5 Alasan Keluarga Milenial Lebih Suka Rumah Minimalis

Ciri utama rumah minimalis, yakni terkesan simple dan clean

14 September 2021

5 Alasan Keluarga Milenial Lebih Suka Rumah Minimalis
Unsplash/Benchaccounting

Rumah menjadi salah satu kebutuhan primer generasi milenial. Ada banyak gaya desain dan dekorasi rumah yang populer di kalangan milenial, namun dekorasi yang paling banyak diminati adalah dekorasi rumah minimalis. 

Warna dasar interior rumah minimalis memang dominan putih. Milenial biasanya melengkapinya dengan warna abu-abu atau krem untuk mempercantik ruangan di rumah mereka.

Ciri khas lainnya dari rumah minimalis, yakni mengisi ruangan dengan barang-barang yang diperlukan saja. Tampilan furniturnya pun harus bersudut dan edgy. 

Bagi sebagian orang, dekorasi rumah minimalis terlihat membosankan. Namun, milenial di seluruh Indonesia tetap menggemari dekorasi rumah minimalis. Lantas, apa alasannya?

Dilansir dari Livespace, berikut ulasan yang dirangkum Popmama.com perihal alasan milenial lebih suka rumah minimalis. 

1. Penghasilan rendah

1. Penghasilan rendah
Unsplash/Liogo

Keinginan memiliki rumah dipengaruhi oleh penghasilan para milenial. Berdasarkan hasil penelitian, generasi milenial umumnya berpenghasilan 20 persen lebih rendah dari penghasilan orangtua mereka. 

Itulah sebabnya, generasi milenial memilih membatasi pengeluaran untuk memiliki rumah. Mereka akan memilih desain sederhana dan minimalis agar tidak mengeluarkan banyak biaya. 

Editors' Picks

2. Gaya hidup

2. Gaya hidup
Unsplash/Hutomoabrianto

Dekorasi rumah minimalis dipilih untuk menyesuaikan dengan gaya hidup generasi milenial. Sebagian besar generasi milenial biasanya berpenghasilan kurang dan hampir tidak memiliki tabungan. Namun, mereka memiliki gaya hidup bebas dan lebih suka beraktivitas di luar rumah. 

Mereka pun hampir tidak punya waktu untuk mengurus maupun membersihkan furnitur rumah. Oleh karena itu, mereka memilih menempatkan lebih sedikit furnitur di rumah agar mudah dibersihkan.

Perawatan furnitur rumah pun bukan sebuah kewajiban bagi generasi milenial

3. Menyukai kebebasan

3. Menyukai kebebasan
Unsplash/Tutuwords

Generasi milenial menjadi generasi pertama yang menikmati manfaat teknologi dan terus hidup berdampingan dengan teknologi. Milenial kemudian terbiasa hidup di dunia yang selalu terhubung, tanpa adanya batasan. 

Mereka bebas bepergian ke mana pun dan terhubung dengan banyak orang menggunakan teknologi. Oleh karena itu, milenial menyukai kebebasan dan jarang berada di rumah.

Sebuah hotel bisa menjadi rumah bagi generasi milenial, lalu sebuah kafe bahkan bisa menjadi kantor. 

4. Mencegah perubahan iklim

4. Mencegah perubahan iklim
Unsplash/Sarahdorweiler

Sebagian besar milenial mulai sadar terhadap perubahan iklim. Mereka lalu melakukan hal-hal untuk mencegah perubahan iklim seperti memilah sampah dan mengurangi populasi manusia.

Memilih dekorasi rumah minimalis juga salah satu cara untuk mencegah perubahan iklim. Milenial akan menata ruangan agar sesuai dengan kegunaan dan fungsinya dan bisa beradaptasi dengan perubahan iklim.

Mereka berpikir semakin banyak barang yang ditempatkan di rumah, maka semakin besar pula pengaruh pada pemanasan global. 

5. Lebih sehat

5. Lebih sehat
Unsplash/Dvandijk

Seperti diketahui, ciri utama rumah minimalis yakni simple dan clean. Desain rumah minimalis umumnya memiliki banyak ruangan berventilasi. Desain tersebut membuat hunian lebih terang dan sirkulasi udara lebih lancar. 

JIka pencahayaan terang dan sirkulasi lancar, maka hal itu bisa menciptakan energi positif kepada penghuni rumah. Itulah sebabnya, milenial lebih memilih desain rumah minimalis untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka. 

Itulah sejumlah alasan yang menjadi pertimbangan generasi milenial memilih desain rumah minimalis. Apakah Mama berminat untuk beralih ke rumah minimalis?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.