7 Perbedaan Smart TV dan Android TV, Jangan Keliru

Smart TV dan android TV sama-sama memiliki fitur yang canggih

22 Mei 2022

7 Perbedaan Smart TV Android TV, Jangan Keliru
Pexels/Rachel Claire

Di era perkembangan teknologi komunikasi dan informasi sekarang ini, keberadaan televisi makin canggih dengan inovasinya. Dahulu, televisi berupa tabung hanya mampu memunculkan gambar dan suara dari sinyal yang ditangkapnya dengan antena.

Namun, kini, keberadaan televisi berupa tabung itu tergantikan oleh televisi jenis smart TV serta android TV. Sering disamaartikan, faktanya, kedua jenis televisi ini memiliki perbedaan mendasar, lho.

Berikut Popmama.com telah merangkum beberapa perbedaan smart TV dan android TV yang perlu diketahui sebelum membeli. Yuk Ma, disimak dengan baik!

1. Smart TV ibarat komputer berwujud televisi, sementara android TV ibarat smartphone berwujud televisi

1. Smart TV ibarat komputer berwujud televisi, sementara android TV ibarat smartphone berwujud televisi
Pexels/Ksenia Chernaya
Ilustrasi

Perbedaan mendasar dari smart TV dan android TVterkait cara kerjanya. Smart TV bisa diibarat sebagai komputer berwujud televisi, di mana ia bisa menghubungkan orang dengan ruang internet, mulai dari situs streaming seperti YouTube, Netflix, atau Facebook yang sudah dipasang sebelumnya.

Sementara itu, android TVibaratnya adalah smartphone berwujud televisi. Ia memiliki fitur seperti di android, yakni bluetooth, keyboard, hingga aplikasi untuk mengontrol remote. Fitur-fitur seperti inilah yang tidak dimiliki smart TV.

2. Smart TV memiliki tampilan yang cenderung sederhana, sementara tampilan android TV relatif lebih rumit

2. Smart TV memiliki tampilan cenderung sederhana, sementara tampilan android TV relatif lebih rumit
Pexels/Victoria Borodinova

Secara tampilan, smart TV memiliki tampilan yang cenderung lebih sederhana daripada android TV. Pasalnya, smart TV ini kebanyakan memang didesain sesederhana mungkin, namun tetap ada banyak fitur agar mudah dipahami oleh konsumen televisi sejak lama.

Untuk android TV memang dikenal memiliki fitur yang lebih lengkap dan beragam, sehingga apa yang diperlihatkannya pun tampak canggih dan baru. Ini mungkin akan sulit dipahami bagi mereka kalangan lansia yang sudah terbiasa dengan penggunaan televisi biasa.

Editors' Picks

3. Smart TV terbatas dalam penyediaan aplikasi, sementara android TV memiliki lebih banyak pilihan aplikasi

3. Smart TV terbatas dalam penyediaan aplikasi, sementara android TV memiliki lebih banyak pilihan aplikasi
Pexels/VAZHNIK

Smart TV bisa digunakan untuk menonton televisi secara online dengan fitur Wi-fi yang dimiliki jenis televisi ini.

Penggunaannya pun cukup mudah, hanya perlu menghubungkan internet dengan televisi agar situs yang diinginkan bisa diakses dengan mudah dan lancar.

Sedangkan untuk android TV, produk ini mempunyai banyak pilihan aplikasi daripada smart TV. Hal itu karena android TV terhubung dengan Google Play Store yang memungkinkan pengguna mengunduh maupun memperbarui aplikasi yang ada di sana untuk kebutuhan menonton.

4. Smart TV tidak bisa dilakukan pembaruan fitur dan aplikasinya, sementara android TV perlu pembaruan

4. Smart TV tidak bisa dilakukan pembaruan fitur aplikasinya, sementara android TV perlu pembaruan
Pexels/Vidal Balileo Jr.

Sistem yang ada di Google Play Store akan secara otomatis menampilkan pemberitahuan bahwa aplikasi tertentu perlu dilakukan pembaruan. Oleh karena itu, aplikasi pada android TV akan terus update menuju versi yang lebih baru.

Sementara itu, smart TV sendiri tidak bisa dilakukan pembaruan. Kalau ada pembaruan, smart TV biasanya membutuhkan waktu lama untuk menyediakan update terbaru untuk kebutuhan televisi. Dengan demikian, smart TV ini bisa dibilang kurang cocok bagi mereka yang haus akan inovasi atau fitur-fitur terbaru.

5. Smart TV bisa diakses hanya menggunakan satu remote, sementara android TV perlu setidaknya dua

5. Smart TV bisa diakses ha menggunakan satu remote, sementara android TV perlu setidak dua
Pexels/Andres Ayrton

Untuk akses televisi menggunakan remote, smart TV hanya memerlukan satu buah remote untuk menjalankan semua akses dan program televisi.

Berbeda dengan smart TV, android TV perlu setidaknya dua buah remote control yang terdiri dari remote operasi perangkat khusus televisi serta remote sistem operasi android TV.

Selain itu, untuk kebanyakan android TVsaat ini juga sekarang sudah tidak memerlukan remote; hanya perlu akses pada smartphone yang bisa difungsikan sebagai remote control.

6. Android TV biasanya memiliki fitur suara untuk Google Assistant, sementara smart TV tidak mempunyainya

6. Android TV biasa memiliki fitur suara Google Assistant, sementara smart TV tidak mempunyainya
Pexels/JESHOOTS.com

Salah satu keunggulan lain dari android TVyang tidak dimiliki oleh smart TVialah fitur Google Assistant. Sama halnya seperti yang ada di smartphone, Google Assistant membantu orang untuk mengajukan perintah terhadap perangkat yang digunakan.

Hal ini menjadikan kebanyakan android TVmenambahkan mikrofon ke remote televisi sehingga pengguna dapat menggunakan Google Assistant sama seperti di smartphone. Ini menjadi salah satu bentuk dari kemajuan teknologi yang modern.

7. Android TV dipatok harga yang relatif lebih murah dibandingkan harga kebanyakan merek smart TV

7. Android TV dipatok harga relatif lebih murah dibandingkan harga kebanyakan merek smart TV
Pexels/Andrea Piacquadio

Secara harga, android TVmemiliki harga yang lebih murah dibandingkan smart TV. Jika android TVbiasa dipatok harga mulai dari Rp2 jutaan dengan spek yang mumpuni, maka smart TVdijual seharga Rp3-10 jutaan untuk spek yang lebih unggul.

Jika Mama memang menginginkan fitur-fitur pada televisi yang lebih lengkap dengan bujet yang relatif rendah, pertimbangkanlah untuk membeli android TV.

Nah, itulah beberapa perbedaan smart TV dan android TVyang sering disalahartikan. Jadi, apakah Mama sudah memutuskan untuk membeli yang mana antara kedua jenis televisi itu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk