Doa Beserta Bacaan sebelum Ijab Kabul dan setelah Akad Nikah

Bacaan ini biasa dilafalkan sebelum ijab, ya!

23 September 2021

Doa Beserta Bacaan sebelum Ijab Kabul setelah Akad Nikah
Freepik/freepic.diller

Prosesi akad nikah memang menjadi ritual sakral yang mesti dijalani setiap pasangan sebelum menikah. Ini termasuk pembacaan ijab yang dilakukan oleh mempelai laki-laki.

Dalam pernikahan sendiri, perlu dipahami bahwa ada syarat dan rukun yang mesti dijalani keduanya. Selain itu, perlu meniatkan diri untuk menyempurnakan ibadah ketika sudah sah menikah.

Ada beberapa doa atau bacaan sebelum melakukan ijab kabul, bahkan doa ini ditutup dengan pembacaan setelah akad nikah.

Kira-kira bacaannya seperti apa, ya? Berikut Popmama.com telah merangkum doa beserta bacaan sebelum ijab kabul dan setelah akad nikah. 

Yuk, diperhatikan!

Editors' Picks

1. Membaca doa Khutbatul Hajah

1. Membaca doa Khutbatul Hajah
Pixabay/bahrilspd

Dalam setiap prosesi pernikahan, ada beberapa bacaan yang tidak pernah absen untuk dilafalkan, salah satunya Khutbatul Hajah.

Bahkan, Rasulullah SAW pun membaca doa ini, baik sebelum melakukan ijab kabul. Berikut bacaannya, yakni:

Innal hamdalillah Nahmaduhu wanasta'inuhu wa nastaghfiruhu, Wana'udzubillahi min syururi anfusinaa, Wamin sayyi-ati a'malinaa, Man yahdihillahu falaa mudhillalah, Waman yudhlil falaa haadiyalah, Wa asyhadu alla ilaha illallah, Wahdahulaa syariikalah, Wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh

Artinya:

“Segala puji hanya bagi Allah, kami memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya, kami berlindung kepada Allah dari kejahatan diri-diri kami dan kejelekan amal perbuatan kami. Barangsiapa yang Allah beri petunjuk, maka tidak ada yang dapat menyesatkannya, dan barangsiapa yang Allah sesatkan, maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah saja, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Nabi Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya”.

2. Kemudian membaca surat Al-Imran ayat 102

2. Kemudian membaca surat Al-Imran ayat 102
Freepik

Setelah membaca Khutbatul Hajah, maka bisa dilanjutkan untuk membaca bacaan ayat Alquran diawali dengan:

Wa qallalahu ta’ala fii kitaabihil kariim, A'udzu billahi minas syaitanir rajim, Bismillahi rahmanir rahim

Ya ayyuhallazina amanuttaqullaha aaqqa tuqatihi wa lā tamutunna illa wa antum muslimun

Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.”

3. Melanjutkan bacaan setelah akad nikah selesai

3. Melanjutkan bacaan setelah akad nikah selesai
Freepik/freepik

Setelah pihak laki-laki sudah mengucapkan ijab kabul, mempelai laki-laki dan perempuan pun sudah dinyatakan sah menjadi pasangan suami istri. Suami dianjurkan untuk meletakkan tangan di atas ubun-ubun istri seraya mendoakannya. 

Berikut doa yang harus dibacakan, yakni: 

Allaahumma innii as’aluka khairahaa wa khaira maa jabaltahaa ‘alaihi, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa ‘alaihi

Artinya:

“Ya Allah, aku memohon kebaikannya dan kebaikan tabiatnya yang ia bawa. Dan aku berlindung dari kejelekannya dan kejelekan tabiat yang ia bawa.”

Nah, itu beberapa doa atau bacaan yang biasanya diucapkan sebelum prosesi ijab kabul dan setelah akad nikah berlangsung.

Semoga kita semua selalu mengamalkan doa ini. Demi kelancaran hubungan yang kian harmonis serta menjadi keluarga yang diridai oleh Allah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.