5 Manfaat Edamame sebagai Camilan Sehat untuk Ibu Hamil

Camilan sehat yang satu ini memiliki banyak manfaat selama hamil!

29 Agustus 2019

5 Manfaat Edamame sebagai Camilan Sehat Ibu Hamil
Pixabay/takedahrs

Camilan sehat untuk ibu hamil memiliki beragam pilihan, salah satunya edamame. Edamame termasuk salah satu jenis kacang-kacangan yang sering dijadikan camilan sewaktu sedang santai termasuk saat berdiskusi atau menonton bersama suami. 

Camilan yang dikonsumsi selama masa kehamilan tidak bisa sekadar mengenyangkan saja, namun juga bergizi dan menyehatkan. Perlu diketahui bahwa camilan yang satu ini menyehatkan karena cukup kaya akan protein, asam folat, kalisium, zat besi, seng, vitamin A hingga vitamin B. Berbagai kandungan di dalam edamame mampu menjaga kesehatan selama masa-masa kehamilan. 

Jika Mama sedang hamil dan ingin mengetahui manfaat dari edamame untuk ibu hamil, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

1. Mengurangi risiko serangan osteoporosis secara mendadak saat hamil

1. Mengurangi risiko serangan osteoporosis secara mendadak saat hamil
foodandnutrition.org

Risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang yang terjadi selama masa kehamilan cukup tinggi terjadi. Salah satu faktor meningkatnya serangan osteoporosis karena ibu hamil kurang mendapatkan asupan kalsium di dalam tubuh. 

Perlu diingat ketika kehamilan sudah memasuki trimester kedua dan ketiga, maka janin akan memulai proses pembentukan rangka. Bila asupan kalsium selama hamil tidak tercukupi dengan baik, maka dapat berisiko terkena osteoporosis.

Sebelum ini terjadi, Mama dapat menambah asupan kalsium melalui camilan sehat seperti edamame karena mengandung kalsium cukup tinggi. Bila dikonsumsi secara rutin, maka kalsium dapat membantu menjaga kesehatan tulang ibu hamil agar tidak terserang osteoporosis. 

Tak hanya itu, kandungan kalsium yang terus diberikan untuk tubuh dapat membantu pembentukan tulang dan gigi janin selama masih di dalam kandungan. 

Baca juga: Mengalami Osteoporosis dan Ingin Menyusui, Ketahui Ini Sejak Hamil

Editors' Picks

2. Meminimalisir risiko terjadinya cacat tabung syaraf

2. Meminimalisir risiko terjadi cacat tabung syaraf
Freepik/jcomp

Ibu hamil yang rutin mengonsumsi edamame sebagai salah satu camilan favorit tentunya dapat berdampak baik untuk kesehatan janin. Apalagi edamame memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi, sehingga membantu pertumbuhan dan perkembangan otak janin di dalam kandungan. 

Bahkan kandungan edamame dapat membantu si Kecil terhindar dari risiko cacat tabung syaraf. Perlu Mama ketahui bahwa semakin banyak asam folat yang dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti terdapat di dalam edamame mampu mencegah cacat tabung saraf yang dapat mengakibatkan pertumbuhan otak bayi tidak normal seperti anak-anak lainnya. 

Baca juga: 5 Macam Penyebab Bayi Lahir Cacat

3. Mampu menangkal radikal bebas selama menjalani masa-masa kehamilan

3. Mampu menangkal radikal bebas selama menjalani masa-masa kehamilan
6abc.com

Edamame sebagai salah satu camilan sehat bisa menjadi alternatif saat sedang lapar. Pengolahan edamame pun mudah karena cukup merebus atau mengukusnya, kemudian menambahkan sedikit garam sebagai penambah rasa. 

Perlu diketahui bahwa camilan sehat yang satu ini mampu menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan isoflavon dan saponin di dalam edamame dapat membantu tubuh ibu hamil dan janin terhindar dari radikal bebas yang nembahayakan kesehatan. 

Baca juga: Bolehkah Bayi Mengonsumsi Edamame?

4. Menyehatkan pencernaan dan menjaga berat badan selama hamil

4. Menyehatkan pencernaan menjaga berat badan selama hamil
Wikimedia Commons

Manfaat edamame lainnya yang bisa dirasakan oleh ibu hamil yakni mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sebuah riset mengatakan bahwa edamame mengandung serat dan protein yang tinggi, sehingga berfungsi sebagai prebiotik untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di dalam saluran pencernaan.

Edamame yang dikonsumsi secara rutin selama masa kehamilan dapat menyehatkan pencernaan lebih optimal. Selain itu, edamame memiliki kaya serat, protein dan antioksidan yang mampu membantu menjaga berat badan tubuh tidak meningkat terlalu drastis selama hamil. 

Sebelum edamame dikonsumsi sebagai salah satu camilan, Mama perlu mengolah edamame dengan benar-benar agar kebersihannya tetap terjaga.

Baca juga: Popmama Luncurkan Tools Menghitung Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

5. Meningkatkan tumbuh kembang sel tubuh ibu hamil serta janin di dalam kandungan

5. Meningkatkan tumbuh kembang sel tubuh ibu hamil serta janin dalam kandungan
healthyeating.sfgate.com

Ma, sudah tahu belum kalau camilan sehat seperti edamame memiliki protein asam amino cukup tinggi? Perlu diketahui bahwa edamame memang mengandung protein asam amino, sehingga bermanfaat dalam pertumbuhan serta perkembangan sel-sel tubuh untuk ibu hamil dan janin. 

Tak hanya itu, asam amino di dalam edamame juga mampu membantu pembentukan berbagai organ tubuh janin menjadi lebih optimal. 

Ma, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan setelah mengonsumsi edamame sebagai camilan sehat selama hamil. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.