Ketahui 8 Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Kulkas yang tidak dingin akan menyebabkan makanan cepat membusuk

22 Februari 2021

Ketahui 8 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Cara Mengatasinya
Pexel/Erik Mclean

Saat ini, hampir di semua rumah memiliki kulkas. Kebutuhan kulkas sebagai lemari pendingin sangat tinggi mengingat manfaatnya yang sangat banyak.

Dengan kulkas kita bisa memperpanjang usia makanan menjadi lebih lama dan menjaga kesegarannya.

Agar kualitas makanan yang disimpan di dalam kulkas terjaga, suhu di dalam kulkas menjadi sangat penting. Kulkas yang berfungsi dengan baik pasti akan memiliki suhu dingin yang baik.

Apa jadinya kalau kulkas tidak dingin? Tentu makanan menjadi cepat membusuk dan aroma di dalam kulkas menjadi sangat bau.

Oleh karena itu, Popmama.com ingin memberitahukan kepada Mama apa saja yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Cek informasi selengkapnya berikut ini ya!

1. Menyimpan terlalu banyak makanan di dalam kulkas

1. Menyimpan terlalu banyak makanan dalam kulkas
Pexels/difisher

Kulkas memang diperuntukkan untuk tempat penyimpan makanan. Tetapi, bukan berarti semua makanan harus dimasukkan ke dalam kulkas. Kulkas juga memiliki kapasitasnya untuk menampung jumlah makanan.

Menyimpan makanan yang terlalu banyak bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Sebab, hal tersebut akan membuat penyebaran suhu udara di dalam kulkas menjadi tidak rata. Akibatnya, hanya makanan-makanan yang berada di dekat lubang udara dingin saja yang akan mendapatkan suhu dingin.

Agar suhu udara di dalam kulkas kembali normal, maka kurangi isi di dalam kulkas. Masukkan makanan-makanan yang benar-benar perlu untuk didinginkan di dalam kulkas.

2. Memasukkan makanan yang masih panas

2. Memasukkan makanan masih panas
Freepik/Phanuwatnandee

Jika suhu makanan masih panas atau hangat, jangan terburu-buru untuk memasukkannya ke dalam kulkas. Biarkan makanan tersebut mencapai suhu ruang barulah di simpan ke dalam kulkas.

Makanan yang masih panas akan membuat suhu dingin di dalam kulkas berkurang. Suhu di dalam kulkas akan naik karena ada uap panas yang menyebar di dalam kulkas.

3. Posisi kulkas berada di dekat peralatan yang menghasilkan suhu panas

3. Posisi kulkas berada dekat peralatan menghasilkan suhu panas
Unsplash/@nicotitto

Kalau kulkas di rumah dirasa tidak sedingin kulkas pada umumnya, coba cek posisi kulkas diletakkan. Apabila posisi kulkas berdekatan dengan peralatan yang panas maka jangan heran kalau kulkas tidak dingin.

Ambil contoh Mama meletakkan kulkas berdekatan dengan kompor atau oven. Suhu panas kompor dan oven saat digunakan akan memengaruhi performa kulkas. Hal tersebutlah yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin.

Jika hal ini yang terjadi maka pindahkan kulkas ke tempat yang tidak berdekatan dengan peralatan tersebut.

Editors' Picks

4. Kondisi stop kontak yang tidak baik

4. Kondisi stop kontak tidak baik
Freepik/Chainfoto24

Kondisi stop kontak juga bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Energi listrik yang dialirkan dari stop kontak berperan penting untuk kulkas dapat menghasilkan suhu dingin. Namun, jika kondisi stop kontak tidak optimal maka hal tersebut mengganggu performa kulkas untuk menghasilkan energi dingin di dalamnya.

Coba uji kondisi stop kontak dengan mengetesnya menggunakan perangkat elektronik yang lain. Jika alat elektronik yang lain juga tidak berfungsi dengan baik, maka perbaiki segera stop kontak tersebut. Tetapi jika peralatan tersebut dapat berfungsi dengan baik, bisa jadi kabel atau komponen kulkas yang bermasalah.

5. Banyak bunga es yang menumpuk

5. Banyak bunga es menumpuk
Unsplash/@dev_irl

Masalah bunga es sering menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Hal ini terjadi karena bunga es yang menumpuk menutup lubang udara sehingga penyebaran udara dingin menjadi terganggu.

Jika kulkas bagian freezer Mama terdapat bunga es maka segeralah bersihkan kulkas tersebut. Caranya, cabut kabel kulkas dari stop kontak dan biarkan bunga es meleleh. Cara ini efektif untuk menghilangkan bunga es. Tetapi jangan lupa untuk membersihkan bagian kulkas lainnya untuk menjaga kebersihan kulkas.

6. Terlalu sering membuka-tutup pintu kulkas

6. Terlalu sering membuka-tutup pintu kulkas
huffingtonpost.com

Penyebab kulkas tidak dingin juga bisa jadi karena kulkas terlalu sering dibuka-tutup. Saat membuka pintu kulkas, udara dingin akan keluar dan berganti dengan udara yang ada di ruangan. Oleh karena itu, persingkat waktu Mama membuka pintu kulkas. Jangan terlalu lama berpikir untuk mengambil makanan yang diperlukan.

7. Karet pintu kulkas yang sudah longgar

7. Karet pintu kulkas sudah longgar
Freepik/Yanalya

Perhatikan juga kondisi pintu kulkas. Lihat bagaimana kondisi karetnya. Karet pintu yang longgar atau kering dapat menyebabkan udara dingin di dalam kulkas akan keluar. Hal inilah yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin. 

Apabila karet kulkas longgar atau  kering, segera hubungi petugas service yang bisa memperbaiki masalah tersebut.

8. Pengaturan suhu yang belum maksimal

8. Pengaturan suhu belum maksimal
Pixabay/geralt

Saat kulkas tidak dingin, jangan terburu-buru menganggap kulkas Mama rusak. Bisa jadi penyebab kulkas tidak dingin karena pengaturan suhu berada di posisi rendah. Jadi, coba cek terlebih dahulu tombol pengatur suhu kulkas sudah berada di posisi maksimal atau belum.

Penyebab kulkas tidak dingin sangat beragam. Tidak selalu karena kulkas sudah rusak. Tetapi, bisa jadi karena kebiasaan penggunaan yang tidak tepat menjadi penyebab kulkas tidak dingin.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.