5 Langkah Menjaga Kesehatan Tulang Bagi Ibu Hamil

Perhatikan apa saja langkah yang bisa dilakukan untuk membuat tulang sehat saat hamil

22 September 2018

5 Langkah Menjaga Kesehatan Tulang Bagi Ibu Hamil
Pexels/Daria Shevtsova

Saat kehamilan dan masa menyusui, Mama akan mendapatkan tuntutan yang cukup berat akan kalsium dan mineral.

Bukan hanya bagi ibu hamil saja, namun juga untuk janin Mama, sehingga kebutuhan kalsium dan mineral harus dipenuhi dengan baik untuk melindungi tulang.

Lalu apa saja yang harus dilakukan ibu hamil agar kesehatan tulang terjaga?

1. Cukupi kebutuhan kalsium harian

1. Cukupi kebutuhan kalsium harian
viralko.si

Selama kehamilan, janin membutuhkan kalsium untuk mengembangkan gigi dan tulang yang kuat. Jika Mama tidak mendapatkan cukup makanan dengan kalsium dan mineral, janin akan mengambil kalsium dari tulang Mama.

Ibu hamil disarankan untuk mendapatkan setidaknya 1.300 mg kalsium per hari. Jika Mama tidak mendapatkan cukup dari diet atau vitamin prenatal, tanyakan dokter Mama tentang suplemen kalsium.

Kabar baiknya, tubuh Mama menyerap kalsium lebih mudah selama kehamilan untuk membantu melindungi terhadap kekurangan kalsium.

2. Jangan mengabaikan vitamin D

2. Jangan mengabaikan vitamin D
Byjus.com

Vitamin D digunakan untuk membantu transportasi kalsium secara efisien. Dosis harian kalsium yang disarankan untuk ibu hamil adalah 600 IU setiap hari.

Editors' Picks

3. Makan makanan sehat

3. Makan makanan sehat
healthable.org

Bahkan jika kamu mengonsumsi vitamin pranatal, masih ada banyak alasan bagus untuk tetap berpegang pada diet sehat dengan mengonsumsi biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran.

Makanan yang kaya akan kalsium secara alami termasuk produk susu dan sayuran berdaun hijau.

Diet sehat juga akan membantu Mama mempertahankan berat badan kehamilan yang sehat.

4. Lakukan olahraga yang aman saat hamil

4. Lakukan olahraga aman saat hamil
Pixabay/OmarMedinaFilms

Lakukan latihan atau gerakan yang memiliki manfaat tulang otot, semakin banyak olahraga yang Mama dapatkan, semakin kuat tulang Mama.

Cobalah untuk terlibat dalam program latihan yang aman dan menahan beban adalah cara yang bagus untuk memperkuat kesehatan tulang.

Kamu dapat melakukan berbagai latihan seperti latihan beban, berjalan, dan berenang.

Di luar manfaat tulang, manfaat olahraga selama kehamilan termasuk lebih sedikit rasa sakit dan nyeri, mendapatkan tidur yang lebih baik, suasana hati yang lebih baik, dan lebih banyak energi.

5. Berhenti merokok

5. Berhenti merokok
Pexels/Megan Forbes

Asap rokok sangat terkait dengan banyak gangguan, baik untuk Mama dan janin, termasuk osteoporosis tulang yang serius seperti terjadinya perapuhan dan tulang lemah pada ibu dan pertumbuhan tulang dan massa tulang pada anak-anak mereka.

Jika Mama tidak dapat berhenti merokok sendiri, hubungi dokter untuk mendapat dukungan atau rekomendasi cara berhenti merokok yang baik dan benar.