Adab dan Doa Malam Pertama agar Pasangan Pengantin Diberi Keberkahan

Islam selalu mengajarkan umatnya untuk membaca doa sebelum melakukan sesuatu

14 Oktober 2021

Adab Doa Malam Pertama agar Pasangan Pengantin Diberi Keberkahan
Freepik/freepic.diller

Malam pertama mungkin menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan yang baru saja menikah. Pasalnya, ini menjadi momen pertama dua sejoli dapat menikmati waktu berdua setelah sah sebagai suami dan istri.

Tak hanya sekadar berhubungan badan, tetapi malam pertama juga menjadi pertanda berawalnya kehidupan rumah tangga. Dalam Islam, umatnya selalu diajarkan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu. Ini karena kekuatan doa dapat menjaga seseorang dari sesuatu yang tidak diinginkan dan mendapat kelancaran dari Allah.

Tidak hanya itu, doa yang dibaca juga bisa mendatangkan rahmat dari Allah. Sebelum melewati malam pertama bersama pasangan, Mama perlu tahu bahwa Islam memiliki adab dan doa yang diajarkan untuk umatnya.

Hal ini dilakukan agar pasangan pengantin mendapat keberkahan dan dikaruniai keturunan yang dilindungi dari gangguan setan.

Berikut Popmama.com telah menyiapkan ulasan terkait adab dan doa saat malam pertama mulai dari sebelum hingga sesudah berhubungan intim. Yuk disimak ulasannya!

1. Doa memohon keberkahan istri

1. Doa memohon keberkahan istri
Freepik/wirestock

Setelah sah menjadi pasangan suami istri, seorang suami dianjurkan untuk membaca doa keberkahan atas istri.

Doa ini bisa dibaca kapan saja, tetapi dianjurkan untuk membacanya setelah akad selesai. Saat melafalkan doa, suami disarankan untuk meletakkan telapak tangannya di atas ubun-ubun sang istri, berikut bacaan doanya:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهَا وَخَيْرِ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ ، وَأَعُوْذَ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

“Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih”

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya."

Editors' Picks

2. Dianjurkan untuk melaksanakan salat sunah dua rakaat berjamaah

2. Dianjurkan melaksanakan salat sunah dua rakaat berjamaah
Freepik/rawpixel.com

Saat malam pertama, pasangan suami istri dianjurkan untuk menunaikan salat sunah secara berjamaah terlebih dahulu sebelum berhubungan intim. Setelah salat, Mama dan pasangan bisa membaca doa malam pertama sebagai berikut:


اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَهْلِيْ، وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ، اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي مِنْهُمْ، وَارْزُقْهُمْ مِنِّي، اَللَّهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ إِلَى خَيْرٍ، وَفَرِّقْ بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ إِلَى خَيْرٍ

“Allahumma baarik lii fii ahlii, wa baarik lahum fiyya. Allahummazuqnii minhum warzuqhum minni. Allahummajma' baynanaa maa jama'ta ila khairin, wa farriq baynanaa idza farraqta ilaa khairin.”

Artinya:

"Ya Allah, berikanlah keberkahan kepadaku dan istriku, serta berkahilah mereka dengan sebab aku. Ya Allah, berikanlah rezeki kepadaku lantaran mereka, dan berikanlah rezeki kepada mereka lantaran aku. Ya Allah, satukanlah antara kami (berdua) dalam kebaikan dan pisahkanlah antara kami (berdua) dalam kebaikan."

3. Doa sebelum berhubungan intim

3. Doa sebelum berhubungan intim
Freepik/Racool_studio

Setelah mengamalkan perbuatan di atas, pasangan suami istri sudah boleh melakukan hubungan intim. Namun sebelum melakukannya, tetap dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan agar Allah memberikan keberkahan dan kebaikan pada keturunan yang dikaruniai kelak. Berikut doa sebelum berhubungan intim, yakni:

 اَللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا.

“Allahumma jannibnasy wa jannibisy syaithon maa rozaqtanaa.”

Artinya:

“Ya Allah, jauhkanlah aku dari syaitan dan jauhkanlah syaitan dari anak yang akan Engkau karuniakan kepada kami.”

4. Doa ketika mengeluarkan air mani

4. Doa ketika mengeluarkan air mani
Pexels/Ron Lach

Mungkin doa yang satu ini belum diketahui oleh banyak orang. Ketika mengeluarkan air mani saa berhubungan intim, terdapat doa yang perlu dibaca dengan tujuan agar Mama dan pasangan diberikan keberkahan serta mempunyai keturunan yang baik.

Berikut doa ketika mengeluarkan air mani, yakni:

اَللّهُـــمَّ اجْعَــلْ نُطْفَتَــنَا ذُرّ ِيَّةً طَيِّــبَةً

“Allahummaj’al nuthfatna dzurriyyatan thayyibah.”

Artinya:

“Ya Allah jadikanlah nutfah kami ini menjadi keturunan yang baik (saleh).”

5. Doa setelah berhubungan intim

5. Doa setelah berhubungan intim
Freepik/ijeab

Islam selalu mengajarkan umatnya untuk melakukan sesuatu di awali dan di akhiri dengan doa. Setelah melakukan hubungan intim, pasangan suami istri diwajibkan membaca doa sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ خَلَقَ مِنَ المْـَــاءِ بَشَـــرًا

“Alhamdulillaahi lladzii khalaqa minal maa i basyaraa.”

Artinya:

"Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air mani ini menjadi manusia (keturunan)."

Nah, jadi itulah adab dan doa malam pertama yang diajarkan Islam untuk diterapkan oleh umatnya. Semoga dengan membaca doa ini, Mama dan pasangan bisa mendapat keberkahan dari Allah serta dikaruniai keturunan yang dijauhi dari gangguan jin dan setan ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.