TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Agar Program Hamil Sukses, Ketahui Masa Subur Laki-Laki

Masa subur perempuan dihitung melalui siklus menstruasi. Bagaimana dengan masa subur laki-laki?

27 September 2022

Agar Program Hamil Sukses, Ketahui Masa Subur Laki-Laki
Freepik/nakaridore

Berhubungan seks adalah salah satu penunjang pasangan agar cepat hamil. Agar peluang kehamilan semakin tinggi, disarankan untuk berhubungan seks pada masa subur.

Jika selama ini hanya berpatokan pada masa subur perempuan, cobalah untuk memperhatikan masa subur laki-laki juga. Ya, bukan hanya perempuan, laki-laki pun memiliki masa subur.

Masa subur perempuan dapat dihitung melalui siklus menstruasi. Lalu, bagaimana dengan masa subur laki-laki?

Di bawah ini Popmama.com rangkum mengenai masa subur laki-laki. Yuk, kita simak bersama!

Kapan Masa Subur Laki-Laki Berlangsung?

Kapan Masa Subur Laki-Laki Berlangsung
Freepik/8photo

Berbeda dengan masa subur perempuan, masa subur laki-laki tidak memiliki spesifikasi tertentu. Faktanya, laki-laki hanya perlu berhubungan setiap dua atau tiga hari sekali.

Pada dasarnya, seorang laki-laki dikatakan berada dalam masa subur ketika masih bisa menghasilkan sperma dengan kualitas terbaik dan dalam jumlah yang cukup.

Seorang laki-laki mulai memproduksi sperma sejak usia antara 12 – 13 tahun. Kondisi ini berlangsung hingga dewasa. Masa subur laki-laki dikaitkan dengan kualitas dan jumlah sperma yang dikeluarkan ketika ejakulasi.

Berikut indikasi seorang laki-laki tengah dalam masa subur.

Jumlah sperma

Jumlah sperma yang baik pada saat ejakulasi adalah 15 juta sperma per milimeter air mani. Hal ini sangat berpengaruh dengan kemungkinan keberhasilan membuahi sel telur pasangannya. Jika sel sperma yang dihasilkan dalam air mani lebih sedikit maka kemungkinan terjadinya pembuahan sel telur juga akan menurun.

Motilitas sperma

Motilitas atau pergerakan sperma harus memiliki gerakan yang gesit untuk mencapai dan membuahi sel telur. Sebelum membuahi sel telur, sperma harus tetap hidup saat berenang menyeberangi leher rahim, sperma harus tetap hidup saat berenang menuju leher rahim, rahim, saluran tuba. Sperma yang dengan kemampuan bergerak yang baik akan meningkatkan peluang pembuahan.

Bentuk sperma

Bentuk sperma terdiri atas kepala yang berbentuk oval dan berekor panjang dapat membantu pergerakan sperma menuju sel telur. Struktur sperma yang baik akan meningkatkan peluang terjadinya pembuahan. Laki-laki yang subur memiliki lebih dari 50 persen sperma berbentuk normal.

Hormon

Masa subur laki-laki ditentukan dengan hormon testosteron dalam jumlah yang stabil. Kondisi ini membuat laki-laki memiliki kemampuan produksi sperma dengan baik serta hasrat seksual yang juga terjaga dengan baik.

Editors' Picks

Faktor yang Memengaruhi Kesuburan Laki-Laki

Faktor Memengaruhi Kesuburan Laki-Laki
Freepik/wayhomestudio

Seorang laki-laki memiliki kesuburan yang baik ketika jumlah dan kualitas sperma terjaga dengan baik. Oleh sebab itu, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kualitas sperma, yaitu:

  • Usia
  • Gaya hidup
  • Paparan zat berbahaya. Terlalu sering terpapar zat berbahaya, seperti pestisida, merkuri logam berat, benzena, dan barium dapat memengaruhi kesuburan laki-laki.

Masalah pada Masa Subur Laki-Laki

Masalah Masa Subur Laki-Laki
Freepik/jcomp

Tidak hanya perempuan yang mengalami masalah kesuburan, tetapi laki-laki juga bisa mengalami hal yang sama. Terdapat beberapa masalah yang berkaitan dengan masa subur laki-laki, seperti jumlah sperma rendah, pergerakan sperma, dan bentuk sperma yang kurang sempurna.

Jumlah sperma laki-laki dikatakan rendah jika kuantitasnya kurang dari 15 juta per milimeter air mani sehingga menyebabkan laki mengalami kelainan sperma.

Kelainan sperma yang bisa dialami laki-laki adalah seperti azoospermia, oligospermia, teratozoospermia, asthenozoospermia, cryptozoospermia, dan oligoasthenoteratospermia. Hal ini bisa membuat pasangan susah hamil.

Tips Menjaga Kesuburan Laki-Laki

Tips Menjaga Kesuburan Laki-Laki
Pexels/vo-thuy-tien-248787

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesuburan:

  1. Mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat yang dikonsumsi mengandung serat, protein, karbohidrat, protein, hingga mineral.
  2. Olahraga secara teratur, dapat meningkatkan kadar testosteron sehingga dapat meningkatkan kesuburan. 
  3. Mengonsumsi suplemen dan vitamin
  4. Mengelola stres dengan baik, stres tidak hanya menjadi sumber suatu penyakit namun juga dapat menghambat kesuburan
  5. Gaya hidup sehat, kamu harus mengubah gaya hidup lebih sehat, seperti berhenti merokok dan kurangi mengonsumsi alkohol.

Jadi itu tadi pembahasan mengenai masa subur laki-laki. Semoga bermanfaat!

Artikel ini merupakan kerja sama antara Popmama.com dengan Pusat Fertilitas Bocah Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut soal Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, Mama dan Papa bisa mengunjungi situs bocahindonesia.com.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk