Penyebab Sakit Kepala Setelah Berhubungan Seks, Ini Cara Menyiasatinya

Daripada menahan sakit sendiri, lebih baik komunikasikan kepada pasangan kamu

29 Januari 2021

Penyebab Sakit Kepala Setelah Berhubungan Seks, Ini Cara Menyiasatinya
Freepik/gpoInstudio

Pernah nggak kamu merasakan begitu bersemangat ketika berhubungan seks, namun seketika mood berubah. Secara tiba-tiba kepala kamu terasa sakit dan rasa nyerinya sampai sangat mengganggu.

Sakit kepala akibat seks disebabkan oleh aktivitas seksual, terutama orgasme. Kamu mungkin merasakan sakit di bagian kepala dan leher yang menumpuk saat gairah seksual meningkat. 

Pada sebagian orang yang lebih umum terjadi, mungkin mengalami sakit kepala parah yang tiba-tiba sebelum atau selama orgasme.

Kebanyakan sakit kepala karena seks tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi beberapa bisa menjadi pertanda sesuatu yang serius, seperti masalah pada pembuluh darah saat menyuplai otak.

Melansir dari laman mayoclinic, berikut Popmama.com telah merangkum gejala dan penyebab sakit kepala karena berhubungan seks. Semoga penjelasan di bawah ini bisa membuatmu lebih berhati-hati.

1. Gejala sakit kepala setelah berhubungan seks

1. Gejala sakit kepala setelah berhubungan seks
Freepik/yanalya

Perlu kamu ketahui, sakit kepala semacam ini seringkali menciptakan suasana tegang setelah bercinta. Segera pahami tanda-tandanya. Ada dua jenis sakit kepala akibat seks:

  • Sakit di kepala dan leher yang meningkat saat gairah seksual meningkat
  • Sakit kepala yang tiba-tiba, parah, dan berdenyut-denyut yang terjadi tepat sebelum atau pada saat orgasme

Pada sebagian orang, kedua jenis sakit kepala ini digabungkan. Jadi, wajar jika mood tiba-tiba berubah, yang semula merasa bahagia karena bisa berhubungan badan dengan pasangan, namun akhirnya berubah menjadi kebalikannya.

Kebanyakan sakit kepala akibat seks berlangsung setidaknya beberapa menit. Orang lain mungkin bertahan selama berjam-jam atau bahkan dua hingga tiga hari.

Sakit yang dirasa bisa tiba-tiba datang, kemudian tidak pernah dirasa lagi. Sampai beberapa tahun rasa sakitnya tidak pernah datang, kemudian nantinya tiba-tiba bisa kembali terasa lagi. 

Banyak yang punya riwayat demikian tentang penyakit ini. Hampir setengah dari semua orang dengan sakit kepala akibat seks mengalaminya selama sekitar enam bulan. Beberapa orang mungkin hanya mengalami satu serangan selama hidup mereka.

Editors' Picks

2. Penyebabnya

2. Penyebabnya
Freepik

Segala jenis aktivitas seksual yang mengarah pada orgasme dapat memicu sakit kepala saat berhubungan seks.

Sakit kepala akibat seks yang tiba-tiba dan lambat bisa menjadi gangguan sakit kepala utama. Sakit kepala akibat seks yang datang tiba-tiba lebih mungkin dikaitkan dengan:

  • Pelebaran atau gelembung di dinding arteri di dalam kepala (aneurisma intrakranial)
  • Hubungan abnormal antara arteri dan vena di otak (malformasi arteriovenosa) yang berdarah ke dalam ruang berisi cairan tulang belakang di dalam dan sekitar otak
  • Pendarahan ke dinding arteri yang menuju ke otak (diseksi)
  • Stroke
  • Penyakit arteri koroner
  • Penggunaan beberapa obat, seperti pil KB
  • Peradangan akibat infeksi tertentu
  • Sakit kepala akibat seks yang berhubungan dengan kehilangan kesadaran, muntah, leher kaku, gejala neurologis lainnya, dan nyeri hebat yang berlangsung lebih dari 24 jam lebih mungkin disebabkan oleh penyebab yang mendasari.

3. Faktor risiko

3. Faktor risiko
Unsplash/Anh Nguyen

Sakit kepala akibat seks bisa menyerang siapa saja. Tetapi faktor risiko sakit kepala ini meliputi:

  • Laki-laki lebih rentan mengalami sakit kepala saat berhubungan seks, namun sebagian perempuan juga mungkin merasakan penyakit ini.
  • Sejarah migrain membuat seseorang rentan terhadap risiko sakit kepala saat berhubungan seks.

Bagi orang yang memiliki riwayat migrain mungkin bisa mengalami risiko penyakit ini sejak usia muda bahkan sebelum memasuki usia 40 tahun.

4. Pencegahan

4. Pencegahan
Freepik

Terkadang sakit kepala akibat seks dapat dicegah dengan menghentikan aktivitas seksual sebelum orgasme. Namun kebanyakan orang berhubungan seks dengan tujuan untuk mencapai orgasme.  

Selain itu, jika hubungan seks yang kamu lakukan adalah untuk mencapai orgasme maka mengambil peran untuk menjadi lebih pasif saat berhubungan seks juga dapat membantu agar sakit kepala tidak kumat.

5. Cara menyiasati

5. Cara menyiasati
Freepik/jcomp

Jika kamu terus merasakan gangguan kesehatan seperti ini, cara menyiasatinya adalah dengan menerapkan beberapa hal seperti:

  • Mentapkan jadwal berhubungan seks, 2 kali dalam seminggu adalah jumlah yang cukup baik jika kamu memiliki keluhan sakit kepala saat menjelang orgasme
  • Melakukan ritual atau rutinitas sebelum berhubungan seks yang bisa membuat kamu merasa lebih nyaman
  • Lakukan foreplay, tak masalah bicarakan ke pasangan kamu mengenai hal-hal yang membuatmu merasa lebih nyaman
  • Berhubungan badan dengan santai dan mendalam namun kamu tidak mendominasi

Itulah beberapa cara menyiasati agar sakit kepala saat berhubungan seks tidak kembali datang.

Segera konsultasikan ke dokter jika terasa menganggu. Terbuka untuk sesi konsultasi dan pengobatan jika kamu membutuhkannya demi menjaga kesehatan dan keharmonisan rumah tangga.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.