7 Tips Mengaplikasikan Warna Emas sebagai Dekorasi Rumah

Yuk, buat tampilan rumah lebih mewah dan elegan dengan warna emas!

7 Juni 2021

7 Tips Mengaplikasikan Warna Emas sebagai Dekorasi Rumah
decoist.com

Warna emas selalu menjadi pilihan Mama dan keluarga yang ingin membuat suasana rumah terkesan elegan. Warna ini menyuguhkan tampilan yang berkilauan dan mewah. 

Namun, apabila menerapkannya dengan salah, maka warna emas bisa memberikan tampilan yang berlebihan dan terkesan norak. Untuk itu, diperlukan kiat-kiat khusus untuk mengaplikasikan warna emas sebagai dekorasi rumah.  

Nah Ma, mengutip dari Times of India, kali ini Popmama.com akan membagikan tips dan trik menerapkan warna emas sebagai dekorasi rumah.

Disimak ya!

1. Sentuhan warna emas di kamar tidur

1. Sentuhan warna emas kamar tidur
timesofindia.indiatimes.com

Untuk menciptakan konsep yang mewah dan elegan, Mama bisa memberi sentuhan warna emas di kamar tidur utama. Misalnya pada panel-panel ranjang, cat dinding, dan selimut. 

Padukan dengan sarung bantal bermodel rumbai atau sarung bantal berbahan velvet yang mengkilap. Untup seprai Mama bisa memilih yang berbahan brokat. 

2. Kursi ottoman yang elegan berwarna emas

2. Kursi ottoman elegan berwarna emas
timesofindia.indiatimes.com

Kursi ottoman atau yang lebih dikenal dengan dipan dalam bahasa Indonesia, adalah salah satu jenis bangku yang tidak memiliki sandaran di belakangnya. 

Kursi ini termasuk furnitur multifungsi, kegunaannya selain untuk tempat duduk juga bisa sebagai penyangga kaki saat bersolonjor. 

Furnitur ini dapat membuat ruang tidur utama terlihat seperti kamar-kamar bangsawan. Pilihlah kursi ottoman berwarna emas yang serasi dengan model dan warna tempat tidur. 

Editors' Picks

3. Cushion dengan sarung bantal warna emas

3. Cushion sarung bantal warna emas
timesofindia.indiatimes.com

Terapkan warna emas pada sarung bantal di tempat tidur atau beberapa cushion di sofa dalam kamar. Coba untuk cari sarung bantal berbahan beludru. 

Namun, jangan gunakan warna emas pada seluruh sarung bantal. Pilihlah beberapa sarung bantal berwarna hitam dengan pinggiran warna emas. 

4. Tempat lilin dari botol berwarna emas

4. Tempat lilin dari botol berwarna emas
timesofindia.indiatimes.com

Agar suasananya tidak terasa kosong di kamar, tambahkan juga beberapa dekorasi. Biasanya kamar bergaya bangsawan identik dengan lilin sebagai pencahayaan. 

Mama bisa menambahkan dekorasi tempat penyimpanan lilin dari botol berwarna emas. Mama bisa membuatnya sendiri di rumah, lho! Pertama, pilihlah botol-botol bekas berbahan kaca, cuci bersih lalu semprotkan dengan pewarna emas.

Setelah kering, Mama bisa langsung menggunakannya sebagai tempat menyimpan lilin. 

5. Lampu gantung warna emas yang berkilau

5. Lampu gantung warna emas berkilau
timesofindia.indiatimes.com

Sekarang, beralih ke ruang tamu atau ruang keluarga. Untuk menghidupkan suasana jadi lebih nyaman dan hangat, jangan lupakan pencahayaan di rumah. 

Berikan sentuhan warna emas pada lampu gantung di ruang tamu atau ruang keluarga. Lampu gantung warna emas yang berkilau tersebut dapat membuat suasana ruangan dan furniturnya terkesan megah dan mewah. 

6. Sentuhan warna emas pada furnitur di ruang tamu

6. Sentuhan warna emas furnitur ruang tamu
timesofindia.indiatimes.com

Jika Mama tidak suka warna-warna emas ini mendominasi seluruh ruangan di rumah. Ada cara lain untuk mengaplikasikan warna ini tanpa berlebihan. 

Mama bisa memakai warna emas sebagai aksen pada beberapa furnitur di ruangan, misalnya kursi atau pinggiran meja. Kombinasikan aksen warna-warna emas ini dengan warna utama seperti hitam, putih atau krem. 

7. Kamar mandi yang mewah dengan warna emas

7. Kamar mandi mewah warna emas
timesofindia.indiatimes.com

Setelah kamar tidur, ruang tamu dan ruang keluarga, Mama juga bisa mengaplikasikan warna emas ini di kamar mandi, lho! 

Ada beberapa cara untuk menambahkan warna emas sebagai dekorasi kamar mandi. Terapkan warna yang mengkilap ini pada keran, kabinet, dan bingkai cermin. 

Untuk memberikan efek dramatis, Mama bisa memakai ubin berwarna emas di lantai dan dinding ruangan. 

Nah Ma, itulah tips dan trik menerapkan warna emas sebagai dekorasi rumah. Semoga bisa menjadi inspirasi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.