6 Tips Memiliki Skincare Untuk Ibu Hamil

Selama kehamilan, Mama harus teliti dalam memilih produk skincare yang digunakan!

16 November 2018

6 Tips Memiliki Skincare Ibu Hamil
rd.com

Saat hamil beberapa permasalahan kulit seperti munculnya jerawat, pigmentasi kulit hingga munculnya garis halus seperti stretch mark mungkin akan terjadi. 

Mama yang mengalaminya mungkin bisa merasa kurang percaya diri. Biasanya ini menjadi alasan sehingga kamu melakukan berbagai macam cara untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut.

Berbagai macam skincare yang dijual di pasaran mungkin bisa menjadi solusi, namun Mama tidak boleh menggunakan sembarang skincare selama masa kehamilan.  Sebab tidak semua produk skincare aman untuk digunakan perempuan hamil.

Nah, agar kamu tidak salah pilih, berikut Popmama.com bagikan tips memilih skincare untuk ibu hamil:

1. Tabir surya

1. Tabir surya
Freepik/ Rawpixel.com

Saat hamil, Mama harus memilih tabir surya lebih cermat. Sebab tidak semua tabir surya aman untuk perempuan hamil.

Joanne Hasman, bidan bersertifikat yang juga juru bicara American College of Nurse-Midwives, menyarankan Mama untuk menggunakan tabir surya yang mengandung titanium dioxide dan zinc oxide, karena mineral ini cukup lembut dan banyak digunakan pada produk alami.

Produk tabir surya yang mengandung PABA atau para aminobenzoic acid sebaiknya dihindarkan karena kemungkinan menyebabkan reaksi alergi bisa saja terjadi.

Selain itu, jangan gunakan SPF lebih dari 30 ya Ma, karena SPF yang terlalu besar bisa menyebabkan masalah pada kulit.

2. Produk yang sesuai dengan kadar hormon

2.  Produk sesuai kadar hormon
Freepik/Bearfotos

Pada masa kehamilan, para calon Mama akan mengalami peningkatan sirkulasi darah dan sistem imun khususnya pada kulit. 

Nah karena itu, penting untuk mencari produk skincare yang sesuai dengan kadar hormon untuk meminimalisir terjadinya kulit sensitif yang mudah menjadi infeksi.

3. Hindari skincare yang mengandung golongan derivat

3. Hindari skincare mengandung golongan derivat
Freepik/Onlyyouqj

Golongan derivat yang terkandung pada beberapa kosmetik dan juga skincare ternyata dapat menyebabkan kecacatan pada bayi lho Ma!

Maka itu, dalam pemilihan produk skincare, Mama perlu menghindari bahan skincare yang tergolong derivat seperti vitamin A, tretinoin, isotretinoin dan retinol.

Editors' Picks

4. Tidak mengandung alkohol

4. Tidak mengandung alkohol
glamour.com

Ada banyak skincare atau produk perawatan kulit yang mengandung alkohol. Namun, untuk perempuan hamil, sebaiknya hindari produk-produk yang mengandung alkohol baik pada kosmetik atau skincare.

Kandungan alkohol pada skincare dapat membuat kulit Mama menjadi cepat kering. Jika kulit Mama cepat kering, iritasi dan kemerahan pada kulit bisa saja dialami

5. Pilih yang mengandung vitamin E

5. Pilih mengandung vitamin E
Freepik

Bukan rahasia umum lagi j jika kandungan vitamin E pada kosmetik atau skincare sangat baik untuk kesehatan kulit. Alasannya, kandungan vitamin E memiliki efek mencerahkan serta mampu memperbaiki sel kulit mati yang rusak.

Mama yang sedang hamil tetap dapat menggunakan skincare atau kosmetik yang mengandung vitamin E karena terbilang aman untuk digunakan perempuan hamil. Namun jika masih merasa was-was, tanyakan kepada dokter terkait keamanannya.

6. Hindari penggunaan pemutih wajah

6. Hindari penggunaan pemutih wajah
Freepik/Josep M Suria

Meski wajah terlihat kusam saat hamil, Mama disarankan untuk menghindari produk- produk pemutih wajah atau produk skincare yang memberikan efek mencerahkan.

Alasannya, kebanyakan dari produk pemutih wajah mengandung zat-zat berbahaya seperti merkuri, hydroquionon dan asam salisilat. Kandungan zat-zat tersebut bisa membahayakan janin dalam kandungan lho, Ma.

Baca juga: Amankah Ibu Menyusui Pakai Cream Pemutih?

Baca juga: Tips Memilih Skincare yang Tepat untuk Kulit Wajah Mama