5 Manfaat Konsumsi Ketan Hitam untuk Ibu Hamil

Selama dikonsumsi secukupnya, ada 5 manfaat konsumsi ketan hitam saat hamil

23 Mei 2019

5 Manfaat Konsumsi Ketan Hitam Ibu Hamil
Pixabay/Jankuss

Saat hamil, banyak mitos dan larangan yang beredar di kalangan masyarakat dan diyakini kebenarannya. Salah satu mitos dan larangan kehamilan yang banyak dipercaya masyarakat adalah larangan untuk mengonsumsi ketan hitam karena dianggap dapat membahayakan kesehatan Mama dan janin dalam kandungan.

Lalu benarkah demikian? Rupanya konsumsi ketan hitam saat hamil sebenarnya aman-aman saja Ma. Hanya saja, Mama dilarang mengonsumsi secara berlebih atau membatasi konsumsi ketan hitam dengan bijak agar manfaat dari ketan hitam dapat diperoleh.

Sebab, dibalik warnanya yang hitam, ketan hitam juga mengandung berbagai macam nutrisi penting yang diperlukan perempuan hamil.

Dilansir dari Organic Facts dan beberapa sumber lainnya, berikut beberapa manfaat ketan hitam untuk perempuan hamil.

1. Meningkatkan imunitas tubuh

1. Meningkatkan imunitas tubuh
Freepik/Yanalya

Tak hanya pada perempuan hamil, konsumsi ketan hitam secukupnya dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini mungkin dapat terjadi karena ketan hitam tinggi akan kandungan vitamin E.

Nah, jika imunitas tubuh Mama baik, maka risiko untuk terserang penyakit tentu akan berkurang sehingga kesehatan Mama akan lebih terjaga.

Adapun selain mampu meningkatkan imunitas tubuh, kandungan vitamin E yang terdapat pada ketan hitam juga bermanfaat dalam melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Menurunkan risiko terkena penyakit diabetes

2. Menurunkan risiko terkena penyakit diabetes
Freepik/Xb100

Konsumsi ketan hitam saat hamil rupanya dapat membantu menurunkan risiko terkena penyakit diabetes Ma.

Hal ini karena ketan hitam bersifat antioksidan sehingga konsumsi ketan hitam secukupnya selama kehamilan dapat membantu  mengurangi risiko terkena diabetes gestasional.

Nah, penyakit diabetes gestasional saat hamil tidak bisa disepelekan Ma, karena penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi serius jika tidak ditangani dengan tepat. Komplikasi yang mengintai diantaranya menderita hiopertensi, hingga preeklampsia yang bisa membahayakan keselamatan Mama dan janin dalam kandungan.

Editors' Picks

3. Menurunkan risiko terkena anemia selama kehamilan

3. Menurunkan risiko terkena anemia selama kehamilan
Freepik/Yanalya

Tak hanya menurunkan risiko terkena penyakit diabetes gestasional Ma, konsumsi ketan hitam secukupnya juga dapat mencegah Mama terkena anemia selama kehamilan.

Hal ini karena ketan hitam termasuk salah satu makanan yang kaya akan zat besi sehingga konsumsi ketan hitam dapat membantu penuhan kebutuhan zat besi yang dibutuhkan perempuan hamil.

Jadi, jangan terlalu khawatir saat mengonsumsinya ya Ma, karena jika tidak dikonsumsi berlebih, ketan hitam justru membawa manfaat bagi kesehatan perempuan hamil.

4. Melancarakan pencernaan

4. Melancarakan pencernaan
healthspectra.com

Sembelit menjadi salah satu gangguan kehamilan yang banyak dikeluhkan perempuan hamil. Nah, untuk mengatasi sembelit selama kehamilan, salah satu yang disarankan adalah mengonsumsi makana berserat.

Nah, tak hanya sayur dan buah saja yang Ma yang kaya serat, ketan hitam juga termasuk makanan yang kaya akan serat sehingga konsumsi ketan hitam secukupnya baik untuk kesehatan saluran cerna.

5. Menjaga kestabilan kadar kolesterol

5. Menjaga kestabilan kadar kolesterol
Freepik/Pressfoto

Untuk menjaga kestabilan kadar kolesterol, konsumsi ketan hitam secukupnya selama kehamilan cukup disarankan Ma.

Hal ini karena ketan hitam mengandung zat bernama anosianin, yaitu antioksidan yang berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh. Tak hanya kandungan antioksidannya saja,  kandungan lemak yang rendah dan serat yang tinggi pada ketan hitam juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Nah, jika kadar kolesterol Mama terkontrol dengan baik, maka risiko untuk terkena penyakit jantung tentu akan berkurang.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;