Kehamilan Minggu Ketiga

Seperti inilah yang terjadi dalam rahim mama di minggu ketiga kehamilan

5 Desember 2017

Kehamilan Minggu Ketiga
www.sarcasmweb.com

Bagaimana Perkembangan Janin Kehamilan Minggu Ketiga?

Pada minggu ketiga, umumnya kamu belum menyadari kalau kamu telah memasuki masa kehamilan. Biasanya kamu akan menyadarinya setelah minggu keempat. Hal ini biasa terjadi karena kamu belum merasakan ada perubahan pada tubuh kamu.

Meskipun belum merasakan kehamilan, yakinlah bahwa ada calon bayi yang berkembang di dalam tubuh kamu. Hanya memerlukan waktu sekitar 30 jam setelah pembenihan, telur kemudian terbagi menjadi dua sel, lalu empat sel, lalu delapan sel, dan terus terbelah sampai berpindah dari tuba falopi ke rahim kamu. Sel-sel yang terus berkembang ini membentuk bola-bola kecil.

Bagaimana Kehamilan Minggu Ketiga Mengubah Kehidupan Mama?

Pada minggu ketiga terjadi implantasi atau proses penanaman benih. Telur yang sudah dibuahi memasuki rahim kamu dan masuk ke dalam rahim yang subur. Calon janin masuk ke dalam proses pembuatannya. Ratusan sel yang membentuk bola kecil yang terus berkembang sekarang disebut blastocyst.

Cairan ketuban mulai muncul. Cairan akan terkumpul di sekitar sel telur yang telah dibuahi. Inilah yang akan melindungi calon janin dalam kandungan kamu selama berada di kandungan untuk waktu kedepannya hingga proses persalinan.

Editors' Picks

Apa yang Dirasakan Saat Kehamilan Minggu Ketiga?

Meski belum menyadari kalau kamu sudah menjadi ibu hamil, mungkin ada hal yang bisa menjadi penanda bagi sebuah kehamilan. Pada akhir minggu ketiga, akan ada sedikit bercak darah yang biasa disebut pendarahan implantasi.

Tidak perlu panik, ini menunjukkan telur yang dibuahi sudah melekat pada dinding rahim kamu. Bercak darah ini tidak dialami oleh semua perempuan dan sebagian lainnya mengalami bercak berbarengan dengan menstruasi. Bercak arah hanya terjadi sekali atau bisa beberapa kali sampai 2 hari berturut-turut. Tapi jika lebih dari ini, kamu harusnya merasa curiga dan bisa segera konsultasikan kepada dokter kandungan.

Apa yang Perlu Mama Lakukan di Usia Kehamilan Minggu ketiga?

Cara mengetahui hamil atau tidak bisa dilakukan tes menggunakan home pregnancy test. Kamu bisa membeli testpek di apotek terdekat. Beli beberapa alat tes kehamilan yang berbeda merek.

Pakailah menggunakan urine yang sama dalam satu waktu buang air kecil. Tes kehamilan ini untuk mengukur hormon tertentu yang ditemukan dari urin kamu. Jika kamu menemukan dua garis pink berarti kamu positif hamil. Selamat kamu menjadi calon mama untuk bayi yang sedang berkembang di dalam perut kamu.

Konsentrasi HCG akan meningkat dengan cepat selama awal kehamilan, mencapai dua kali lipat tiap 2-3 hari. Kadar hormon inilah yang diukur melalui alat tes kehamilan atau testpack.

Perlu diketahui, dibutuhkan waktu 9-12 hari sejak berhasilnya proses pembuahan sel telur hingga HCG dapat terdeteksi pada urine. Namun, bila sudah tidak sabar untuk mengetahui apakah kamu hamil atau tidak, cobalah minta dokter kandungan untuk melakukan tes darah. Tes ini bisa mendeteksi lebih awal dibandingkan testpack, meski membutuhkan waktu lebih lama untuk mengetahui hasilnya karena tidak seinstan testpack.

Topic: