Seperti Inilah Perkembangan Janin 4 Bulan dari Minggu ke Minggu!

Pada usia 4 bulan, tendangan bayi sudah mulai terasa Ma!

28 November 2018

Seperti Inilah Perkembangan Janin 4 Bulan dari Minggu ke Minggu
Freepik

Saat memasuki usia 4 bulan kehamilan, perut Mama akan semakin terlihat membesar. Janin memang akan terus tumbuh dan “menampakkan” kehadirannya, termasuk dengan gerak-gerakan menendang perut Mama.

Pada usia ini, berbagai macam ketidaknyaman mungkin akan Mama rasakan mulai dari sulit tidur, kulit terasa kering, munculnya stretch mark, perut mulas, sakit pungggung, kram kaki, hingga mimisan bisa saja terjadi

Namun dibalik ketidaknyamanan tersebut, Mama akan merasa bahagia begitu mengetahui apa saja perkembangan yang dialami janin dalam kandungan.

Penasaran apa saja yang terjadi pada janinn selama kehamilan 4 bulan? Dilansir dari laman Thebump dan babycenter, berikut diataranya:

1. Usia 18 minggu

1. Usia 18 minggu
Freepik/Pressfoto

Pada usia 18 minggu, pertumbuhan janin dalam kandungan sudah semakin cepat sehingga Mama akan mudah untuk lapar. Pada usia ini, janin sudah memiliki berat sekitar 190- 200 gram dengan panjang 142 cm.

Pada usia ini pula, janin sudah mulai bergerak aktif untuk melatih otot-otot tubuhnya. Mama bahkan sudah mulai bisa merasakan gerakan-gerakan janin dalam kandungan saat sedang mengelus perut. Sebab di usia ini, bayi sudah bisa berguling, meninju, menendang, bahkan menguap. Pada usia ini , jenis kelamin bayi sudah bisa terlihat lho Ma!

2. Usia 19 minggu

2. Usia 19 minggu
Freepik/Oleg Baliuk

Di usia kehamilan 19 minggu, janin sudah sebesar buah mangga Ma. Berat bayi sudah mencapai 240 gram dengan panjang 15,3 cm. Pada usia ini, saraf penciuman, pendengar, dan penglihatan janin sudah mulai terbentuk pada otak Ma.

Pada usia ini, rambut-rambut halus sudah mulai tumbuh dan terbentuk. Ginjal janin juga sudah mulai dapat berfungsi secara semestinya dalam memproduksi urin.  Lapisan pelindung berlillin yang disebut vernix caseosa juga sudah mulai terbentuk pada kulit bayi untuk melindungi kulitnya dari cairan ketuban.

Editors' Picks

3. Usia 20 minggu

3. Usia 20 minggu
Freepik

Perkembangan janin pada usia 4 bulan, tepatnya usia 20 minggu adalah janin sudah sebesar buah pisang. Janin sudah memiliki berat 290 gram dan panjang 16,5 cm. Pada usia ini janin sudah tumbuh semakin besar sehingga tekanan pada perut, paru, hingga kandung kemih akan Mama rasakan.  

4. Usia 21 minggu

4. Usia 21 minggu
Freepik/Pressfoto

Pada usia 21 minggu, panjang bayi kemungkinan sudah seukuran wortel Ma. bayi memiliki panjang sekitar 26,7 cm dengan berat  sekitar 360 gram.

Saat usia ini pula, alis dan kelopak mata bayi mulai terbentuk. Jika janin berjenis kelamin perempuan, vaginanya juga akan mulai terbentuk. Gerakan bayi pada usia in juga akan semakin terasa. Mama akan mudah merasakan gerakan bayi terutama saat kakinya sedang menendang.  

Itulah tahap perkembangan janin 4 bulan dari minggu ke minggu Ma. Mama disarankan untuk rutin memeriksakan kesehatan janin dalam kandungan secara rutin agar perkembangan dan kesehatannya tetap terpantau dengan baik.

Untuk mempermudah Mama mempersiapkan kelahiran bayi, tetaplah jalani pola hidup sehat dan berolahraga secara rutin ya Ma!

Baca juga: Menjadi Masa Penting, Ini Perkembangan Janin pada Trimester Pertama

Baca juga: 7 Rekomendasi Instrumen Kenny G untuk Perkembangan Janin

Baca juga: Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 9 Bulan

Topic: