Baik untuk Janin, Inilah Doa saat Usia Kehamilan Memasuki 4 Bulan

Momen istimewa saat ruh ditiupkan ke dalam janin perlu mendapatkan doa yang baik

6 November 2020

Baik Janin, Inilah Doa saat Usia Kehamilan Memasuki 4 Bulan
Freepik/zurijeta

Setelah sah menikah, yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami istri adalah kehamilan. Proses kehamilan inilah yang nantinya akan melahirkan keturunan yang menjadi penguat hubungan dalam rumah tangga, sekaligus menjadi penerus dari kedua orangtuanya.

Saat masa kehamilan, ketika seorang mama atau calon mama memasuki usia kandungan empat bulan, biasanya pihak keluarga akan mengadakan syukuran untuk menyambut sang calon buah hati.

Sebab dalam ajaran Islam, usia kandungan empat bulan merupakan saat di mana ruh telah ditiupkan ke dalam janin yang telah tumbuh di kandungan seorang mama.

Maka sangat dianjurkan semua Mama yang tengah memasuki usia kehamilan empat bulan untuk menjalin komunikasi kepada calon bayi. Mama bisa menjalin komunikasi pada janin dengan mendengarkan murotal atau membaca Al-Quran.

Sebagian muslim di Indonesia akan menggelar syukuran ketika usia kandungan seorang ibu hamil memasuki periode ini untuk mendoakan si janin agar selalu mendapat kebaikan dari Sang Pencipta, serta menjaga ibu hamil dari segala marabahaya.

Berikut Popmama.com telah merangkum doa saat usia kehamilan empat bulan yang bisa Mama lantunkan untuk janin di dalam kandungan:

Editors' Picks

1. Doa dan maksud tujuan dari syukuran 4 bulanan

1. Doa maksud tujuan dari syukuran 4 bulanan
Freepik/rawpixel

Sebagaian besar muslim di Indonesia masih kental sekali dengan kebiasaan melakukan syukuran empat bulanan. Sebab dalam ajaran Islam, periode ini merupakan ungkapan syukur pihak keluarga kepada Sang Pencipta karena telah meniupkan ruh kepada janin.

Adapun tujuan diadakannya syukuran empat bulanan adalah, selain sebagai rasa syukur atas amanah besar dan berharga yang diberikan Allah kepada pasangan suami istri, juga sebagai pendidikan sebelum lahir bagi janin agar menjadi anak yang shaleh atau shalehah.

Acara empat bulanan biasanya diisi dengan bacaan ayat suci Al-Quran serta memanjatkan doa-doa untuk kebaikan sang janin. Surat yang dianjurkan untuk dibaca pada acara ini adalah Surat Luqman, karena dalam surat ini mengisahkan tentang pendidikan, aqidah, dan akhlak.

Selain surat Luqman, surat lain yang dianjurkan untuk dibaca dalam acara empat bulanan ini adalah Surat Al-Mu’minuun ayat 12-14, Surat Yusuf ayat 1-16, Surat Maryam ayat 1-15 atau keseluruhannya, dan Surat ar-Rahman ayat 1-78. Hal ini dimaksudkan agar kelak sang calon buah hati bisa mendapatkan manfaat dari isi ayat surat yang dibacakan tersebut.

2. Doa yang dianjurkan bagi ibu hamil 4 bulan

2. Doa dianjurkan bagi ibu hamil 4 bulan
Islam.nu.or.id

Sebenarnya peringatan empat bulanan sendiri hukumnya tidaklah wajib, namun boleh dikerjakan selama acara ini mengandung banyak unsur baik seperti sedekah, sholawat, dan pembacaan ayat-ayat Al-Quran.

Selain bacaan di atas yang biasa dibacakan saat acara syukuran empat bulanan, doa satu ini juga sangat dianjurkan bagi ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan empat bulan. 

Yang mana doa tersebut mengandung arti sebagai berikut:

“Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk, dengan menyebut asma Allah yang Maha Pengasih lagi Maha penyayang. Dari Allah, kepada Allah, tidak ada yang menang kecuali Allah, tiada yang bisa berlari dari Allah, Dia Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri.

Kami memohon perlindungan bagi janin yang berumur empat bulan ini pada Allah Yang Maha Lembut, Yang Maha Menjaga, tiada tuhan selain Dia Yang Maha Mengetahui hal-hal gaib dan terlihat. Dia Maha Pengasih lagi Penyayang.

Kami memohon perlindungan bagi janin ini pada kalimat-kalimat Allah yang sempurna, asma-asma-Nya yang agung, ayat-ayat-Nya yang mulia, huruf-huruf-Nya yang diberkati dari kejelekan manusia dan jin, dari godaan malam, siang, dan waktu, dan dari segala fitnah, bala dan maksiat, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang meniup buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki saat mereka mendengki.

Ya Allah jadikanlah dia (janin) ini sebagai anak yang saleh, mulia, sempurna, berakal, alim, bermanfaat, terberkati, dan bijaksana. Ya Allah, hiasi dia dengan hiasan akhlak yang mulia dan rupa dan indah, memiliki wibawa dan tingkah yang manis, dan ruh yang suci lagi agung.

Ya Allah, tulis takdirnya sebagai bagian dari para ulama yang saleh, penghafal dan pengamal Al-Qur’an yang bisa mendekatkannya pada surga beserta para Nabi, wahai Dzat paling mulia diantara mereka yang mulia dan Dzat Pemberi rizqi Terbaik.

Ya Allah berikan rizqi pada dia dan ibunya untuk taat yang diterima, untuk mengingat Engkau, bersyukur pada-Mu, dan beribadah yang baik pada-Mu. Jaga dia dari keguguran, kekurangan, cacat, malas, dan bentuk yang tercela hingga ibunya melahirkannya dalam kondisi sehat wal afiat, secara mudah, gampang, tanpa sakit, susah, dan penat. Dengan syafaat Nabi Muhammad SAW.”

3. Doa yang dibaca rutin setelah sholat fardhu

3. Doa dibaca rutin setelah sholat fardhu
Media.ihram.asia

Semua doa dan dzikir sebenarnya baik dibacakan oleh ibu hamil. Namun, doa satu ini sangat dianjurkan oleh ibu hamil yang tengah memasuki usia kandungan 4 bulan. Doa ini bisa Mama bacakan secara rutin setelah sholat fardhu ya, Ma.

Yang mana doa ini memiliki arti sebagai berikut:

"Ya Allah, peliharalah dia selama berada dalam kandungan ibunya. Sehatkanlah dia, karena sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang bisa menyehatkan. Tiada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit sedikitpun.

Ya Allah, Bentuklah dia di dalam perut ibunya dalam bentuk yang bagus dan tetapkanlah hatinya dalam keimanan kepada-Mu dan Rasul-Mu.

Ya Allah, keluarkanlah dia dari perut ibunya pada saat kelahirannya dengan mudah dalam keadaan selamat dan dengan bentuk yang indah dan sempurna.

Ya Allah, Jadikanlah dia anak yang sehat dan sempurna, berakal yang cerdas, yang alim, dan mau mengamalkan ilmunya.

Ya Allah, panjangkanlah umurnya, sehatkanlah tubuhnya, baguskanlah akhlaqnya, fasihkanlah dan merdukanlah suaranya untuk membaca Alquran dan Alhadist dengan berkah NabiMuhammad SAW. Dan segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam.”

Itulah bacaan doa-doa saat usia kehamilan empat bulan yang baik dilantunkan. Mama sebaiknya membacanya setiap hari. Hal ini agar amalan tersebut bisa menjadikan si Kecil anak yang shaleh atau shalehah, serta lahir dalam keadaan sehat tanpa suatu kurang apapun.

Semoga bermanfaat dan semoga janin yang mama kandung lahir dengan selamat dan sehat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.