Awas Salah! Begini Cara Menentukan Ukuran Kondom yang Benar

Ketahui juga bahaya menggunakan ukuran kondom yang tidak benar!

6 April 2021

Awas Salah Begini Cara Menentukan Ukuran Kondom Benar
Freepik

Sebagian pasangan akan menggunakan kondom untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, usai berhubungan seks. 

Hanya saja penggunaan kondom seringkali disepelekan begitu saja, bahkan tidak berusaha mencari ukuran yang sesuai. Padahal salah satu tips menggunakan kondom yang benar, yakni memilih dan menggunakan kondom sesuai dengan ukuran penis. 

Penggunaan kondom yang tepat pun bisa membantu untuk mencegah peneluran penyakit seksual. 

Perlu dipahami juga bahwa kondom dirancang agar dapat memberikan kenyamanan untuk berbagai ukuran penis, sehingga sesi bercinta menjadi lebih menyenangkan. 

Jika ingin mengetahui cara menentukan ukuran kondom yang benar, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Yuk, pelajari cara menentukan ukuran kondom yang benar! 

Editors' Picks

1. Pastikan memilih kondom dengan ukuran yang sesuai

1. Pastikan memilih kondom ukuran sesuai
Pixabay/Bru-nO

Kondom sebagai alat kontrasepsi memang sudah tidak lagi asing saat didengar apalagi cukup mudah ditemukan. Walau begitu, penggunaan kondom yang benar masih sering terabaikan.   

Dilansir dari Women’s Health Magazine, Logan Levkoff, Ph.D., seorang pakar seks dari New York mengatakan bahwa ukuran kondom yang standar dirasa cocok untuk banyak orang ketika digunakan. Hanya saja sebagian orang merasa tidak cocok karena ukuran penis mereka lebih besar atau terlalu kecil saat ereksi. 

Sebelum membeli memang perlu memastikan ukuran penis yang dimiliki agar mengetahui ukuran kondom. 

Secara umum, ukuran yang dijual di pasaran mulai dari Extra Small (XS), Small (S), Regular (R), Large (L) dan Extra Large (XL). Ukuran-ukuran ini perlu diperhatikan dengan baik karena mampu memberikan kenyamanan selama berhubungan seks. 

2. Apa risiko menggunakan kondom yang tidak sesuai ukuran penis?

2. Apa risiko menggunakan kondom tidak sesuai ukuran penis
Freepik

Secara umum, panjang penis ketika sedang ereksi berada di ukuran sekitar 14-15 cm, sementara ukuran kondom yang dijual di pasaran telah menyediakan sedikit ruang untuk menampung cairan saat laki-laki orgasme. 

Jika diukur, ruang tersebut sekitar 2-3 cm. Ini akan terlihat di bagian ujung kepala penis setelah digunakan saat ereksi. 

Apabila ukuran kondom tidak sesuai dengan ukuran penis, bahkan sudah melebihi ruang yang tersedia akan menyebabkan rentan robek. Selain itu, ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan ketika ukuran kondom tidak sesuai antara lain: 

  • Jika ukuran kondom terlalu sempit atau lebih kecil dari penis, maka rentang robek saat berhubungan seks. Ketika robek pun akan meningkatkan peluang kehamilan. 
  • Jika ukuran kondom terlalu besar dari penis, maka bisa berdampak buruk saat berhubungan seks. Bukan tidak mungkin kalau kondom dapat tersangkut di dalam vagina dan menyebabkan gangguan infeksi. 

3. Berapa ukuran kondom yang tepat untuk penis berukuran kecil, sedang dan besar? 

3. Berapa ukuran kondom tepat penis berukuran kecil, sedang besar 
Freepik

Ada beberapa merek kondom didesain khusus agar bisa digunakan untuk ukuran penis yang lebih besar, sedang dan kecil. Pembelian kondom pun tidak bisa sembarangan karena bisa meningkatkan berbagai risiko. 

Jika penis berukuran kecil, ukuran kondom yang digunakan biasanya memiliki lebar 4,8 cm dan panjang 16 cm. Kalau merasa memiliki penis yang berukuran sedang dengan rata-rata 12-15 cm, maka bisa membeli kondom berukuran lebar 5,2 cm dan panjang 19,5 cm. 

Selain itu, cobalah untuk membeli kondom dengan lebar 5,4 cm dan panjang 20 cm ketika merasa memiliki ukuran penis yang besar. 

Perlu diketahui bahwa ada merek tertentu menyediakan kondom yang memang bisa diregangkan untuk menyesuaikan panjang penis dengan berbagai ukuran, sehingga sisa panjang ekstra di bagian ujung berguna untuk menampung cairan ketika orgasme.  

Ketika salah menggunakan ukuran kondom yang tepat justru membuat fungsinya menjadi kurang efektif. 

Itulah informasi terkait cara menentukan ukuran kondom yang benar sesuai dengan kebutuhan. Diharapkan informasi ini bisa memberikan pengetahuan baru, sehingga tidak salah lagi saat membeli kondom demi kenyamanan selama bercinta dengan pasangan.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.