7 Rekomendasi Instrumen Kenny G untuk Perkembangan Janin

Salah satu manfaatnya untuk membantu si Kecil tenang di dalam perut lho!

10 November 2018

7 Rekomendasi Instrumen Kenny G Perkembangan Janin
Dok. Popmama.com/Sarrah Ulfah

Pada trimester dua kehamilan, janin dalam kandungan sudah mampu mendengar sepenuhnya. Suara utama yang dapat didengarnya adalah detak jantung, pernapasan, pompa darah, dan suara pencernaan Mama.

Janin juga sudah mampu mendengar suara-suara yang tertahan dari luar tubuh ibu hamil. Sebuah studi menemukan bahwa memperdengarkan musik yang sama dengan musik yang dimainkan saat bayi dalam kandungan dapat menenangkan bayi setelah lahir. 

Bayi dapat berhenti menangis, membuka mata mereka, dan membuat gerakan, sehingga terlihat seolah-olah bayi dapat mengaitkan pengalaman mereka saat di dalam rahim. Tak hanya itu, ada banyak manfaat lain dari musik untuk perkembangan otak janin.

Berikut Popmama.com bagikan untuk Mama:

  • Mengembangkan kemampuan belajar dan berperilaku

Dilansir dari Expectant Mothers Guide, Wilfried Gruhn, Profesor Emeritus dari Music Education University of Music di Freiburg, Jerman mengatakan bahwa musik merangsang pertumbuhan struktur otak dan menghubungkan banyak aktivasi daerah otak. 

  • Membantu bayi tidur

Studi menunjukkan bahwa bayi dapat mengingat dan mengenali musik yang biasa mereka dengar saat di rahim, untuk setidaknya satu tahun setelah kelahiran. 

Memperdengarkan musik yang sama yang dimainkan saat dalam kandungan dapat membantu menenangkan bayi, bayi lebih cepat tertidur, dan tidur lebih lama daripada bayi yang tidak mendengar musik.

  • Meningkatkan refleks bayi baru lahir

Mendengarkan musik saat hamil membuat bayi dalam rahim dapat mendengarkan getaran yang dihasilkan oleh musik dan bayi dapat bereaksi terhadap musik. 

Bayi mungkin mencoba untuk bergerak sesuai denyut getaran musik. Hal ini dapat meningkatkan refleks bayi dan gerakan bayi secara keseluruhan.

  • Meningkatkan kemampuan indra pendengaran bayi

Ketika Mama mendengarkan musik melalui headphone, hal ini ternyata dapat meningkatkan konsentrasi, indra pendengaran, dan keterampilan bayi dalam rahim. 

Mungkin bayi tidak memahami musik pada saat ini, tetapi getaran dan gelombang musik yang mencapai bayi dapat membuat bayi lebih berkonsentrasi pada suara dan hal ini baik untuk merangsang mental bayi.

Dari sekian banyak musik yang ada di dunia, jenis musik terbaik untuk diperdengarkan pada janin adalah musik klasik dan jazz

Salah satu rekomendasinya adalah instrumen dari Kenny G. Pemain saksofon asal Amerika ini ternyata baru-baru ini menggelar konsernya di Kota Kasablanka, Jakarta bersama CK Star Entertainment. Ada 15 instrumen musik yang ia bawakan bersama timnya, salah satunya adalah Forever in Love dan The Moment.

Mengetahui hal tersebut, berikut Popmama.com telah merangkum 7 rekomendasi instrumen Kenny G yang cocok untuk didengarkan oleh Mama dan janin.

1. Forever in Love

1. Forever in Love
Dok. Popmama.com/Sarrah Ulfah

Instrumen pertama yang menjadi refernsi adalah Forever in Love. Instrumen Kenny G yang satu ini memang menjadi instrumen yang paling banyak di dengarkan oleh setiap orang, tak terkecuali ibu hamil.

Tak hanya indah didengarkan sebagai teman sebelum tidur, instrumen yang satu ini juga ternyata cocok untuk diperdengarkan pada janin mama. Syahdu dan pastinya dapat menenangkan tendangan si Kecil.

2. The Moment

2. The Moment
Dok. Popmama.com/Sarrah Ulfah

Instrumen yang kedua adalah The Moment. Tak kalah populer dengan Forever in Love, instrumen yang satu ini juga cocok diperdengarkan untuk janin mama.

Sebenarnya tak hanya baik untuk janin, instrumen yang menenangkan juga dapat membuat Mama lebih rileks. Lembutnya alunan saksofon yang mengalir pasti akan membuat Mama dan janin lebih tentram.

3. Silhouette

3. Silhouette
Dok. Popmama.com/Sarrah Ulfah

Pilihan instrumen selanjutnya adalah Silhouette. Bukan hanya keuntungan fisik yang didapat dan diperoleh dari mendengarkan musik instrumental atau melankolis. 

Dalam hasil riset lain juga menunjukkan bahwa musik ini memberikan dampak positif terhadap pikiran bawah sadar manusia, apalagi bagi ibu hamil dan janin.

Maka dari itu, coba deh Mama mulai mendengarkan musik instrumental seperti Sillhouete dari Kenny G yang ringan dan penuh inspirasi.

Editors' Picks

4. My Heart Will Go On

4. My Heart Will Go On
Dok. Popmama.com/Sarrah Ulfah

Selain mampu meningkatkan kemampuan motorik janin, lagu romantik masa lampau yakni instrumen My Heart Will Go On dari Kenny G juga bisa mengubah emosional diri Mama. 

Sebuah studi menyatakan bahwa dengan mendengarkan lagu ini pada waktu malam dipercaya dapat meningkatkan stimulasi otak, meningkatkan keahlian daya nalar abstrak dan pengembangan kognitif.

5. Going Home

5. Going Home
Dok. Popmama.com/Sarrah Ulfah

Mengalun lembut dan menenangkan. Yup, instrumen Going Home cocok sekali untuk dijadikan referensi lagu untuk ibu hamil dan janin.

Di musim penghujan seperti ini, mendengarkan musi instrumen dari Kenny G sangat cocok sekali lho Ma, apalagi ditemani dengan teh hangat atau coklat panas.

6. Waiting for You

6. Waiting for You
Dok. Popmama.com/Sarrah Ulfah

Banyak riset yang dilakukan dan menghasilkan kesimpulan bahwa musik instrumental berpengaruh positif terhadap kesehatan dan kebugaran seseorang, khususnya bagi ibu hamil dan jani.

Nah, bila Mama ingin menenangkan diri menjelang malam, maka instrumen inilah yang Mama perlukan!

7. You Raise Me Up

7. You Raise Me Up
Dok. Popmama.com/Sarrah Ulfah

Alunan instrumen musik You Raise Me Up dipercaya dapat mengobati insomnia pada ibu hamil. Instrumen dari Kenny G yang satu ini sangat cepat membantu melarutkan

Mama dari kegelisahan hari. Kemudian, tidurlah dengan nyenyak hingga esok pagi kembali bergairah. Tak hanya dapat menenangkan Mama, instrumen ini juga dapat berpengaruh pada si Kecil lho!

Nah, itulah ketujuh rekomendasi instrumen Kenny G yang dapat Mama perdengarkan pada janin ataupun pada Mama sendiri.

Yuk mulai download lagu-lagunya!

Topic: