Kumpulan Doa agar Hati Menjadi Lebih Tenang

Banyak berdoa dan membaca ayat Alquran bisa membantu hati menjadi lebih tenang

26 Januari 2021

Kumpulan Doa agar Hati Menjadi Lebih Tenang
Pexels/Mukhtar Shuaib Mukhtar

Setiap manusia pasti akan ada masanya tertimpa masalah, baik masalah internal maupun eksternal. Tak jarang masalah yang menimpa bisa membuat hati gelisah atau tak tenang. Jika perasaan negatif itu muncul, sering sekali membuat suasana hati menjadi tidak nyaman karena pikiran selalu tertuju pada masalah tersebut. 

Suasana hati yang tidak menentu akan memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk saat bersosialisasi dengan orang lain. Sebelum bertambah buruk kondisi yang dialami karena masalah belum kunjung selesai, alangkah baiknya untuk mendekatkan diri dengan sang Pencipta.

Dalam ajaran agama Islam, ada doa-doa yang bisa dipanjatkan agar membantu suasana hati lebih tenang. 

Jika Mama sedang tidak merasa tenang atau gelisah, Popmama.com telah merangkum kumpulan doa yang bisa membuat hati lebih tenang dan damai. 

1. Doa agar hati tenang dan tidak gelisah

1. Doa agar hati tenang tidak gelisah
Pexels/Abdullah Ghatasheh

Sering sekali ketika sedang tertimpa masalah, hati mendadak menjadi lebih gelisah dan tak tenang. Berikut doa yang bisa dipanjatkan agar hati Mama menjadi lebih tenang.

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a'udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola'id daini, wa gholabatir rijali

Artinya:

"Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat)."

Editors' Picks

2. Doa memohon agar hati menjadi tenang

2. Doa memohon agar hati menjadi tenang
Freepik/Jcomp

Selain doa di atas, Mama pun bisa membaca doa ini agar terhindar dari perasaan negatif. Suasana hati yang terlalu negatif justru akan berpengaruh ke kehidupan sehari-hari. Sebelum berakibat buruk, berikut bacaan doa agar hati menjadi lebih tenang.

أَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthma innah tu,minu biliqooika watardho biqodoika wataqna'u bi'athoika.

Artinya:

"Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapan-Mu dan yang merasa cukup dengan pemberianMu."

3. Doa untuk menenangkan hati berdasarkan Alquran

3. Doa menenangkan hati berdasarkan Alquran
unsplash/ Masjid Pogung Dalangan

Bacaan ini berasal dari salah satu ayat Alquran, yaitu surat Al Baqarah ayat 250. Berikut bacaan doa agar hati menjadi sejuk dan tak resah lagi ketika sedang menghadapi berbagai ujian hidup. 

رَبَّنَآ اَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَّثَبِّتْ اَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ۗ

Rabbanaa afrig 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin

Artinya:

“Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

4. Doa agar dijauhkan dari perasaan negatif

4. Doa agar dijauhkan dari perasaan negatif
pixabay/sasint

Perasaan negatif sering sekali menghantui diri sendiri ketika sedang menghadapi masalah. Dengan berdoa ini, semoga diri kita dijauhkan dari perasaan negatif, mulai dari gelisah, sedih, marah, kecewa atau yang lainnya.

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَس وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan. wa a’udzubika minal ajzi wal kasali, wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.

Artinya:

"Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung padamu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung padaMu dari cengkaman hutang dan penindasan orang."

5. Doa agar bisa ikhlas dan lapang dada

5. Doa agar bisa ikhlas lapang dada
Unsplash/Rachid Oucharia

Segala masalah yang terjadi di dalam hidup pasti akan membuat suasana hati menjadi lebih buruk, bahkan bisa memancing jalan pintas untuk melakukan hal-hal yang tidak disukai oleh Allah.

Doa ini diharapkan bisa membantu Mama untuk diberi kelapangan dada, bahkan ikhlas terhadap berbagai masalah yang datang. Doa ini terdapat dalam QS. Thaha ayat 25-28.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli

Artinya:

"Wahai Tuhanku, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku."

Itu dia beberapa doa agar hati menjadi lebih tenang. Pastikan meluangkan waktu sejenak untuk membaca doa di atas, sehingga dapat menjalani hidup lebih tenang dan terhindar dari perasaan negatif.

Semoga kumpulan doa ini dapat membantu hati lebih damai ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.