7 Manfaat Pijat Prenatal untuk Ibu Hamil dan Janin yang Menyehatkan

Mama sudah pijat prenatal belum bulan ini?

15 September 2018

7 Manfaat Pijat Prenatal Ibu Hamil Janin Menyehatkan
Pixabay/Andreas160578

Pernahkah Mama mencoba melakukan pijat prenatal atau prenatal massage selama hamil? Yuk dicoba, Ma! Pijat khusus ibu hamil ini banyak manfaatnya, lho.

Ya, tak sekadar pijat biasa, pijat prenatal memiliki banyak keistimewaan untuk tubuh Mama. Terutama jika saat ini Mama sedang hamil.

Umumnya, ahli terapi untuk pijat prenatal ini sudah memahami seluk-beluk kondisi fisik ibu hamil, sehingga akan lebih berhati-hati dalam memijat.

Selain baik bagi tubuh Mama, pijat prenatal ini juga bisa membantu membuat tubuh Mama rileks dan tumbuh kembang janin pun jadi lebih baik.

Nah, apa saja ya manfaat positif dari pijat prenatal? Berikut Popmama.com rangkuman informasinya untuk Mama:

1. Melancarkan sirkulasi darah

1. Melancarkan sirkulasi darah
Freepik/Onlyyouqj

Aliran darah menjadi sangat penting bagi Mama yang sedang hamil. Alasannya, dari aliran darah ini kebutuhan oksigen dan nutrisi untuk janin akan terpenuhi.

Apabila aliran darah Mama terhambat, maka proses pemberian oksigen nutrisi untuk janin pun juga akan menjadi terhambat, Ma.

Pijat prenatal bisa menjadi salah satu cara alami untuk membantu melancarkan sirkulasi darah. Dengan begitu, akan lebih banyak juga oksigen dan nutrisi untuk janin.

Dengan aliran darah yang lebih lancar pula, sistem kekebalan tubuh janin akan menjadi lebih berkembang dan membantu menghilangkan racun.

2. Menenangkan sistem saraf

2. Menenangkan sistem saraf
Pixabay/1041483

Saat tubuh Mama sedang rileks, sistem saraf parasimpatik pun akan merespons relaksasi melalui pelepasan endorfin.

Pada akhirnya, kondisi ini akan berefek positif bagi tubuh Mama. Ketika tubuh berada dalam fase parasimpatik, Mama akan menjadi lebih mudah rileks, mudah tidur, kerja sistem pencernaan lebih baik, dan sistem kekebalan tubuh juga lebih optimal.

Saat Mama rileks, janin pun akan menjadi lebih rileks, Ma.

Baca juga: Cara Merelaksasi Istri yang Sedang Hamil dengan Pijatan

Editors' Picks

3. Menjaga kondisi sendi

3. Menjaga kondisi sendi
Pixabay/Pexels

Saat janin bertambah besar dan semakin besar, maka otomatis akan semakin banyak pula tekanan yang diberikan pada pinggul, punggung dan kaki Mama.

Nah, teknik pijat prenatal pun diyakini dapat membantu menjaga kondisi sendi dan otot tetap rileks. Dengan begitu, tubuh Mama akan lebih siap menopang berat yang semakin bertambah karena kehamilan.

4. Stabilisasi hormon

4. Stabilisasi hormon
Freepik

Hormon dalam tubuh Mama mengalami beberapa perubahan selama kehamilan. Kondisi ini seringkali memicu perubahan mood dan suasana hati. Sebagian juga membuat tubuh Mama cepat lelah.

Pijat prenatal disebut dapat membantu menstabilkan hormon dan membantu Mama mengatasi depresi serta kecemasan yang berlebihan.

5. Menurunkan tekanan darah

5. Menurunkan tekanan darah
Pexels/Rawpixel.com

Bagi Mama yang memiliki masalah tekanan darah tinggi selama hamil, pijat prenatal dapat membantu menurunkannya secara alami.

Pada dasarnya, stres memiliki korelasi langsung pada denyut jantung dan tekanan darah. Nah, melalui pijatan, kulit dan struktur sekitarnya pun dibuat lebih lentur, sehingga membantu mengurangi tekanan darah dan membuat Mama lebih rileks.

6. Peningkatan aliran darah ke uterus, plasenta dan jantung

6. Peningkatan aliran darah ke uterus, plasenta jantung
Freepik/Dashu83

Selama kehamilan, volume darah Mama akan meningkat hingga mencapai 60 persen dibandingkan saat sebelum hamil.

Semakin bertambah usia kehamilan, maka rahim pun akan semakin besar dan menekan aliran darah. Dengan melakukan pijat prenatal secara teratur, aliran darah di pembuluh darah tubuh Mama pun akan semakin lancar.

7. Memperbaiki postur tubuh

7. Memperbaiki postur tubuh
Pixabay/Egor105

Ketika janin bertumbuh dan semakin membesar di dalam tubuh Mama, postur tubuh Mama akan menyesuaikan sampai akhirnya menjadi berubah dari sebelum hamil.

Jika tak dirawat dengan benar, postur tubuh dan keselarasan tubuh Mama akan menjadi semakin bergeser. Selain itu, bertambahnya berat badan saat hamil juga akan turut memengaruhi ketegangan ekstra dan memicu kejang otot.

Melalui pijat prenatal, tonus otot dan fleksibilitas sendi serta otot tubuh Mama akan meningkat. Efek positifnya, Mama pun akan menjadi lebih mampu menopang beban fisik kehamilan pada sendi dan otot.

Cukup banyak manfaat positif dari pijat prenatal ya, Ma. Sebelum melakukannya, pastikan Mama mencari ahli terapi yang sudah terpercaya. Ini supaya teknik pijat yang dilakukan benar sesuai dengan kebutuhan Mama.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.