5 Tips Membangun Kesetiaan Antara Pasangan Suami Istri

Seberapa penting arti kesetiaan dalam hubungan pernikahan?

23 April 2021

5 Tips Membangun Kesetiaan Antara Pasangan Suami Istri
Freepik

Kesetiaan mencakup beberapa aspek penting dalam suatu hubungan mulai dari kasih sayang, keintiman dan rasa hormat. Kesetiaan tidak hanya berlaku untuk satu pihak saja, suami dan istri harus berkomitmen terhadap janji mereka untuk selalu bersama setelah menikah.

Suami istri yang setia satu sama lain akan mampu membangun bahtera rumah tangga dengan lebih harmonis, bahkan tidak akan tergoyahkan hanya karena masalah kecemburuan. 

Namun untuk membuktikan sebuah kesetiaan kepada pasangan, nyatanya tak harus diungkapkan dengan hal-hal besar saja. Lewat hal-hal kecil seperti bentuk perhatian sehari-hari pun dapat memupuk kesetiaan dan rasa saling percaya.

Jika Mama ingin tahu bagaimana cara membangun kesetiaan di antara pasangan suami istri, tak perlu khawatir karena Popmama.com sudah merangkumnya. 

Disimak ya, Ma!

1. Jangan pernah menyembunyikan sesuatu dari suami 

1. Jangan pernah menyembunyikan sesuatu dari suami 
Freepik/freepik

Setiap orang memang mempunyai sebuah rahasia, namun pada sisi lain mereka juga memiliki seseorang yang bisa dipercaya untuk menyimpan rahasia. 

Terbukalah tentang segala hal dan jangan menyembunyikan sesuatu dari suami, meski hal kecil sekalipun. Perlu diingat bahwa kejujuran merupakan kunci untuk membangun loyalitas dan kepercayaan dalam hubungan pernikahan

Editors' Picks

2. Simpan rapat-rapat rahasia suami dari semua orang 

2. Simpan rapat-rapat rahasia suami dari semua orang 
Pixabay/free-photos-242387

Sepasang suami istri artinya perlu menjadi satu tim yang utuh dan seirama. Ketika suami telah memercayai Mama untuk menyimpan rahasianya, maka sebaiknya tak mengkhianati kepercayaan tersebut. Jangan pernah sekalipun mengungkapkan rahasia suami, bahkan kepada keluarganya sendiri. 

Tetaplah bersama dan selalu mendukungnya di masa senang maupun susah. Sebuah dukungan merupakan bentuk kesetiaan yang bisa diberikan istri untuk suaminya.  

3. Hormati perbedaan di antara kalian berdua

3. Hormati perbedaan antara kalian berdua
Shutterstock/Blue Planet Studio

Dalam kehidupan berumah tangga perselisihan biasanya dipicu oleh perbedaan di antara pasangan suami istri, misalnya perbedaan budaya dan prinsip. 

Sebaiknya Mama dan suami bisa saling menghormati perbedaan satu sama lain tanpa menghakimi. Belajarlah untuk memahaminya dengan begitu Mama akan mengerti alasan di balik setiap tindakan suami.

4. Jadilah seorang yang pemaaf 

4. Jadilah seorang pemaaf 
Pixabay/theproofphotography-20410089

Untuk membangun serta mempertahankan kepercayaan dan kesetiaan, seorang istri harus berhati besar. Selain itu, mau memaafkan suaminya jika berbuat salah. 

Tak dapat dipungkiri, setiap orang pasti berbuat salah. Sebaiknya Mama jangan menyimpan dendam, bahkan terus mengungkit-ungkit kesalahan suami di masa lalu. Hal tersebut hanya akan meenghancurkan hubungan kalian.  

5. Berkomitmen pada diri sendiri dan pasangan 

5. Berkomitmen diri sendiri pasangan 
Pexels/Jonathan Borba

Mulailah mengasah diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Belajarlah untuk mengenali kekurangan diri sendiri, sebelum menilai pasangan kita. 

Ketika kalian berdua sudah mengikat janji suci pernikahan, Mama harusnya telah berkomitmen kepada diri sendiri untuk setia dan hanya mencintai suami. 

Nah, itulah beberapa tips membangun kesetiaan di antara pasangan suami istri. Melalui informasi ini, semoga Mama dan Papa bisa saling menjaga kesetiaan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.