6 Cara Mengatasi Stres setelah Melahirkan

Salah satunya Mama bisa menjadwalkan 'me time' ya!

26 Oktober 2021

6 Cara Mengatasi Stres setelah Melahirkan
Freepik/wayhomestudio

Kehadiran seorang anak sebagai pelengkap keluarga, memang menjadi satu hal yang membahagiakan dalam kehidupan perempuan ya. Tapi tak jarang, mereka memiliki pengalaman yang kurang menyenangkan.

Ini karena, banyaknya perubahan yang terjadi di dalam hidup setelah melahirkan. Mulai dari kurang tidur, kehilangan napsu makan, hingga perubahan emosi yang tidak menentu.

Terkadang, hari-hari bisa terasa sangat melelahkan dan muncul rasa tidak ingin melakukan apapun, selain duduk atau berdiam diri.

Ketika kondisi tersebut berlangsung lebih dari satu atau dua minggu, ini bisa menjadi indikasi adanya postpartum depression atau stres setelah melahirkan.

Dilansir dari Parenting Firstcry, berikut ini Popmama.com telah merangkum 6 cara mengatasi stres setelah melahirkan. Yuk, disimak Ma!

1. Buat semuanya mudah untuk dirimu sendiri

1. Buat semua mudah dirimu sendiri
Freepik/diana.grytsku

Setelah melahirkan, merasa lelah merawat bayi adalah hal yang wajar kok Ma. Faktanya depresi pascapersalinan itu memang nyata dan valid.

Untuk menghindarinya, Mama bisa meluangkan waktu untuk diri sendiri. Percayakan pasangan atau orang lain yang dipercayai, untuk merawat si Kecil ya. Kemudian bersantailah sebentar, hirup udara segar dan biarkan tubuh lebih rileks.

Buat semuanya mudah ya, Ma. Jika kondisinya sudah membaik, tentu Mama akan semangat lagi dalam merawat si Kecil.

2. Lakukan perubahan kecil untuk diri sendiri

2. Lakukan perubahan kecil diri sendiri
Freepik/prostooleh

Biasanya hal kecil yang berdampak besar, dimulai dengan mengambil langkah kecil nih Ma.

Setelah melahirkan, biasanya Mama akan disibukkan dengan jadwal yang padat dalam mengurus bayi. Nggak ada salahnya lho, mencari sela-sela waktu untuk pergi melakukan perawatan ke salon, misalnya seminggu sekali.

Mama bisa nih, melakukan perawatan tubuh seperti pijat kepala atau spa. Dengan begitu, tubuh Mama akan lebih rileks dan terhindar dari stres setelah melahirkan.

Editors' Picks

3. Konsumsi beberapa camilan sehat untuk meningkatkan mood

3. Konsumsi beberapa camilan sehat meningkatkan mood
Pixabay/Nimka93

Tahu nggak Ma, mengonsumsi makanan yang bergizi bisa bantu memenuhi nutrisi tubuh lho. Ini sangat dibutuhkan untuk membuat mood Mama lebih baik, dan terhindar dari masalah kesehatan.

Konsumsi beberapa camilan bisa jadi solusi untuk mengatasi stres setelah melahirkan nih, Ma. Tapi, pilih camilan yang sehat untuk tubuh ya, mengingat Mama membutuhkan nutrisi ekstra untuk menyusui. 

Mama bisa makan beberapa potong keju, apel atau jenis buah lainnya yang disukai. Makan camilan manis juga boleh kok, Ma. 

Selain menghindari stres setelah melahirkan, makanan manis ini juga bisa meningkatkan mood lho. Tapi jangan sampai berlebihan ya!

4. Lakukan olahraga kapanpun dan dimanapun

4. Lakukan olahraga kapanpun dimanapun
Freepik/prostooleh

Olahraga memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buat Mama yang baru melahirkan, berolahraga ternyata bisa mengurangi tingkat stres lho Ma.

Mama bisa berjalan kaki dengan bayi menggunakan stroller, di taman dekat rumah untuk mendapatkan udara segar. Bisa juga ikut bergabung dengan kelas olahraga yang diikuti oleh Mama-mama lainnya.

Selain untuk menghilangkan stres setelah melahirkan, kegiatan ini juga penting untuk Mama bisa bersosialisasi dengan orang lain lingkungan sekitar.

Nggak perlu khawatir jika Mama tak ingin keluar rumah. Mama bisa ikut kelas latihan online atau melakukan gerakan olahraga sendiri di rumah.

5. Temukan support sistem terbaik untuk diri sendiri

5. Temukan support sistem terbaik diri sendiri
Freepik

Pasti akan ada masanya, Mama ingin menyembunyikan perasaan dari orang lain, ini wajar kok Ma.

Tapi, jangan lupa kalau Mama punya support sistem yang bisa dijadikan tempat berkeluh kesah. Mereka adalah keluarga dan pasangan kita sendiri.

Selain itu, Mama bisa juga lho bertemu teman atau bergabung dengan beberapa komunitas, yang bisa mendukung para ibu yang baru melahirkan.

Di sana Mama bisa menemukan banyak informasi seputar perawatan dan pengasuhan anak, yang mungkin saja dibutuhkan.

Dengan bergabung bersama komunitas, Mama bisa menemukan orang-orang dengan minat yang sama, atau bahkan mereka yang lebih hebat dari yang Mama pikirkan.

6. Luangkan waktu untuk hal-hal yang disukai

6. Luangkan waktu hal-hal disukai
Freepik/lookstudio

Untuk menghindari stres setelah melahirkan, Mama harus meluangkan waktu untuk ‘me time’ setidaknya seminggu sekali.

Mama bisa menggunakan waktu ini untuk melepas lelah, misalnya membaca buku, tidur siang, berjalan-jalan, yoga, menonton film, dan spa atau pijat. Bahkan hanya dengan melakukan pijat, Mama bisa meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot-otot yang tegang.

Rutin melakukan me time tentunya akan memberikan efek positif untuk tubuh Mama. Tapi jangan lupa untuk bicarakan hal ini ke pasangan ya, supaya me time Mama lebih tenang dan tugas merawat si Kecil bisa digantikan sementara.

Itulah tadi, 6 cara mengatasi stres setelah melahirkan. Apabila hal ini tidak juga berkurang atau malah semakin parah, Mama bisa berkonsultasi ke dokter ya.

Dokter akan meresepkan obat atau memberikan perawatan terkait kondisi Mama. Terus semangat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.