10 Warna Cat Bagian Luar Rumah yang Sejuk

Warna yang sejuk dinilai lebih menyegarkan dan nyaman

26 Januari 2024

10 Warna Cat Bagian Luar Rumah Sejuk
Pexels/Ron Lach

Memilih warna cat bagian luar rumah tak bisa sembarangan karena sisi depan rumah adalah penentu pandangan orang lain untuk hunianmu. Selain perlu memperhatikan desain fasad, warna cat bagian luar rumah juga perlu diperhatikan. 

Salah satu cat bagian luar rumah yang bisa dipilih adalah warna yang memberikan kesan sejuk. Jika rumah berada di tengah daerah dengan cuaca yang panas, maka pemilihan warna sejuk bisa menjadi solusi agar suasana sedikit lebih menyegarkan.

Apa saja warna cat bagian luar rumah yang bikin sejuk? Kali ini Popmama.com telah merangkum ulasan selengkapnya mengenai deretan warna cat bagian luar rumah yang sejuk secara lebih detail.

Yuk, disimak!

1. Warna sage green

1. Warna sage green
castlecomplements.com

Saat ini warna sage green cukup banyak diminati banyak orang. Sebagai informasi, warna sage green ini merupakan warna hijau keabu-abuan yang mirip dengan daun sage kering. 

Warnanya yang hijau membuat bagian luar rumah terlihat seperti menyatu dengan alam. Dengan begitu, tampilan fasad rumah terasa lebih sejuk. 

Sage green ini terasa lebih modern apabila dipadukan dengan warna putih yang diaplikasikan pada pintu atau jendela.

2. Warna abu-abu muda

2. Warna abu-abu muda
homebunch.com

Warna abu-abu muda dipilih sebagai warna cat yang sejuk lantaran memberi kesan warna lembut hingga hunian terasa minimalis dan bersih. Keunggulan dari warna abu-abu muda ini dapat dikombinasikan dengan beragam warna karena ia merupakan warna netral. 

Untuk tampilan rumah yang lebih modern dan elegan, warna abu-abu muda bisa dikombinasikan dengan warna putih.  

3. Warna krem

3. Warna krem
designingidea.com

Krem menjadi warna terbaik sepanjang waktu. Sudah sejak lama krem menjadi warna favorit sebagian besar orang untuk mengecat huniannya. 

Keunggulan dari warna krem, yakni cocok untuk rumah berukuran kecil atau pun besar. Jika biasanya warna krem banyak diaplikasikan pada rumah besar dan berpilar, tak ada salahnya mengaplikasikan warna ini pada rumah berukuran minimalis. 

4. Warna putih

4. Warna putih
mymove.com

Putih menjadi rekomendasi utama untuk warna cat bagian luar rumah yang sejuk. Selain itu, warna putih bisa memberikan kesan hunian yang bersih dan luas. 

Sebagai warna netral, putih mudah untuk disandingkan dengan beragam warna lain sesuai keinginan penghuni rumah.

Editors' Pick

5. Warna toska

5. Warna toska
streamlinevrs.com

Selain warna hijau sage, warna toska juga tak kalah populer. Warna toska sebagai turunan dari hijau dan biru dapat memberikan kesan sejuk, ketenangan serta stabilitas. 

Menariknya, warna ini pun baik untuk kesehatan karena dapat memberikan semangat bagi siapa saja yang melihat. Jadi tak hanya menguntungkan bagi penghuni rumah, warna toska sebagai cat luar rumah memberi keuntungan bagi tetangga yang melihatnya.

6. Warna biru pastel

6. Warna biru pastel
thisoldhouse.com

Warna yang menggambarkan langit dan lautan ini memberikan kesan tenang dan sejuk. Selain itu, warna yang cerah ini juga memberikan nuansa yang ceria, sangat baik untuk meningkatkan suasana hati penghuninya atau siapa saja yang melihat bangunan tersebut. 

Suasana luar rumah akan terasa lebih teduh dan nyaman apabila ditambahkan dengan kusen putih serta tanaman hijau di sekitar halamannya. 

 

7. Warna monokrom

7. Warna monokrom
Pinterest.com

Jika warna putih terkesan terlalu biasa dan warna hitam terkesan terlalu gelap, maka warna monokrom bisa menjadi pilihannya. Warna monokrom yang diaplikasikan pada bagian luar rumah cukup memberi kesan sejuk, tenang, dan minimalis. 

Agar suasana di sekitar halaman rumah lebih hidup, bisa diperindah dengan bebatuan koral dan tanamah hias.

8. Warna taupe

8. Warna taupe
houzz.com

Warna taupe merupakan perpaduan warna antara abu-abu dan cokelat. Meskipun warna ini kurang terkenal, namun dapat memberikan kesan sejuk dan kalem jika digunakan untuk cat bagian luar rumah.

Taupe cocok untuk pencinta klasik, namun dengan sentuhan sedikit modern. 

9. Warna beige

9. Warna beige
certapro.com

Sebagian besar orang menganggap warna beige sama dengan krem. Namun, nyatanya kedua warna tersebut berbeda. Perbedaan dasar dari warna krem dan beige adalah undertone-nya. 

Warna krem memiliki undertone hangat dan rona cokelat. Sementara itu, warna beige memiliki rona abu-abu dingin yang sedikit lebih sejuk. 

Kamu bisa memilih warna ini apabila ingin mencoba warna krem dengan nuansa baru. 

10. Warna lavender

10. Warna lavender
stylesatlife.com

Warna lavender merupakan kombinasi antara warna biru dan pink pastel yang menghasilkan warna ungu menyejukkan. Warna seperti ini mirip dengan bunga Lavender. 

Suasana bagian luar rumah terasa lebih cerah dan segar dengan menggunakan warna lavender. Menurut psikologi, warna tersebut memberi efek menenangkan dan dapat mengurangi stres. 

Itulah berbagai warna cat bagian luar rumah yang sejuk. Salah satu warna tersebut bisa kamu aplikasikan pada bagian luar atau dalam rumah untuk memberikan kesan lebih sejuk. 

Baca juga:

The Latest