hanco

10 Rekomendasi Merek Vitamin untuk Ibu Menyusui yang Aman Dikonsumsi

Tak hanya baik untuk kesehatan Mama, tapi juga untuk ASI si Kecil

25 September 2019

10 Rekomendasi Merek Vitamin Ibu Menyusui Aman Dikonsumsi
Freepik/Spukkato

Menyusui adalah masa-masa yang paling penting untuk pertumbuhan bayi. Pada saat itu, ASI sangat berperan penuh untuk membantu tumbuh kembang anak, mulai dari kesehatan maupun perkembangan otaknya.

Oleh karena itu, ibu menyusui membutuhkan merek vitamin terbaik untuk menjaga kesehatannya dan si Kecil. Namun sebelum itu, pastikan Mama tidak sembarangan mengonsumsi vitamin yang dijual bebas di pasaran.

Bahaya dari vitamin ini tidak hanya untuk Mama saja, melainkan untuk bayi mama pula. Oleh karena itu, sebelum membeli Mama harus meneliti terlebih dahulu kadar kandungan yang ada di dalam produk.

Pasalnya, tidak semua kandungan bermafaat dan dapat dikonsumsi. Lantas, merek vitamin apa saja yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui?

Agar tak salah pilih, berikut Popmama.com telah merangkum 10 daftar lengkapnya.

1. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

1. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold
tororo.com

Siapa yang tidak tahu Blackmores? 

Suplemen Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold adalah salah satu yang paling populer dipilih oleh ibu hamil dan menyusui.

Setiap kapsulnya mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu menyusui, seperti omega 3, vitamin B1, B2, B6, E, D3, dan C.

Tidak hanya vitamin, Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold juga mengandung kalsium, magnesium, fosfor, hingga zat besi dan potasium.

Mama cukup mengonsumsi 2 tablet sehari setelah makan untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Colostrum dan Spirulina

2. Colostrum Spirulina
shopee.co.id

Merek vitamin untuk ibu menyusui selanjutnya, terdiri dari dua kapsul yang mengandung spirulina dan juga clostrum. Di mana keduanya ini sangat baik dikonsumsi bagi ibu menyusui.

Colostrum dan Spirulina diketahui mampu mencegah baby blues pada saat Mama menyusui karena mengandung ikan salmon yang cukup tinggi.

Kandungan sayurannya seperti brokoli dan beberapa sayuran hijau lainnya juga sangat efektif untuk tumbuh kembang bayi.

Colostrum dan Spirulina juga dipercaya mampu menutrisi ibu menyusui dengan teknologi smart detox serta mengandung omega 3 yang sangat tinggi. 

Kandungan vitamin dan mineralnya pun mampu meningkatkan kualitas ASI.

Kelebihan vitamin Colostrum dan Spirulina, antara lain:

  • Bagus untuk tumbuh kembang otak bayi.
  • Mampu mencerdaskan bayi.
  • Mengandung omega 3 yang diperlukan untuk bayi.
  • Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Menambah nafsu makan untuk ibu menyusui.

3. Enervon C

3. Enervon C
tokopedia.com

Vitamin C atau Ascorbic Acid memiliki beragam manfaat bagi ibu menyusui, yakni meningkatkan produksi susu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menguatkan gigi dan tulang.

Selain itu, mengonsumsi vitamin C bisa membantu menurunkan risiko mastitis atau infeksi pada saluran ASI. Enervon C adalah salah satu suplemen vitamin C yang baik dikonsumsi selama ibu menyusui beraktivitas.

Tidak hanya kandungan vitamin C, Enervon C juga mengandung vitamin B yang dapat membuat ibu menyusui lebih bugar dan tidak mudah sakit.

Meski tidak dikhususkan untuk ibu menyusui, namun kandungan vitamin B dan C dalam Enervon C tetap tergolong aman dikonsumsi ibu menyusui.

4. Folamil Genio

4. Folamil Genio
Bukalapak.com

Suplemen Folamil Genio menjadi salah satu yang kami rekomendasikan untuk dikonsumsi ibu menyusui selama beraktivitas.

Suplemen ini memang biasanya diminum oleh ibu hamil, namun juga baik bagi ibu menyusui karena banyak nutrisi penting terkandung di dalamnya.

Folamil Genio mengandung folic acid, betacaroten, vitamin B1, vitamin B2, nicotinamid, vitamin B6, kalsium, vitamin D, vitamin K, biotin, dan masih banyak lagi yang dapat membantu kebugaran dan menjaga staminia ibu menyusui.

Mama cukup mengonsumsi 1 kali setelah makan agar tubuh lebih fit.

5. Herbs of Gold Breastfeeding Support

5. Herbs of Gold Breastfeeding Support
blibli.com

Salah satu faktor banyak atau sedikitnya produksi ASI adalah asupan cairan ke dalam tubuh. Selama beraktivitas, ibu menyusui membutuhkan ASI booster agar produksi air susu melimpah.

Salah satu vitamin yang menjadi pilihan adalah Herbs of Gold Breastfeeding Support. Agar lebih optimal, Mama bisa mengonsumsi 1 tablet dua kali sehari.

Herbs of Gold Breastfeeding Support memiliki kandungan tumbuhan herbal blessed thistle dan fenugrek sebagai bahan utama yang sudah dikenal memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi ASI. 

Editors' Picks

6. Holisticare Ester C

6. Holisticare Ester C
Tokopedia.com

Tidak hanya saat hamil, ibu menyusui juga membutuhkan dosis vitamin C lebih tinggi selama masa menyusui.

Jika biasanya perempuan dewasa dalam kondisi tidak hamil atau menyusui membutuhkan minimal 90 miligram vitamin C, pada saat hamil atau menyusui dibutuhkan 120 miligram setiap harinya.

Oleh karena itu, Mama perlu minum vitamin C untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh.

Salah satu vitamin C yang direkomendasikan adalah Holisticare Super Ester-C, karena jenis vitamin C ini tidak asam, bahkan mendekati netral.

Tingkat keasamannya hanya sekitar 6-7 sehingga tidak menimbulkan gangguan pada saluran pencernaan. 

7. Naturelo Prenatal Multivitamin

7. Naturelo Prenatal Multivitamin
Amazon.com

Vitamin untuk ibu menyusui agar tidak lemas ini mengandung kalsium, magnesium dan besi. Vitamin ini juga tidak mengandung gelatin, bebas ragi, dan juga kedelai.

Beberapa nutrisinya cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Mama setiap hari apalagi untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Produk ini juga cukup baik untuk menjaga kesehatan tulang, pembentukan otak, dan jantung bayi.

Naturelo Prenatal Multivitamin mengandung B12 dan vitamin C yang berperan aktif meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, serta vitamin E yang membantu menyehatkan kulit.

Kelebihan vitamin Naturelo Prenatal Multivitamin, antara lain:

  • Mengandung bahan-bahan alami.
  • Mengandung berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh
  • Bebas gluten dan gula
  • Tanpa bahan pengawet, pewarna, dan penyedap buatan.
  • Memberikan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

8. Nature's Plus Prenatal

8. Nature's Plus Prenatal
Amazon.com

Ibu menyusui membutuhkan multivitamin dan mineral agar tubuh tetap bugar dan kebutuhan anak melalui ASI terpenuhi. Natures Plus Prenatal Complex mampu meningkatkan stamina bagi ibu menyusui.

Selain itu, ada juga kandungan Iodine yang diperlukan untuk pertumbuhan kemampuan kognitif bayi serta membantu kelenjar tiroid bekerja optimal sehingga dapat menghasilkan hormon pertumbuhan.

Ada juga kandungan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, vitamin A yang berfungsi membentuk protein dan meningkatkan imunitas, serta folic acid untuk produksi sel darah merah.

Natures Plus Prenatal Complex mengandung 800 mcg folic acid. Mengingat kandungan folic acid di dalam Natures Plus Prenatal Complex sudah cukup tingi, maka ibu menyusui tidak perlu lagi menambahkan tablet folic acid.

9. Nature's Way Fenugreek Seed

9. Nature's Way Fenugreek Seed
Amazon.com

Kandungan fenugreek (Trigonella foenicum-Graecum) dapat membantu meningkatkan produksi ASI Mama. Fenugreek memiliki kandungan fitoestrogen yang tinggi sebagai pemicu produksi ASI.

Bukan hanya produksi ASI yang meningkat, Nature's Way Fenugreek Seed juga mengandung bahan-bahan alami lain yang dapat membuat ibu menyusui tetap fit selama beraktivitas.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Mama sebaiknya mengonsumsi Nature's Way Funegreek Seed 2 kali sehari setelah makan.

Satu botol Nature's Way Fenugreek Seed berisi 100 vitamin sehingga cukup untuk dikonsumsi selama beberapa bulan.

10. Promavit

10. Promavit
blibli.com

Promavit, vitamin ibu menyusui yang terakhir, memiliki kandungan vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata dan berperan dalam melindungi Mama dari radikal bebas.

Vitamin ini juga mengandung mineral dan omega 3 yang membantu perkembangan otak bayi, serta mengandung kalsium sebagai asupan gizi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Bagi ibu hamil, produk ini memiliki kandungan zat besi yang berperan mencegah anemia. Sedangkan bagi ibu menyusui kandungan ini bisa berperan dalam menambah darah.

Agar lebih optimal, konsumsilah Promavit sebanyak 2 kali sehari setelah makan.

Kelebihan vitamin Promavit, antara lain:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Mengandung kalsium
  • Mengandung omega 3
  • Mencegah anemia

Nah, itulah 10 daftar rekomendasi merek vitamin untuk ibu menyusui yang aman dan mudah di cari.

Semoga bermanfaat dan tetap semangat para Mama pejuang ASI!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!