7 Rekomendasi Buah yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

Bukan hanya untuk Mama, buah ini juga baik buat janin

2 Maret 2019

7 Rekomendasi Buah Baik Ibu Hamil Muda
Pixabay/silviarita

Saat hamil muda, Mama disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung zat gizi lengkap, terutama buah-buahan.

Tak hanya sayur, buah juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh ibu hamil dan janin. Selain itu, buah juga mengandung serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan mengurangi sulit BAB alias sembelit pada ibu hamil. 

Beta-karoten dari vitamin A dalam buah berfungsi untuk membantu perkembangan sel dan jaringan bayi, penglihatan, dan kekebalan tubuh.

Vitamin C dalam buah berfungsi untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta kolagen dalam jaringan ikat bayi. Asam folat dalam buah dapat membantu mencegah cacat lahir dan anemia.

Kalium dalam buah membantu menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh ibu hamil. 

Tak hanya di olah sebagai jus, buah-buahan untuk ibu hamil juga bisa dijadikan camilan sebagai pengganti makanan ringan yang mengandung banyak kalori namun sedikit vitamin dan mineral.

Namun, dari sekian banyak jenis buah yang ada, jenis buah seperti apa yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil muda?

Nah, agar tidak salah, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa jenisnya.

1. Buah alpukat kaya folat

1. Buah alpukat kaya folat
Pixabay/Coyot

Alpukat memiliki lebih banyak folat daripada buah-buahan lainnya. Alpukat juga merupakan sumber vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin, magnesium, serta kalium.

Alpukat juga mengandung zat besi. Beberapa ibu hamil juga mengaku bahwa alpukat membantu meredakan mual. Hal ini bisa saja terjadi akibat kandungan potasium dan magnesium yang ada dalam buah.

Kalium juga dapat membantu meredakan kram kaki, yang disebabkan kalium dan magnesium yang rendah. Kolin penting untuk perkembangan otak dan saraf bayi.

Kekurangan kolin dapat menyebabkan janin cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup.

2. Buah pisang kaya akan kalori

2. Buah pisang kaya akan kalori
Pexels/Pixabay

Kaya akan kalium dan menyediakan kalori yang cepat diubah menjadi energi untuk mencegah kelelahan. Kalium dalah pisang dapat membantu menjaga tekanan darah dalam tubuh.

Pisang juga mengandung zat besi yang dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil. Pisang juga mudah untuk dicerna, sehingga dapat menjadi alternatif makanan jika ibu hamil sedang mengalami mual dan muntah.

3. Jeruk punya 90% kandungan air

3. Jeruk pu 90% kandungan air
Pexels/Pixabay

Mengandung vitamin C, folat, dan serat. Hampir 90% kandungannya adalah air sehingga membantu ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya.

Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan kelelahan. Kandungan folat yang tinggi pada jeruk juga dapat membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin dan mencegah janin lahir cacat.

Editors' Picks

4. Golongan buah berry sumber karbohidrat

4. Golongan buah berry sumber karbohidrat
Pixabay/publicdomainpictures

Golongan buah ini kaya akan karbohidrat, vitamin C, serat, dan folat. Buah ini juga mengandung fitonutrien, seperti flavonoid dan anthocyanin.

Karbohidrat dalam buah ini dapat memberi ibu hamil energi yang sangat dibutuhkan, dan menyehatkan bayi. Golongan buah ini juga diketahui dapat menyehatkan jantung.

5. Apel juga punya kandungan potassium

5. Apel juga pu kandungan potassium
Valeria_aksakova / Freepik

Apel kaya serat dan sumber vitamin A, vitamin C, dan potassium. Konsumsi buah apel selama kehamilan juga bermanfaat bagi kesehatan bayi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Thorax menemukan bahwa bayi dari ibu hamil yang mengonsumsi apel selama kehamilan cenderung tidak memiliki asma dan jenis alergi lain pada masa kanak-kanak.

6. Mangga penuhi kebutuhan nutrisi

6. Mangga penuhi kebutuhan nutrisi
Freepik/kitzcorner

Buah ini kaya akan vitamin C dan A. Mangga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Semangkuk buah mangga cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari yang berguna untuk pencernaan dan mengurangi sembelit.

Kandungan vitamin A dalam mangga juga berlimpah yang dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga bayi terhindar dari gangguan pada sistem pertahanannya.

Mangga merupakan buah yang sering ada, sehingga tidak sulit untuk memperoleh buah ini. Umumnya mangga memiliki rasa manis dan bisa dijadikan alternatif saat ibu hamil ingin mengonsumsi makanan manis.

7. Kurma memiliki kandungan glukosa tinggi

7. Kurma memiliki kandungan glukosa tinggi
insightprofessional.it

Buah kurma memiliki kandungan glukosa tinggi, yaitu antara 60-70 persen, sehingga sangat baik untuk memenuhi asupan energi harian ibu hamil.

Kurma juga  mengandung nutrisi yang sangat baik untuk ibu hamil, misalnya vitamin B kompleks, zat besi, dan kalium.

Buah ini juga bermanfaat untuk meningkatkan rangsangan syaraf dan sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi.

Nah, itulah 7 jenis rekomendasi buah yang baik untuk ibu hamil muda dan janin.

Agar tidak bosan mengonsumsi buah-buahan yang itu-itu saja, Mama juga bisa mengonsumsi buah-buahan tersebut dengan berbagai cara, seperti membuatnya menjadi salad buah, menjadikannya topping pada sereal, roti, pancake, atau waffle, bahkan mengolahnya menjadi smoothies.

Lezat dan kaya manfaat lho, Ma!

Baca juga: