Cara Memasang Gorden Berdasarkan Jenisnya, Jangan Sampai Salah

Ada trik agar cepat dan mudah saat memasang gorden di rumah

14 September 2021

Cara Memasang Gorden Berdasarkan Jenisnya, Jangan Sampai Salah
Freepik.com

Cara memasang gorden ternyata punya teknik tersendiri. Banyak dari masyarakat yang belum mengetahui hal itu karena menganggap pemasangan gorden sama saja.

Padalah berbeda jenis gorden, perawatan dan cara memasangnya berbeda. Hal ini agar fungsi dan manfaat gorden sebagai pelindung di rumah makin maksimal.

Selain berfungsi sebagai pelindung dari sinar matahari berlebih dan pandangan dari luar rumah, fungsi gorden juga bisa mempercantik ruangan. Perlu diketahui juga bahwa ada berbagai macam gorden yang bisa memberikan kesan dekoratif. 

Jangan sampai salah, berikut Popmama.com rangkum cara memasang gorden berdasarkan jenisnya!

1. Cara memasang gorden biasa

1. Cara memasang gorden biasa
Freepik.com

Cara memasang gorden dengan jenis umum memang mudah dilakukan. Tirai atau gorden biasa ini sering kita temui dipasaran. Hanya berupa selembar kain yang dijahit pada tepi-tepinya atau kain berlapis yang dijahit.

Tekstur pada tepi kain biasanya lebih tebal. Gunanya agar gorden jatuh ke bawah dan tetap kokoh saat digantungkan pada rel gorden. Berikut cara memasang gorden biasa agar cepat, antara lain: 

  • Mengukur kerangka bagian atas jendela, lalu tandai kedua ujung jendela untuk memasang penyangga rel.
  • Pasang penyangga rel di titik yang telah ditandai.
  • Kemudian, pasang gorden pada rel.
  • Perhatikan apakah rel harus digantung ke rel menggunakan bantuan cincin atau dimasukkan ke dalam rel itu sendiri.
  • Jika menggunakan rel, masukkan rel ke lubang gorden. Namun, jika menggunakan cincin, masukkan cincin gorden ke rel.
  • Pasang kait satu persatu di tempat yang sudah disediakan, lalu gantung gorden dengan mengaitkan kait ke cincin di rel.

Editors' Picks

2. Cara memasang gorden berponi

2. Cara memasang gorden berponi
Pexels/didsss

Ada dua tahapan yang harus dilalui jika memasang gorden berponi. Sebenarnya cara memasang gorden berponi tidak jauh berbeda dengan gorden biasa kok. 

Berikut sejumlah hal yang harus diperhatikan secara detail, antara lain: 

  • Memasang penyangga rel khusus yang dapat menopang dua rel atau lebih.
  • Lalu pasang gorden seperti yang sudah dijelaskan pada cara memasang gorden biasa.
  • Selanjutnya gantung rel pertama di penyangga rel yang bersinggungan dengan jendela.
  • Siapkan rel kedua untuk poni gorden, masukkan rel ke lubang untuk rel dan gantung poni gorden di penyangga yang paling depan.
  • Rapikan gorden dan poninya agar lipatan dan lekukannya tersebar merata ketika gorden tertutup.

3. Cara memasang gorden tirai kupu-kupu

3. Cara memasang gorden tirai kupu-kupu
Pexels/quang-nguyen-vinh

Gorden kupu-kupu semakin populer karena masyarakat Indonesia saat ini banyak yang memiliki rumah dengan jendela kecil. Gorden kupu-kupu sangat cocok digunakan pada jendela yang tinggi dan sempit.

Cara memasang gorden kupu-kupu tidak jauh berbeda kok. Meskipun ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena pemasangan gorden jenis ini cukup rumit.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Pasang penyangga rel pada sisi atas dan bawah jendela secara sejajar sesuai dengan panjangnya tirai.
  • Lalu telusurkan satu rel di tepi atas gorden dan pasang penyangga di sisi atas jendela.
  • Telusurkan rel kedua di tepi bawah gorden dan pasang penyangga di sisi bawah jendela.
  • Kaitkan ujung gorden ke ujung rel agar gorden tidak bergeser-geser dan atur gorden agar lipatannya tersebar rata.
  • Ikat gorden dengan rapat di tengah menggunakan tali hias, pita, atau sabuk gorden.

4. Tips memasang gorden pintu agar estetik

4. Tips memasang gorden pintu agar estetik
Pexels/oandremoura

Selain dipasang di jendela, gorden juga kerap dipasang di pintu. Selain sebagai pelindung, gorden di pintu juga bisa menjadi hiasan tersendiri.

Sebelum kita memasang gorden pintu, ada baiknya mengetahui tips berikut ini. Gunanya agar ruangan kita lebih estetik dan gordennya menjadi nilai tambah hiasan di ruangan.

Berikut tips memasang gorden pintu dengan mudah, antara lain: 

  • Pilihlah gorden yang panjangnya melebihi ukuran pintu. Namun jangan sampai berlebihan agar tak mudah kotor. Biarkan gorden lebih panjang 15-20 cm daripada penyangganya untuk memberikan tampilan elegan di lantai. Panel gorden harus cukup lebar agar ketika ditutup, bisa tertutup secara penuh. Lebar panel ini sendiri sebaiknya 2 sampai 2,5 kali dibandingkan lebar pintu.
  • Pilihlah warna yang cerah terutama untuk pintu rumah yang berukuran tak terlalu besar. Hindari memasang gorden pintu berwarna monokrom. Sebab, akan membuat ruangan tampak pengap. 
  • Pilih penyangga gorden pintu yang sesuai dengan konsep rumah dan desain pintu kita. Pastikan penyangga gorden cukup lebar sehingga ketika terbuka, bagian dalam gorden hanya menutupi bingkai pintu dan bukan jalan masuk.
  • Kain gorden pintu sebaiknya dipasang pada posisi yang agak tinggi sehingga menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. 
  • Gorden pintu sebaiknya digantung setengah jalan antara bagian atas pintu dan langit-langit atau juga lebih tinggi. Tempat yang pas untuk instalasi tangkai besi gorden adalah dibawah langit-lagit. Ini akan menciptakan visualisasi ruangan terlihat tampak lebih tinggi dan luas. Tidak masalah jika harus melebihi frame pintu bagian atas.

5. Tips memasang gorden tanpa batang rel

5. Tips memasang gorden tanpa batang rel
Pexels/hillaryfox

Ketika memasang gorden biasanya ada rel yang perlu dipasang. Padahal, dilansir dari Homes & Gardens, tidak ada salahnya memasang gorden tanpa batang rel. 

Pilihan ini bisa dilakukan jika kita ingin menciptakan kesan lebih ramping dengan menghilangkan batang gorden. Berikut beberapa tips memasang gorden tanpa batang rel:

  • Menggunakan kawat, hal ini mudah dilakukan dan jika ada masalah juga lebih mudah diperbaiki. Memasang gorden menggunakan kawat dapat bekerja baik pada gorden yang tipis dan ringan.
  • Menggunakan tali sebagai alternatif untuk kawat gorden. Ini menciptakan kesan pedesaan di ruangan. Cara ini paling baik dipadukan dengan gorden yang memiliki grommet. Pastikan meregangkan tali sampai kencang saat memasangnya agar tidak kendur.
  • Kenop kabinet, cara ini dapat digunakan untuk menggantung gorden tie-top. Pasang di dinding pada jarak yang sama dengan ikatan. Dikarenakan tidak dapat memindahkan gorden dengan metode ini, sebaiknya gunakan cara ini untuk gorden yang dipasang berada di seberang jendela.

Itulah tadi cara memasang gorden berdasarkan jenis dan tips memasangnya. Semoga ini menjadi ilmu baru bagi Mama yang masih awam dan belum mengetahui cara memasang gorden dengan benar selama ini.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.