Rekomendasi Losion dan Spray Anti Nyamuk yang Aman untuk Ibu Hamil

Bye-bye nyamuk!

2 Juli 2022

Rekomendasi Losion Spray Anti Nyamuk Aman Ibu Hamil
Pixabay.com/AdoreBeautyNZ

Ada berbagai penyakit yang bisa ditularkan melalui gigitan nyamuk. Nah, untuk menghindari hal tersebut, ibu hamil bisa menggunakan losion atau spray anti nyamuk.

Ibu hamil termasuk golongan yang rentan digigit nyamuk. Pasalnya, suhu tubuh ibu hamil lebih tinggi daripada perempuan yang tidak hamil sehingga nyamuk lebih senang berada di dekat tubuh mama yang tengah mengandung.

Meski demikian, sayangya tidak semua losion anti nyamuk aman digunakan untuk ibu hamil. Beberapa losion anti nyamuk yang dijual di pasaran sayangnya mengandung bahan kimia yang bisa membahayakan janin dalam kandungan.

Maka dari itu, Mama harus bijak dalam memilih losion anti nyamuk yang aman digunakan selama kehamilan. Berikut Popmama.com telah merangkum losion dan spray anti nyamuk yang aman untuk ibu hamil.

Rekomendasi Obat Nyamuk untuk Ibu Hamil

Rekomendasi Obat Nyamuk Ibu Hamil
Freepik/jcomp

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam menggunakan losion anti nyamuk.

Untuk itu, penting bagi Mama untuk memilih produk obat nyamuk yang telah direkomendasikan oleh para ahli. Pastikan Mama memilih losion anti nyamuk yang tidak terlalu banyak mengandung bahan aktif DEET, picaridin, IR3535, para-menthane-diol, dan citronella.

Selain itu, hindarilah pemakaian losion anti nyamuk yang mengandung permethrin. Itu karena, penggunaan permethrin secara topikal atau oles dapat terserap oleh kulit, kemungkinan besar pun dapat menembus plasenta. Khawatirnya, bahan kimia ini bisa menyebabkan gangguan pada perkembangan janin.

Nah, berikut ini adalah rekomendasi losion dan spray anti nyamuk yang aman untuk ibu hamil:

1. Autan Floral & Protect Lotion

1. Autan Floral & Protect Lotion
Autan Official Account

Rekomendasi losion anti nyamuk untuk ibu hamil yang pertama, yakni Autan Floral & Protect Lotion. Produk ini direkomendasikan karena kandungan DEET dalam losion ini ini hanya sekitar 15% sehingga dapat melindungi kulit dari gigitan nyamuk selama 6-8 jam, serta aman digunakan oleh ibu hamil.

Selain itu, wangi bunga dan ekstrak aloe vera yang terkandung di dalamnya membuat kulit tetap lembut dan harum sepanjang hari.

Produk ini dapat Mama beli di toko terdekat atau toko online dengan harga Rp 20.000, untuk ukuran 50 ml.

Editors' Picks

2. Soffel Kulit Jeruk

2. Soffel Kulit Jeruk
Shopee

Rekomendasi losion anti nyamuk selanjutnya, yaitu Soffel Kulit Jeruk. Produk ini hanya mengandung 13% DEET sehingga aman digunakan oleh ibu hamil. Selain itu, aroma kulit jeruk pada Soffel tidak disukai oleh nyamuk, kandungan ini akan membuat terbebas dari gigitan nyamuk selama 8 jam.

Tidak hanya melindungi dari gigitan nyamuk, produk ini juga dapat menjaga kelembaban kulit sehingga nyaman digunakan.

Untuk memperoleh produk ini, Mama bisa mendapatkannya di toko terdekat atau toko online dengan harga yang relatif murah yakni Rp 9.000.

3. Caladine Mosquito Repellent

3. Caladine Mosquito Repellent
Tokopedia

Losion anti nyamuk yang juga bisa Mama coba adalah Caladine Mosquito Repellent. Produk ini diklaim dapat memberikan perlindungan terhadap gigitan nyamuk hingga 10 jam.

Yang membuat produk ini berbeda dari losion anti nyamuk lainnya ialah produk ini tidak mengandung DEET, melainkan mengandung zat aktif Picaridin.

Zat Picaridin yang terkandung di dalam Caladine Mosquito Repellent terbukti efektif dalam mencegah gigitan nyamuk Aedes Aegypti, Anopheles, Filariasis yang membawa virus Zika, DBD, Malaria, dan kaki gajah.

Hal lain yang membuat produk ini menarik ialah, Caladine Mosquito Repellant tidak lengket dan tidak berminyak di kulit sehingga nyaman digunakan sehari-hari.

Caladine Mosquito Repellent bisa Mama beli dengan harga Rp 28.000 untuk ukuran 100 ml.

4. Bonnels Bugs Away

4. Bonnels Bugs Away
Bonnels.id

Bonnels Bugs Away diklaim terbuat dari 100% bahan alami. Kandungan minyak lavender dan rosemary diklaim mampu mencegah kulit dari gigitan nyamuk maupun serangga.

Selain berguna sebagai anti nyamuk, produk ini juga dapat digunakan sebagai aromatherapy yang dapat merelaksasi dan mengharumkan ruangan.

Dengan begitu, kualitas tidur mama menjadi lebih baik. Bonnels Bugs Away dapat digunakan dengan cara dioles langsung ke bagian tubuh atau menggunakan diffuser.

Jika tertarik membelinya, harga yang ditawarkan produk ini mulai dari Rp 210.000,-.

5. Utama Spice Begone Bug

5. Utama Spice Begone Bug
Utamaspice.com

Rekomendasi anti nyamuk yang terakhir yakni Utama Spice Begone Bug. Produk ini diklaim ampuh mengusir nyamuk karena terbuat dari kandungan essential oil sereh dan citronella.

Dengan kandungan bahan alami tersebut, Utama Spice Begone Bug ini sangat aman digunakan oleh ibu hamil. Selain itu, produk ini juga lembut saat diaplikasikan ke kulit mama.

Tertarik membelinya? Mama bisa membelinya di toko terdekat atau toko online dengan harga Rp49.000.

Itu dia rekomendasi losion dan spray anti nyamuk yang aman untuk ibu hamil. Meski produk anti nyamuk yang telah disebutkan di atas terbilang aman, Mama tetap harus menggunakannya sesuai dengan petunjuk pemakaian. Bila perlu konsultasikan kembali dengan dokter kandungan mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk