5 Fakta Film Kukira Kau Rumah, Debut Prilly Latuconsina Jadi Produser

Film ini menekankan betapa pentingnya dukungan orang sekitar bagi penderita gangguan mental

5 Februari 2022

5 Fakta Film Kukira Kau Rumah, Debut Prilly Latuconsina Jadi Produser
Instagram.com/sinemaku.pictures

Film Kukira Kau Rumah sedang marak diperbincangkan banyak orang dan masuk trending di jagat maya. Film yang dibintangi oleh Prilly Latuconsina, Jourdy Pranata, hingga Shenina Cinnamon ini mulai tayang di bioskop tanah air sejak 3 Februari 2022.

Mengangkat tema drama psikologis, film Kukira Kau Rumah secara khusus disutradarai oleh aktor muda Umay Shahab dan Prilly Latuconsina sebagai produser.

Awalnya, film Kukira Kau Rumah tidak memiliki judul meskipun kala itu proses syuting sudah selesai. Namun, ketika mendengar lagu Amigdala yang berjudul Kukira Kau Rumah, mereka pun akhirnya setuju untuk menamai film mereka dengan judul yang sama. Menurut Prilly dan Umay, lagu tersebut sangat pas dan sesuai isi cerita film.

Jika Mama tertarik dengan film Kukira Kau Rumah, kali ini Popmama.com telah merangkum fakta-faktanya dari berbagai sumber.

1. Sinopsis film Kukira Kau Rumah

1. Sinopsis film Kukira Kau Rumah
Instagram.com/sinemaku.pictures

Kukira Kau Rumah bercerita tentang kehidupan dua anak muda bernama Niskala dan Pram. Mereka saling hadir untuk mewarnai kehidupan masing-masing.

Niskala dibintangi Prilly Latuconsina merupakan sosok perempuan yang selalu ingin melakukan apa pun tanpa sepengetahuan sang Papa, termasuk soal dirinya berkuliah diam-diam.

Niskala hanya ingin membuktikan kepada Papanya bahwa ia dapat berprestasi. Di balik itu semua, rupanya Niskala mengidap gangguan mental bipolar, yang membuat dirinya sedikit bermasalah dengan kehidupan sosial.

Di sisi lain ada Pram yang diperankan oleh Jourdy Pranata merupakan sosok lelaki yang telah ditinggal oleh sang Papa sejak SMP. Ia merasa selalu kesepian karena Mamanya terlalu sibuk bekerja. Ini membuat Pram terbiasa mengisi hari-harinya dengan bermain musik dan menciptakan lagu.

Saat keduanya bertemu, Niskala langsung jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Pram. Seiring berjalannya waktu, Niskala dan Pram pun semakin dekat. Niskala tidak membeberkan bahwa dirinya mengidap bipolar, sehingga Pram belum mengetahui hal tersebut. Namun yang pasti, semenjak mereka dekat, kehidupan Niskala dan Pram menjadi lebih berwarna.

Editors' Picks

2. Menjadi debut perdana Prilly Latuconsina sebagai produser dan Umay Shahab sebagai sutradara

2. Menjadi debut perdana Prilly Latuconsina sebagai produser Umay Shahab sebagai sutradara
Instagram.com/sinemaku.pictures

Selain alur ceritanya yang menarik dan unik, film Kukira Kau Rumah ialah debut belakang layar bagi Prilly Latuconsina dan Umay Shahab. Dalam film ini, Prilly memegang tugas penting sebagai pemeran utama sekaligus produser.

Sedangkan, Umay Shahab dipercaya mengambil peran sebagai sutradara. Ia berani mengambil proyek ini karena dinilai mengangkat isu penting dan dirasakan oleh beberapa orang. Apalagi, semakin hari, semakin banyak orang yang berani mengungkapkan kesehatan mentalnya.

Meski awalnya sempat tidak percaya diri, namun akhirnya Umay tetap mencoba yang terbaik menjalankan perannya sebagai seorang sutradara.

"Saya merasa dekat dengan persoalan kesehatan mental yang akan saya hadirkan di debut feature saya. Dari awal, skenario ini saya tulis bersama team Sinemaku Pictures, Pak Monty Tiwa dan Mas Imam Salimy. Kita sepakat bahwa film Kukira Kau Rumah adalah bentuk tabulasi atau juga bisa dibilang sebagai kumpulan cerita teman-teman kami. Semakin hari semakin banyak teman-teman kami yang berani speak up mengenai kesehatan mentalnya," kata Umay.

3. Dibintangi oleh aktor dan aktris berbakat Indonesia

3. Dibintangi oleh aktor aktris berbakat Indonesia
Instagram.com/sinemaku.pictures

Selain disutradarai dan diproduseri oleh para artis berbakat, film Kukira Kau Rumah juga dibintangi oleh sederet aktris dan aktor muda ternama lainnya lho, Ma. Sebut saja ada Prilly Latuconsina dan Jourdy Pranata yang didapuk sebagai pemeran utama.

Kemudian ada Shenina Cinammon, Raim Laode, Kiki Narendra, dan Unique Priscilla. Film ini juga menjadi film pertama Jourdy Pranata sebagai pemeran utama. Melihat deretan pemerannya ini, apa yakin mau melewatkan film ini, Ma?

4. Menampilkan sosok Mama yang menjadi support system Niskala

4. Menampilkan sosok Mama menjadi support system Niskala
Instagram.com/prillylatuconsina96

Jika melihat teaser film Kupikir Kau Rumah, terdapat adegan yang menunjukkan di mana Niskala meminta tolong dengan mengatakan “Tolong, Ma”. Aslinya, tidak ada kalimat seperti itu di dalam naskah film. Alias, adegan penuh emosi yang dibawakan Prilly itu tercipta dengan sendirinya di luar naskah.

Dalam adegan tersebut, memperlihatkan Niskala yang mengalami kambuh fase depresi. Adegan yang dibawakan dinilai cukup berat bagi Niskala dan sang Mama. Prilly mengatakan, padahal adegan ini cukup sederhana, tetapi berkat improvisasi yang dilakukannya membuat adegan tersebut turut menyentuh emosi para penontonnya.

Ia benar-benar merasakan betapa beratnya Niskala di fase depresinya. Sang Mama yang dibawakan oleh Unique Priscilla berperan sebagai support system Niskala. Dirinya tidak bisa menahan tangis karena harus melihat anak kesayangannya seperti itu.

5. Dukungan orang-orang terdekat sangat berarti untuk para penderita gangguan mental

5. Dukungan orang-orang terdekat sangat berarti para penderita gangguan mental
Instagram.com/sinemaku.pictures

Mengangkat isu kesehatan mental, pembuatan film ini sangat mendetail karena mereka harus meriset lebih jauh dan berkonsultasi langsung dengan psikolog demi mendalami peran. Film Kukira Kau Rumah dibuat untuk menyadarkan masyarakat umum agar lebih aware dan memahami tentang kesehatan mental.

Kesehatan mental merupakan sesuatu yang krusial dan tidak seharusnya menjadi bahan candaan. Hal tersebut diharapkan dapat membuat para penderitanya mendapat pemahaman serta dukungan dari keluarga maupun teman-teman terdekat.

Umay Shahab mengatakan film Kukira Kau Rumah ingin menekankan tentang betapa pentingnya dukungan dalam kehidupan setiap orang.

Nah, jadi itu dia sederet fakta film Kupikir Kau Rumah. Tertarik untuk menonton film ini, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk