7 Ide Romantis saat Hamil Tanpa Berhubungan Seks

Kehamilan terkadang bisa memengaruhi keintiman hubungan pernikahan

13 Januari 2022

7 Ide Romantis saat Hamil Tanpa Berhubungan Seks
Pexels/Tima-miroshnichenko

Menjaga kelanggengan hubungan tentu tidak mudah, sebab Mama dan suami akan menghadapi banyak perubahan, terutama saat hamil. Pasalnya, Mama akan merasa lebih sensitif saat hamil. Kondisi tersebut terkadang memengaruhi keintiman hubungan.

Mama juga mengalami beberapa perubahan, seperti morning sickness, mengidam sesuatu, bahkan terjadinya berbagai perubahan bentuk tubuh.

Terlebih Mama dan Papa tidak dapat berhubungan seks selama masa kehamilan. Berhubungan seks memang tidak dilarang selama kehamilan, namun sebagian orang memilih menunda hubungan seks demi menjaga kesehatan janin di dalam kandungan. 

Lantas, bagaimana cara menjaga keintiman hubungan selama kehamilan? Berikut Popmama.com merekomendasikan beberapa ide kegiatan yang bisa dilakukan bersama pasangan tanpa berhubungan seks.

Kegiatan-kegiatan di bawah ini diyakini bisa mempertahankan keintiman dan keromantisan hubungan selama kehamilan nih, Ma.  

1. Makan malam romantis

1. Makan malam romantis
Freepik/freepik

Mama mungkin sering mengalami mual pada trimester pertama kehamilan. Akibatnya, nafsu makan menurun dan sulit menemukan makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Memasuki trimester kedua dan ketiga, keluhan mual mulai menghilang dan selera makan kembali naik. 

Nah, itulah saat yang tepat untuk mempererat hubungan dengan suami. Mama sebaiknya mencari waktu yang tepat untuk makan malam romantis dengan suami.

Makan malam memang kegiatan sederhana, namun hal itu bisa membuat Mama dan suami tetap romantis selama kehamilan. 

2. Cuddling

2. Cuddling
Pexels/Kampus

Apabila Mama tidak ingin beraktivitas di luar rumah, maka bisa melakukan hal romantis di rumah. Mama bisa melakukan cuddling dengan suami di tempat tidur. Cuddling adalah posisi memeluk erat pasangan dalam waktu lama. 

Cuddling bisa membuat tubuh mama lebih rileks dan nyaman. Beberapa keluhan akibat kehamilan bisa diatasi dengan cuddling. Pastikan Mama dan suami melakukan cuddling dengan posisi terbaik, sehingga bisa memberikan kenyamanan maksimal. 

Editors' Picks

3. Berciuman

3. Berciuman
Pexels/Gustavo-fring

Berciuman memiliki kekuatan yang luar biasa untuk menjaga keintiman hubungan. Pasalnya, ciuman menjadi salah satu lambang cinta dan perlindungan. 

Namun, Mama dan suami perlu berkomitmen bahwa tidak ada hubungan seks setelah berciuman. Sebab, ciuman sering sekali berujung pada hubungan intim di ranjang. 

Mama bisa berciuman sambil memberikan pijatan atau menyentuh rambut pasangan. Hal ini bisa menciptakan chemistry yang kuat. 

4. Melakukan babymoon

4. Melakukan babymoon
Pexels/Georgia-maciel-1033378

Siapa bilang ibu hamil tidak bisa liburan? Saat ini sudah ada istilah babymoon yang artinya liburan untuk menyenangkan ibu hamil.

Babymoon bisa mengobati stres akibat kehamilan sekaligus membuat perasaan mama lebih bahagia. Apabila ibu hamil merasa bahagia, maka tumbuh kembang janin pun menjadi lebih baik. 

Mama tak perlu melakukan perjalanan babymoon di tempat-tempat yang jauh. Mama bisa mengajak suami untuk babymoon ke pantai atau sekadar staycation di hotel. Hal terpenting yang bisa diingat, yakni Mama menghabiskan waktu bersama suami sekaligus mengurangi stres akibat kehamilan. 

5. Spa bersama

5. Spa bersama
Pexels/Olly

Selain makan malam romantis, Mama bisa meminta suami untuk menemani spa. Dengan melakukan spa bersama, Mama dan suami memiliki lebih banyak waktu untuk saling bercerita. 

Selain itu, spa juga dapat mengurangi rasa pegal dan nyeri akibat perut yang semakin membesar, membuat tubuh rileks, dan mengurangi stres. Jangan lupa untuk melakukan spa di tempat yang terpercaya dengan pemijat yang profesional. 

6. Menemani yoga

6. Menemani yoga
Pexels/Gustavo-fring

Yoga kehamilan dilakukan mengurangi nyeri dan pegal sekaligus melancarkan proses persalinan. Apabila Mama terbiasa melakukan yoga kehamilan sendirian, tak ada salahnya untuk meminta suami menemani beberapa kali. 

Dukungan suami saat yoga kehamilan bisa membuatmu lebih bersemangat dan percaya diri untuk menghadapi persalinan. Tak hanya itu, suami juga dapat mengetahui hal-hal yang harus dilakukan selama menemani masa kehamilan atau proses persalinan nantinya. 

7. Masak bersama

7. Masak bersama
Pexels/Amina-filkins

Kondisi Mama yang tidak selincah dulu membuat beberapa urusan rumah tangga sedikit terbengkalai. Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama yang baik dengan suami untuk mengurus rumah dan memenuhi kebutuhan rumah tangga. 

Mama bisa sesekali meminta suami untuk membantu masak. Pasalnya, masak cukup menyita tenaga ibu hamil. Dengan bantuan suami, masak bisa lebih mudah sekaligus menjaga keromantisan hubungan. 

Keintiman hubungan menjadi aspek penting untuk menjaga kelanggengan hubungan pernikahan. Kehamilan pun bukan halangan untuk membangun keintiman hubungan. Mama masih bisa melakukan banyak kegiatan bersama suami agar chemistry di antara kalian tetap terjaga. 

Semoga ide romantis saat hamil tanpa berhubungan seks ini bisa benar-benar bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.