Bolehkah Bayi Mengonsumsi Edamame?

Enak dimakan bagi orang dewasa, apakah aman jika dimakan bayi?

18 April 2019

Bolehkah Bayi Mengonsumsi Edamame
pxhere.com

Jenis kacang-kacangan adalah makanan yang lazim diberikan pada bayi yang baru belajar makan. Mulai dari tahu kedelai atau tempe. Tak jarang juga orangtua memberikan kacang-kacangan lain yang dianggap menyehatkan dan dapat memenuhi kebutuhan protein bayi.

Salah satu jenis kacang-kacangan yang dianggap sebagai makanan sehat adalah edamame. Meski enak dan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi, bolehkan bayi mengonsumsi  kacang kedelai asal Jepang ini? Mari ikut Popmama.com mengulik faktanya.

Kandungan Gizi dan Manfaat Edamame

Kandungan Gizi Manfaat Edamame
Wikimedia Commons

Dilansir dari livestrong.com, edamame mengandung protein, serat, karbohidrat, berbagai asam amino serta sumber yang baik. Selain itu, edamame mengandung berbagai mineral seperti kalsium, besi, riboflavin, vitamin C, dan beberapa jenis vitamin lainnya.

Dengan berbagai kandungan yang ada di dalamnya, edamame memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Misalnya, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu menjaga kesehatan kulit, memperbaiki fungsi paru serta baik untuk sistem pencernaan.

Editors' Picks

Apakah Edamame Aman Dikonsumsi?

Apakah Edamame Aman Dikonsumsi
maxpixel.net

Meskipun kaya akan nutrisi, tetapi ada beberapa kekhawatiran yang muncul berkaitan dengan kandungan dalam edamame. Misalnya saja pendapat bahwa kacang kedelai jenis apapun termasuk edamame dapat mempengaruhi tumbuh-kembang anak, termasuk juga anak yang dalam masa pubertas. 

Seperti yang dilansir dari livestrong.com, golongan kacang kedelai ini masih dianggap aman untuk dikonsumsi anak di atas usia 5 tahun dalam jumlah sedang yaitu maksimal dua porsi setiap harinya. Namun, orangtua juga harus tetap waspada dan memperhatikan adanya tanda-tanda alergi yang mungkin saja muncul. Misalnya gatal-gatal, mual, diare, dan tanda-tanda lainnya seperti pembengkakan yang terjadi pada bibir, lidah, wajah dan bahkan sesak napas. 

Bolehkah Bayi Mengonsumsi Edamame?

Bolehkah Bayi Mengonsumsi Edamame
pxhere.com

Sayangnya, walau memiliki banyak manfaat bagi tubuh, edamame tidak disarankan untuk diberikan pada bayi. Mengapa? Sebab dikhawatirkan akan sulit untuk dicerna dan dapat memunculkan timbulnya alergi dengan kandungan yang ada di dalamnya seperti halnya alergi yang disebabkan oleh golongan kacang-kacangan.

Selain itu, anak di bawah 5 tahun juga tidak disarankan untuk mengonsumsi edamame. Biji edamame yang direbus bertekstur licin dan ukurannya tergolong keci. Dikhawatirkan bayi dan anak-anak yang masih kecil bisa tersedak. 

Namun, jika Mama ingin memberikannya pada si Kecil, sebaiknya olah dan masak dahulu dengan sempurna agar zat yang mengandung anti-nutrisi, fitoestrogen, dan toksin penyebab timbulnya sakit perut, diare dan muntah dapat dinetralisir. Setelah anak melewati masa balitanya, barulah Mama dapat memberikannya dalam porsi dan pengolahan yang tepat.

Baca Juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!