Cara Cepat Hamil: Rawat Kualitas Sel Telur dengan 5 Hal Sederhana Ini

Kualitas sel telur bisa dijaga dengan gaya hidup sehat

12 Mei 2019

Cara Cepat Hamil Rawat Kualitas Sel Telur 5 Hal Sederhana Ini
Freepik

Untuk bisa memperbesar peluang kehamilan, kesehatan rahim menjadi salah satu hal yang perlu Mama perhatikan. Selain itu, cara cepat hamil bisa diperjuangkan dengan menjaga kesehatan sel telur juga penting, Ma.

Oleh sebab itu, jika saat ini Mama tengah menjalani program hamil, ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan guna menjaga kesehatan sel telur.

Apa saja ya? Berikut Popmama.com rangkum informasinya untuk Mama:

1. Jalani gaya hidup sehat

1. Jalani gaya hidup sehat
Pexels/Burst

Kualitas sel telur sangat dipengaruhi oleh gaya hidup Mama. Menurut pakar kesehatan kandungan dari Harvard Medical School, Alice Domar, PhD, segala sesuatu yang Mama lakukan dalam tubuh berpengaruh terhadap kualitas sel telur.

Jadi, semakin sering Mama terpapar hal yang tak sehat misalnya dari kualitas makanan atau aktivitas fisik, maka makin besar kemungkinan sel telur Mama menjadi rusak.

Oleh sebab itu, menjaga gaya hidup sehat pun menjadi mutlak dilakukan demi kesehatan organ reproduksi. Jangan lupa, jaga berat badan Mama tetap berada dalam rentang normal. Berat badan yang berlebihan maupun terlalu rendah juga dapat memengaruhi kualitas sel telur.

2. Hindari stres

2. Hindari stres
Pexels/Pixabay

Meskipun stres tidak berpengaruh secara langsung pada ketidaksuburan, namun terlalu sering stres juga dapat membuat kualitas sel telur menjadi tidak optimal.

Menurut Alice, beberapa penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang stres berulang-ulang cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa hamil. Cobalah untuk mencari kegiatan menyenangkan dan lakukan hobi Mama.

Beberapa aktivitas lain yang bisa juga membantu meredakan stres misalnya meditasi, yoga maupun olahraga ringan. Mama juga bisa mempelajari teknik relaksasi, serta bermain dengan teman-teman sebaya untuk mengurangi beban pikiran.

Editors' Picks

3. Hindari merokok, kafein dan alkohol

3. Hindari merokok, kafein alkohol
Pexels/Rawpixel.com

Beberapa benda yang wajib ditinggalkan demi perbaikan kualitas sel telur yakni rokok, minuman beralkohol dan kafein. Konsumsi terlalu banyak minuman beralkohol terbukti dapat menurunkan peluang kehamilan.

Rokok juga memberikan efek negatif bagi kesehatan sel telur. Kandungan nikotin dalam rokok dapat merusak sel telur.

Meski hubungan langsung antara kafein dan kesehatan belum banyak memiliki bukti ilmiah, namun Mama tetap dianjurkan untuk membatasi asupan kafein demi kesehatan.

4. Terapkan pola makan sehat

4. Terapkan pola makan sehat
Pexels/Pixabay

Jangan lupa untuk menerapkan pola makan dengan diet gizi seimbang untuk kesehatan organ reproduksi. Perbanyak asupan buah, sayuran, biji-bijian, daging tanpa lemak, dan produk susu.

Diet dengan banyak variasi dapat membantu kerja organ-organ tubuh secara keseluruhan, termasuk organ reproduksi dan sel telur.

Beberapa pilihan asupan yang kaya akan vitamin seperti bayam dan buah dengan antioksidan seperti blueberry sangat dianjurkan untuk Mama.

Sebaliknya, hindari konsumsi berlebihan makanan yang mengandung banyak garam dan lemak seperti junk food atau gorengan.

5. Akupunktur

5. Akupunktur
Pexels/Pixabay

Akupunktur diyakini dapat meningkatkan peluang kehamilan pada perempuan yang tengah menjalani program bayi tabung, meskipun sampai saat ini bukti ilmiahnya belum cukup banyak. Akupunktur disebut-sebut dapat membantu meredakan stres dan membuat rileks.

Menurut Lora Shahine, MD dari Pacific NW Fertility, Seattle, akupunktur telah terbukti bermanfaat dalam banyak aspek kesehatan. Terutama bagi teknik relaksasi dan melancarkan aliran darah.

Nah, Ma. Demi menjaga kualitas sel telur, yuk mulai mengubah gaya hidup sejak dini. Jangan lupa pilih menu makanan dengan cermat dan perbanyak olahraga. Salam sehat!

Bacajuga

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!