami penurunan gairah seks
Freepik/ jcomp

Jika seseorang terlalu berlebihan dalam menjalani program olahraganya, ada kemungkinan ia akan mengalami penurunan gairah seksnya. 

Tanda terlalu berlebihan berolahraga ini sangat masuk akal. Melihat bahwa olahraga berlebihan dapat membuat seseorang menjadi lebih mudah letih. 

Hal lainnya juga dikarenakan adanya perubahan hormon, diantaranya hormon kortisol.

9. Mengalami kesulitan tidur

9. Mengalami kesulitan tidur
Freepik/Jofreepik

Tanda terlalu berlebihan berolahraga berikutnya adalah kesulitan tidur. Seseorang yang melakukan kegiatan olahraga secara berlebihan bisa mengalami kesulitan tidur dan sulit mendapatkan tidur yang nyenyak.

Olahraga secara berlebihan bisa membuat kinerja hormon adrenalin meningkat sehingga tubuh akan tetap terjaga walaupun merasa lelah.

10. Berkurangnya motivasi melakukan sesuatu

10. Berkurang motivasi melakukan sesuatu
Freepik/asier_relampagoestudio

Berkurangnya motivasi melakukan sesuatu juga salah satu tanda terlalu berlebihan berolahraga.

Ketika tubuh kelelahan, muncul rasa sakit di sekujur tubuh, emosi yang tidak stabil, hingga sulit mendapatkan tidur yang berkualitas maka akan berdampak pada aktivitas keseharian.

Beberapa tanda olahraga berlebihan menjadi sinyal untuk lebih berkesadaran dalam melakukan olahraga. Tujuan utama berolahraga adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, perlu porsi yang seimbang untuk melakukannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk