Eksklusif: Cara Ammar Zoni Mengatasi Kekhawatiran sebagai Seorang Suami dan Papa

Fondasi agama dan komunikasi jadi dasar untuk Ammar untuk mengatasi rintangan dalam mendidik anak dan menjalani kehidupan rumah tanganya

24 November 2021

Eksklusif Cara Ammar Zoni Mengatasi Kekhawatiran sebagai Seorang Suami Papa
Popmama.com/Michael Andrew

Ammar Zoni menceritakan dalam berbagai kesempatan bahwa menjadi seorang suami dan Papa dari Air Rumi Akbar 1453 membuatnya menjadi manusia yang utuh. Sebab, tidak hanya soal tanggung jawab yang bertambah. Ammar merasa kini hidupnya semakin lengkap dan terarah dengan kehadiran Irish Bella dan Air Rumi yang menemani hari-harinya.

Millennial Papa of The Month edisi November 2021, di momen spesial Hari Ayah, Ammar menceritakan ketakutan atau kekhawatirannya sebagai suami dan Papa saat ini. Ia juga menceritakan bagaimana ia bisa mengatasi semua itu.

Banyak hal yang aktor kelahiran 1993 ini ceritakan. Mulai dari hubungannya dengan Irish Bella sebagai pasangan kekasih sampai bagaimana pesan Ammar kepada sang Anak saat dewasa kelak.

Berikut Popmama.com rangkum cerita dari Ammar Zoni secara lengkap.

Editors' Picks

1. Setiap rumah tangga pasti ada selisih paham, cara menyelesaikan dengan pasangan yang mesti diatur

1. Setiap rumah tangga pasti ada selisih paham, cara menyelesaikan pasangan mesti diatur
Popmama.com/Michael Andrew

Di salah satu channel Youtube Ammar menceritakan bahwa kedekatannya dengan Irish Bella dulu berlangsung tidak sengaja. Namun, sekali Ammar berniat serius kepada sang Istri ia tidak main-main.

Ammar mengungkapkan kalau sosok Irish Bella adalah buah doanya yang menginginkan pasangan hidup saat itu. Melalui Irish, Ammar menemukan kehangatan ibu yang ia inginkan sejak kecil.

Oleh karenanya Ammar saat itu tidak ingin menjadi sekedar kekasih istrinya. Ia berani mengungkapkan kalau ia berniat serius langsung menikah dengan Irish Bella.

Mental Ammar saat itu sudah siap untuk menikah dengan istrinya. Ia juga menyadari bahwa pernikahan adalah hasil kerja keras dua orang.

Ia pun memiliki nilai penting yang selalu diemban hingga kini agar rumah tangganya harmonis. Diantaranya adalah komunikasi, kejujuran, saling paham dan memaafkan menjadi tips Ammar Zoni bisa punya rumah tangga yang awet ke depan.

"Tidak mungkin jika dalam pernikahan tidak pernah bertengkar. Dan kebanyakan kalau bertengkar pasti karena komunikasi atau tidak jujur kepada pasangan," tutur Ammar.

2. Ammar menjadikan agama sebagai pondasi penting dalam berumah tangga

2. Ammar menjadikan agama sebagai pondasi penting dalam berumah tangga
Popmama.com/Michael Andrew

Menikah dan berumah tangga adalah ibadah seumur hidup bagi pasangan muslim. Sebab dalam Alquran disebutkan kita sebagai manusia bisa mendapatkan banyak berkah dengan mejalani rumah tangga harmonis sesuai ajaran Islam.

Ammar sebagai kepala keluarga, utamanya seorang suami memegang tanggung jawab besar dipundaknya. Baginya agar perselisihan dalam rumah tangga bisa diatasi, suami dan istri harus punya pehamanan yang sama soal membangun rumah tangga ini.

Salah satunya adalah mengacu kepada ajaran dan adab dalam agama Islam. Sebab banyak sekali pelajaran baik dari kisah rumah tangga para Nabi dan ajaran Alquran yang bisa diterapkan.

Mengacu kepada ajaran Nabi Muhammad SAW, Ammar menjadikan adab atau akhlak sebagai fondasi dasar hubungannya dengan Irish. Salah satunya adalah saling menghargai hak dan kewajiban masing-masing dalam rumah tangga mereka.

Selain faktor di dalam keluarga mereka, lingkungan dan pergaulan juga penting untuk menjaga dan berpengaruh dalam rumah tangga. Menurut Ammar, 'lingkungan yang sesuai dan tepat akan membuat kita ikut baik di dalamnya'.

3. Aktif berkomunikasi sejak Air bayi agar sang Anak dekat dengan Papanya

3. Aktif berkomunikasi sejak Air bayi agar sang Anak dekat Papanya
Popmama.com/Michael Andrew

Diungkapkan Ammar kalau tangisan pertama saat Air Rumi Akbar 1453 lahir adalah momen yang tidak akan pernah ia lupakan. Momen itu membuat Ammar tak bisa berkata-kata.

"Melihat bersihnya Air, mendengar suara tangisnya itu speechless sekali. Seumur hidup pertama kali benar-benar melihat dan merasa menjadi manusia seutuhnya. Ketika kita bisa melihat anak kita ada di depan kita, itu tidak akan terlupakan," tutur Ammar menceritakan.

Oleh karenanya setiap perkembangan Baby Air tak ingin Ammar lewatkan sebagai Papa. Ammar ingin menjadi sosok Papa yang bisa dicontoh oleh anaknya kelak.

Berkaca kepada sang Papa yang dulu mendidiknya tanpa bantuan sang Mama, Ammar sangat terinspirasi oleh beliau. Sebab itu, suami Irish Bella ini ingin menanamkan hal yang sama seperti dirinya melihat sang Papa.

Komunikasi, menjadi salah satu kuncinya. Ini juga menjadi cara Ammar terlepas dari khawatir agar sang Anak bisa tetap percaya padanya. Sebagai orangtua, Ammar ingin dirinya dan Irish menjadi tempat pulang paling aman dan nyaman anaknya kelak.

"Skill komunikasi terhadap anak. Karena kebanyakan dari kita, apalagi Papa baru kadang agak kurang berkomunikasi. Supaya anak bisa melihat kita bukan sebagai diktator, atau seorang yang harus ditakutin, tapi menjadi seorang Papa yang sekaligus bisa menjadi sahabatnya," tutur Ammar.

Ammar menuturkan ia sudah aktif mengajak Air Rumi berkomunikasi sejak dalam kandungan. Dari sana ia mengafirmasikan hal-hal baik yang ia harapkan kepada anaknya.

Namun, baru setelah Air lahir praktik langsung nilai yang diinginkan Ammar sesungguhnya baru dimulai.

"Dan itu harapan-harapan kita, bukan kepada anak kita akan mendengar dan akan tahu, tapi doa yang selalu diulang-ulang itu akan menjadi kenyataan," pungkas aktor ini.

Kalau pun nanti di kemudian hari Air berubah menjadi orang tidak sesuai dengan ekspetasi Ammar, sebagai Papa Ammar akan lebih bijak melihat perubahan yang ada. Sebab sang Anak kelak punya kehidupannya sendiri.

Ia dan Irish sebagai orangtua hanya bisa berusaha untuk memupuk nilai agar menjadi sosok yang orangtuanya inginkan. Soal keputusan akhir, Air Rumi tetap punya jalan yang bisa ia pilih.

Soal masa depan ini, Ammar tidak ingin banyak khawatir. Sebab baginya kekhawatiran ini cenderung memberikan efek negatif.

Ia lebih ingin berpikir positif dengan perkembangan dan jalan hidup yang akan Air Rumi lalui. Bagi Ammar dengan berpikir positif tentang hal ini, semesta dan Tuhan pun seolah mengamini harapan dalam hatinya soal masa depan anaknya.

Demikian cerita menarik dari Ammar Zoni kepada Pomama.com. Seorang Papa tidak hanya sebagai contoh untuk anak laki-lakinya, tapi juga sebagai sosok pelindung keluarga yang multi peran.

Semangat untuk Papa di luar sana. Terima kasih sudah menjadi Papa yang hebat dan selalu berusaha untuk membahagiakan keluarga ya!

Millennial Papa of the Month Edisi November 2021 - Spesial Hari Ayah: Jonas Rivanno & Ammar Zoni

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Editor - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Dhita Novebrin Nidia
Stylist - Onic Metheany & Putri Syifa Nurfadilah
Social Media - Irma Ediarti
Photographer - Michael Andrew
Videographer & Editor - Jihan Zahira
Design - Shania Tabina Anandanoe
Makeup Artist - Claudya Christiani Purba 
Wardrobe- Studio Moral (Jonas Rivanno), Mothercare (Chloe Emmanuelle Van Wattimena & Air Rumi Akbar 1453)

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Spesial Hari Ayah 2021
Millennial Mama

Spesial Hari Ayah 2021

Pada Hari Ayah 2021, Popmama.com menampilkan dua Papa Millennial yang inspiratif, Ammar Zoni dan Jonas Rivanno

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.