Bolehkah Makan Ikan Lele Saat Hamil? Begini Manfaat dan Pengolahannya!

Wajib tahu manfaat ikan lele sebelum dikonsumsi ya, Ma!

23 Desember 2019

Bolehkah Makan Ikan Lele Saat Hamil Begini Manfaat Pengolahannya
news.utexas.edu

Ikan lele termasuk salah satu makanan favorit untuk sebagian orang karena rasanya yang begitu lezat apalagi sangat mudah ditemukan di mana saja. Tak hanya rasanya saja yang lezat, namun kandungan nutrisi dengan protein tinggi yang membantu kesehatan tubuh. 

Ibu hamil pun diperbolehkan makan ikan lele karena ikan jenis ini memberikan banyak manfaat untuk kesehatan diri sendiri dan janin di dalam kandungan.

Hanya saja perlu memerhatikan pemilihan ikan lele yang akan dibeli, cara pengolahan dan mengonsumsi secara wajar perlu diperhatikan dengan baik. 

Selain protein, kandungan nutrisi yang terkandung pada ikan lele mulai dari asam lemak omega 3, fosfor hingga vitamin B12. Terkait banyaknya kandungan nutrisi pada ikan lele, itu berarti ada banyak manfaat positif yang bisa diterima oleh ibu hamil saat mengonsumsinya sebagai lauk ketika makan.  

Jika Mama ingin mengetahui berbagai manfaat ikan lele untuk kesehatan untuk ibu hamil, kali ini Popmama.com telah merangkumnya.

Demi mendapatkan nutrisinya, ikan lele bisa menjadi salah satu asupan selama hamil. 

1. Lele memenuhi asupan protein di dalam tubuh

1. Lele memenuhi asupan protein dalam tubuh
australianmuseum.net.au

Protein memiliki peran penting dalam membantu pertumbuhan janin dan mampu menjaga kesehatan selama masa kehamilan. Perlu Mama ketahui bahwa asupan protein yang kurang tercukupi dapat menyebabkan malnutrisi. 

Protein dapat didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti ikan lele. Ikan yang berasal dari air tawar mempunyai sumber protein yang tinggi sebanyak 20 persen. Ikan lele tidak hanya menjadi sumber protein yang baik, namin dapat dijadikan pelengkap protein di dalam menu makanan setiap harinya. 

Berbagai kandungan protein dalam ikan lele antara lain asam amino esensial lisin, metionin dan leusin. Jika dikonsumsi secara tepat, maka nutrisi di dalam ikan lele bisa menjadi sumber protein terbaik. 

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Ikan Asin? Awas Gejala Hipertensi!

2. Mencegah risiko bayi terlahir cacat

2. Mencegah risiko bayi terlahir cacat
Freepik

Setiap orangtua tentu ingin memiliki bayi yang sehat tanpa ada kekurangan sedikit pun. Namun, ada sebagian orangtua yang harus menerima kondisi bayinya saat dilahirkan dengan tidak sempurna. 

Untuk menghindari situasi yang tidak diinginkan, maka asupan nutrisi selama hamil perlu diperhatikan. Salah satu makanan yang bisa mencegah risiko ini yaitu ikan lele karena memiliki kandungan B12. 

Ikan lele yang diolah menjadi berbagai jenis tetap akan mengandung B12, sehingga dapat mengurangi gangguan-gangguan kesehatan selama proses persalinan nanti. 

Editors' Picks

3. Meningkatkan sistem imun tubuh pada ibu hamil

3. Meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil
Freepik

Selama hamil perlu diingat bahwa nutrisi sangat penting dan menjadi nomor satu, sehingga perlu diusahakan dengan baik.  Apapun yang masuk ke dalam sistem pencernaan selama diproses tubuh juga akan berpengaruh terhadap kesehatan serta perkembangan janin di dalam kandungan. 

Selain itu, ibu hamil perlu memastikan tubuhnya bisa selalu sehat dan tidak mudah sakit. Ikan lele bisa menjadi salah satu lauk yang bisa dikonsumsi selama hamil karena mampu meningkatkan sistem imun tubuh. 

Sebagai asupan protein yang cukup tinggi, ikan lele bisa menjadi salah satu alternatif makanan saat hamil. Meskipun begitu perlu ditambah dengan berbagai nutrisi dari makanan yang lain agar seimbang ya, Ma. 

Baca juga: 7 Manfaat Ikan Gabus untuk Ibu Hamil

4. Membantu meningkatkan kesehatan tulang tanpa ada gangguan selama hamil

4. Membantu meningkatkan kesehatan tulang tanpa ada gangguan selama hamil
womenshealtmag.com

Dilansir dari American Pregnancy Association, ibu hamil membutuhkan asupan vitamin D untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuhnya serta menyerap metabolisme dari kalsium dan fosfor. 

Kandungan fosfor yang terdapat pada ikan lele sangat penting untuk diberikan ke tubuh karena mampu mencegah berbagai gangguan tulang. Fosfor dalam lele mencapai 168 mg/100 gram bahkan lebih tinggi daripada telur yang hanya 100 mg. 

Secara tidak langsung, ikan lele yang dikonsumsi juga dapat membantu pertumbuhan tulang serta gigi pada janin walau masih di dalam perut. 

Untuk mengurangi risiko janin tidak mengalami perkembangan yang optimal serta mencegah osteoporosis, maka ibu hamil perlu memasukkan ikan lele ke dalam menu makanan bernutrisi agar tidak kekurangan asupan fosfor. 

5. Membantu pertumbuhan otak janin selama di dalam kandungan

5. Membantu pertumbuhan otak janin selama dalam kandungan
Freepik

Lele memiliki kandungan omega 3 yang membantu pertumbuhan otak janin. Secara tidak langsung jika perkembangannya optimal, maka pertumbuhan mata dan saraf bayi akan terbantu. 

Untuk membantu perkembangan otak anak menjadi lebih optimal, ada baiknya ibu hamil tetap mengonsumsi berbagai asupan omega 3 sebagai pelengkap nutrisi selama kehamilan. 

Tingginya sumber protein dan omega 3 pada ikan lele pun dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung serta dapat merawat arteri dengan baik.

Baca juga: Punya Banyak Nutrisi, Ini 7 Jenis Ikan yang Baik untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi Ikan Lele yang Tepat Selama Hamil

Mengonsumsi Ikan Lele Tepat Selama Hamil
civileats.com

Ikan lele bisa menjadi salah satu lauk pauk yang dikonsumsi selama masa kehamilan. Meskipun memiliki banyak manfaat positif, ibu hamil perlu memahami berbagai acuan tersendiri dalam mengonsumsi ikan lele.

Dilansir dari Mayo Clinic, ikan dan kerang memang diketahui mengandung kadar merkuri yang berpotensi cenderung berbahaya untuk ibu hamil. Perlu Mama ketahui bahwa terlalu banyak merkuri bisa membahayakan sistem saraf bayi. 

Untuk menghindari potensi membahayakan saat mengonsumsi daging ikan lele yang mengandung merkuri, sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak agar tidak berdampak buruk untuk kesehatan. 

Lalu beberapa dampak buruk dari ikan lele selama hamil bisa dicegah dengan beberapa langkah seperti selalu membeli ikan lele segar yang masih hidup dan disimpan dalam air bersih. Ketika ingin memasak ikan lele pastikan menggunakan minyak yang kondisinya masih bagus. Cara pengolahan atau memasak ikan lele dengan minyak trans dapat mengganggu kesehatan terutama risiko penyakit jantung. 

Itulah manfaat dan beberapa cara saat ingin mengonsumsi ikan lele selama masa kehamilan. Pastikan untuk mengonsumsi lele dengan makanan lain agar memiliki cukup banyak nutrisi seimbang. 

Semoga asupan ikan lele sebagai lauk pauk selama masa kehamilan bisa memberikan manfaat untuk perkembangan janin di dalam kandungan ya, Ma. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.