Benarkah Teh Celup Berbahaya dan Sebabkan Masalah Kesehatan?

Mama tahu nggak kabar tentang bahayanya teh celup untuk kesehatan? Nah ini penjelasannya!

4 Januari 2022

Benarkah Teh Celup Berbahaya Sebabkan Masalah Kesehatan
Pexels/freestock

Mama merupakan salah satu orang yang mengonsumsi teh celup? Tahu nggak, Ma kabar buruk yang mengatakan tentang bahayanya teh celup untuk kesehatan?

Karena saat ini banyak sekali berita yang mengatakan bahwa menggunakan teh celup dalam mengonsumsi teh itu berbahaya dan dapat menyebabkan masalah kesehatan, lho Ma.  

Ada beberapa penelitian yang bahkan mengatakan teh celup mengandung zat berbahaya dan bisa menyebabkan kanker. Selain itu, ada juga isu yang mengatakan bahwa teh celup tidak boleh direndam terlalu lama di dalam air panas. Benar nggak ya, Ma isu-isu tersebut?

Berikut ini Popmama.com akan menjawab pertanyaan, benarkan teh celup berbahaya dan sebabkan masalah kesehatan? Ini dia!  

Editors' Picks

Kantong Teh Celup Memiliki Partikel Berbahaya

Kantong Teh Celup Memiliki Partikel Berbahaya
Unsplash/montatip lilitsanong

Dalam sebuah penelitian, diketahui terdapat miliaran partikel mikroplastik dan nanoplastik yang terdapat pada hasil seduhan dari teh celup. Partikel-partikel tersebut ternyata berasal dari kantongnya, Ma bukan dari tehnya.  

Dalam penelitian itu, telah di uji 4 teh celup dengan merek yang berbeda dan keempat kantong dari teh celup itu menghasilkan data yang tidak jauh berbeda. Penelitian itu juga mengatakan, setiap kantong teh celup yang di rendam air panas dengan suhu 95 derajat celcius selama 5 menit, melepaskan 11,6 miliar mikroplastik dan 3.1 miliar nanoplastik.  

Dampak dari Partikel Mikroplastik dan Nanoplastik

Dampak dari Partikel Mikroplastik Nanoplastik
Unsplash/fly.d

Dampak negatif dari partikel mikroplastik dan nanoplastik dalam kesehatan manusia, masih sangat kurang penelitiannya. Tapi, dari beberapa kasus pada pegawai yang bekerja di pabrik plastik, banyak yang terkena berbagai macam kanker karena terkena partikel-partikel plastik dengan intensitas yang tinggi.  

Mikroplastik dan nanoplastik yang dikonsumsi manusia dapat melapisi permukaan saluran pencernaan yang masuk ke dalam darah dan menyebar ke berbagai organ tubuh manusia. Beberapa penelitian mengatakan bahwa efek negatif dari mikroplastik itu bagi kesehatan manusia adalah dapat mengganggu sistem saraf, hormon, dan kekebalan tubuh atau bahkan dapat meningkatkan risiko kanker.  

Menyeduh Kantung Teh Terlalu Lama Juga Berbahaya

Menyeduh Kantung Teh Terlalu Lama Juga Berbahaya
Freepik

Kantung teh celup yang direndam terlalu lama dapat menyebabkan teh jadi lebih kental dan merusak rasa teh yang akan dikonsumsi. Teh yang terlalu kental ternyata bisa menyebabkan dampak pada tubuh, yaitu dapat memberikan efek pada ginjal serta mengganggu kinerjanya.  

Sebuah studi menyarankan untuk menyeduh kantung teh selama 2-5 menit ke dalam suhu 70-100 derajat celcius. Selain itu, penyeduhan kantung teh yang terlalu lama dapat membuang kandungan sehat yang dimiliki teh celup. Jadi, pastikan Mama tidak menyeduh teh dalam waktu yang lama dan dengan air yang terlalu panas ya. 

Nah itu dia Ma, beberapa penjelasan terkait pertanyaan benarkah teh celup berbahaya dan sebabkan masalah kesehatan? Jadi, sebaiknya Mama menggunakan merek teh yang sudah terverifikasi BPOM dan menggunakannya sesuai dengan aturannya ya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk