5 Cara Menghilangkan Kerak Gigi Secara Medis dan Alami

Jangan tunggu sampai kerak menebal, periksakan kesehatan gigi secara rutin Ma!

14 Mei 2019

5 Cara Menghilangkan Kerak Gigi Secara Medis Alami
Pexels.com/bruce mars

Kerak gigiadalah plak yang mengeras pada gigi, biasanya sering juga disebut kalkulus gigi. Kerak gigi terbentuk dari bawah gusi yang bisa menyebabkan iritasi pada gusi. Plak mendapatkan tempat yang luas sehingga akan berkembang dan menyebabkan permukaan jauh lebih lengket.

Tak jarang masalah ini bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius seperti radang gusi. Maka dari itu, jika kamu mengalami masalah ini kamu harus segera cari tahu bagaimana cara menghilangkan kerak gigi.

Tak hanya mengancam kesehatan, efek kerak gigi lainnya yakni membuat kamu tak percaya diri. Kerak gigi menyebabkan bau mulut tak sedap dan tampilan gigi yang agak menguning.

Yang jadi masalah adalah ketika kamu berbicara dengan orang lain mau tak mau kamu harus menutup mulut, sebab jika tidak kamu bisa membuat orang lain merasa tak nyaman karena bau mulutmu.

Cara Menghilangkan Kerak Gigi yang Membandel

Menghilangkan kerak gigi bisa dilakukan secara singkat dengan mengunjungi dokter gigi. Akan ada penangan khusus untuk menghilangkan kerak gigi yang membandel. Apa sajakah itu?

Berikut Popmama.com sebutkan cara menghilangkan kerak gigi secara cepat.

1. Scalling

1. Scalling
Freepik

Cara menghilangkan kerak gigi yang pertama yakni dengan menggunakan metode scaling. Cara ini hanya bisa dan boleh dilakukan oleh dokter gigi menggunakan alat yang dinamakan ultrasonic scaler.

Untuk menghilangkan kerak gigi melalui prosedur scaling biasanya dilakukan enam bulan sekali.

Supaya gigi kamu selalu terhindar dari kerak gigi, sangat disarankan setiap enam bulan sekali melakukan kontrol ke dokter gigi untuk melihat kondisi gigi, apakah sudah terjadi penumpukan plak atau tidak. 

Kerak yang belum menumpuk dan menebal tentu akan lebih mudah dibersihkan.

2. Flossing

2. Flossing
Freepik

Menghilangkan kerak gigi juga bisa dilakukan dengan cara flossing. Flossing adalah membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di area gigi menggunakan benang gigi. Benang yang digunakan pun harus benang gigi khusus dalam kemasan yang steril, bukan benang jahit atau yang lainnya.

Kamu bisa membelinya dengan mudah di apotek atau toko-toko retail terdekat. Umumnya flossing dilakukan seusai makan, di mana sisa-sisa makanan yang menempel bisa langsung dibersihkan sehingga tak diberi kesempatan untuk menumpuk menjadi plak.

Ini hanya bisa dilakukan jika kerak atau plak gigi bersifat sementara atau belum terlalu menumpuk dan mengeras.

3. Menggunakan mouthwash secara rutin

3. Menggunakan mouthwash secara rutin
Popmama.com/Novy Agrina

Pemakaian mouthwash bisa dilakukan untuk proteksi tambahan dan cara menghilangkan ekstra sesudah menyikat gigi dengan pasta gigi fluoride dan juga flossing.

Penggunaan mouthwash secara rutin dipercaya mampu mencegah terjadinya penumpukan plak yang kemudia membuat karang gigi.

Editors' Picks

Menghilangkan Kerak Gigi Secara Alami

Ada beberapa cara menghilangkan kerak gigi secara alami. Ini cukup meringkan bagi kantong kamu. Tidak perlu mengeluarkan kocek mahal untuk bisa menghapus kerak gigi secara alami. 

1. Konsumsi Stroberi

1. Konsumsi Stroberi
Pixabay/congerdesign

Faktanya buah stroberi mengandung vitamin C, yang mana vitamin ini dinilai efektif untuk menghilangkan kerak gigi. Coba lebih sering mengonsumsi buah berwarna merah ini untuk mempercepat proses pembersihan kerak pada gigimu.

Baca juga:

2. Biji asam kawak

2. Biji asam kawak
vaya.in

Kamu juga bisa menghilangkan kerak gigi dengan biji asam kawak. Cara menghilangkannya sangat mudah, dengan menyiapkan 2-3 biji asam kawak lalu disangrai.

Jika sudah, tumbuk biji asam kawak tersebut sampai halus. Lalu basahi sedikit dengan air dan gunakan sebagai bahan untuk menggosok gigi.

3. Tidak makan sembarangan

3. Tidak makan sembarangan
Freepik

Hal lainnya yang bisa dilakukan agar tak memperparah kerak gigi atau untuk mencegah kerak gigi. Bakteri yang ada di mulut memang berasal dari makanan yang masuk.

Terlebih ketika kamu mengonsumsi makanan manis dan bertepung, hal ini justru memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak. Ketika bakteri bertemu dengan makanan manis dan bertepung, mereka akan mengeluarkan zat asam.

Itulah cara menghilangkan kerak gigi yang membandel baik secara cepat dan secara alami. Jangan lupa periksakan kondisi kesehatan gigi secara rutin ya, Ma.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!