Kehamilan Minggu ke-27

Seperti ini yang terjadi pada kehamilan Mama minggu ini

20 Februari 2018

Kehamilan Minggu ke-27
Freepik/yanalya

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-27

Beratnya sekarang bisa mencapai 1 kilogram, dengan ukuran sekitar 36 cm dari kepala hingga ke bawah. Paru-parunya terus berkembang dan lemaknya terus menebal untuk membuatnya tetap hangat setelah dia lahir.

Perkembangan janin pada kehamilan minggu ke-27 menunjukkan dirinya juga bersiap untuk hidup di luar rahim. Sekarang ia bisa mengisap jempol dengan lebih lancar. Mengisap jempil bisa membantu memperkuat pipi dan rahangnya.

Bagaimana Kehamilan Minggu ke-27 Mengubah Kehidupan Mama?

Akhir-akhir ini, kamu mungkin merasa rahim mengencangkan selama kurang lebih sekitar dua menit. Sensasi rahim yang mengencang ini seharusnya tidak membuat kamu kesakitan, tapi bisa menimbulkan ketidaknyamanan.

Ini disebut kontraksi Braxton Hicks, banyak ibu hamil menduga ada yang salah dalam rahim ketika mengalami ini. Sisi baiknya, dapat memberi tahu kepada mama gambaran kontraksi sebenarnya meskipun dalam persalinan nanti kontraksi terasa jauh lebih kuat.

Braxton Hicks juga berfungsi untuk mempersiapkan rahim untuk melahirkan.

Braxton Hicks adalah kondisi dimana mama merasakan kontraksi rahim sporadis yang umumnya terjadi pada trimester kedua akhir atau ketiga, meskipun pada umumnya tidak semua ibu hamil mengalami kontraksi palsu.

Sebagian ibu hamil mengalami kontraksi palsu pada kehamilan trimester akhir. Lebih umumnya lagi Braxton Hicks sering disebut kontraksi palsu.

Lakukan dan Larangan

Kadar hormon yang berfluktuasi, mungkin kembali membuat kamu merasakan mood swing pada kehamilan minggu ke-27. Sebentar merasa senang, sebanter lagi merasa sedihdan semua terjadi pada waktu tertentu.

Penyebab mood swing juga sama seperti awal trimester pertama, karena kadar hormon yang bertambah. Tubuh kamu berubah dan ini ada di luar kendali kamu, dan begitulah keadaan ibu hamil.

Jika kamu kembali mengalami mood swing, kadang kamu tidak menyadarinya. Ini cukup membingungkan ibu mertua jika kamu tinggal di rumah yang sama. Ingat-ingat kembali bagaimana keadaan kamu seminggu terakhir, jika benar mood kamu mudah berubah sebaiknya segera bicarakan dengan keluarga di rumah.

Editors' Picks

Ini yang Perlu Dilakukan Pada Kehamilan Minggu ke-27

Jika saat ini kamu masih aktif bekerja, belilah bantal kecil sebagai tumpuan kaki. Saat duduk berjam-jam, kamu akan mengalami pinggang terasa panas dan panggul cepat pegal. Tumpuan kaki membantu kaki merasa tetap nyaman dan bisa mengurangi pegal di punggung dan panggul.

Selain itu, jangan lama-lama menggantungkan kaki saat kamu duduk di bangku kerja. Ini bisa menyebabkan pergelangan kaki dan kaki kamu lebih cepat bengkak.

Jika kamu suka berolahraga, maka stamina kamu akan lebih kuat. Keadaan kamu sangat siap untuk menghadapi persalinan nanti. Tapi olahraga yang terlalu berat bisa berbahaya bagi ibu hamil dengan komplikasi kehamilan tertentu.

Tanyakan saran dokter kandungan tentang olahraga yang sesuai dengan kesehatan kamu terutama jika kamu mengalami preklampsia (tekanan darah tinggi yang diinduksi kehamilan). Pre-eklampsia ini berisiko melahirkan prematur, memiliki serviks yang tidak kompeten, atau bisa juga mengakibatkan pendarahan vagina.

Jika Bukan Anak Pertama

Jika anak-anak mama akan berbagi kamar, tanyakan pada anak sulung kamu bagaimana agar ia tetap menyukai kamar tidurnya. Sisihkan area khusus hanya untuk si kakak dan yakinkan dia bahwa dia tidak perlu berbagi semua yang dia miliki dengan adiknya karena ia tetap boleh memiliki privasi.

Letakkan permadani bermotif menarik yang dipilih Si Kakak, dan beri hiasan dengan warna kesukaannya sebagai aksen.

Kehamilan Kembar

Perkembangan kehamilan pada minggu ke-20 dengan anak kembar berisiko melahirkan awal lebih tinggi, dan minggu depan adalah saatnya memasuki waktu yang cukup rentan.

Konsultasikan ke dokter kandungan kamu mengenaik kesehatan kamu saat ini, minta penilaian tentang risiko persalinan prematur dan mintalah penjelasan pencegahannya jika diperlukan. Jika dokter mengatakan kehamilan berkembang dengan baik, berarti mama dalam keadaan yang aman.

Topic: