Tips Memilih Skincare yang Tepat untuk Kulit Wajah Mama

Asal pilih produk skincare beresiko menimbulkan masalah pada kulit wajah lho, Ma

5 November 2018

Tips Memilih Skincare Tepat Kulit Wajah Mama
Pixabay/Suzii13

Mama pasti setuju dengan ungkapan ‘Skin first, makeup second’.  Ya, kesehatan kulit wajah menjadi prioritas utama yang perlu dijaga oleh setiap perempuan.

Pasalnya, makeup hanya mampu meratakan warna kulit, bukan menghilangkan tekstur pada wajah. Itulah sebabnya sangat penting untuk merawat kesehatan kulit agar tampilan wajah tampak sehat dan flawless, salah satu caranya yakni menggunakan skincare.

Sayangnya, banyaknya produk skincare yang beredar di pasaran terkadang membuat kita bingung.

Sedangkan sembarangan memilih produk perawatan kulit berisiko menimbulkan masalah kulit seperti jerawat atau pori-pori yang semakin besar.

Lalu bagaimana cara yang tepat memilih skincare? Yuk, intip tipsnya berikut ini.

1. Sesuaikan dengan jenis kulit

1.	Sesuaikan jenis kulit
Pixabay/Nastya_Gepp

Hal pertama yang perlu Mama lakukan adalah mengetahui jenis kulit wajah terlebih dulu. Apakah kulit wajah mama termasuk dalam golongan kulit normal, kering, berminyak atau malah tipe kulit sensitif.

Untuk tipe kulit wajah kering sebaiknya pilih produk yang mengandung bahan yang dapat menghidrasi kulit.

Sementara untuk tipe kulit berminyak atau sensitif, sebaiknya pilih produk yang berbahan dasar air (water based) dengan tekstur gel atau lotion sehingga lebih cepat meresap ke kulit sekaligus membantu penyerapan minyak pada wajah. 

2. Sesuaikan dengan masalah kulit

2.	Sesuaikan masalah kulit
Pixabay/Silviarita

Pahami kondisi kulit wajah Mama sebelum memutuskan membeli produk perawatan kulit. Kemudian pilih produk skincare yang memang cocok untuk mengatasi masalah kulit wajah.

Misalnya, untuk masalah kulit berminyak dan berjerawat, sebaiknya pilih skincare yang mengandung bahan tea tree oil, mint dan lemon yang mampu membersihkan pori-pori serta mengontrol produksi minyak yang seringkali menyebabkan munculnya jerawat.

Sedangkan pada masalah kulit kering, pilih skincare yang mengandung bahan aloe vera atau green tea yang terbukti mampu melembabkan kulit sekaligus mencerahkan wajah.

Editors' Picks

3. Sesuaikan dengan bujet

3.	Sesuaikan bujet
Pixabay/Huyenxu94

Beda halnya dengan produk makeup, produk skincare biasanya digunakan secara rutin dan dalam jangka waktu yang lama.

Ketika Mama menemukan skincare yang cocok dengan kulit, kemungkinan Mama akan enggan berpaling pada produk lain sehingga akhirnya terus menerus membeli produk tersebut.

Nah, itulah sebabnya sangat penting untuk menetapkan anggaran belanja skincare yang akan Mama keluarkan.

Pilih skincare yang sesuai dengan bujet. Jangan memaksakan membeli produk yang mahal hanya untuk sekali pakai.

Sebab, gonta-ganti produk dapat menyebabkan masalah pada kulit wajah kamu.

4. Coba share in jar

4.	Coba share in jar
Pixabay/Saponifer

Pada proses menemukan skincare yang tepat untuk kulit wajah, ada kalanya Mama menemui ketidakcocokkan pada suatu produk.

Nah, daripada Mama sudah terlanjur membeli produk full size tapi tidak cocok, lebih baik mencoba dalam ukuran mini atau share in jar.

Membeli produk share in jar berarti Mama hanya mendapatkan produk sepersekian gram dari satu produk skincare berukuran penuh (full size).

Biasanya, produk skincare akan dimasukkan ke dalam botol atau wadah yang sudah disteril terlebih dulu kemudian ditimbang sesuai jumlah yang Mama inginkan.

Cara ini lebih efektif jika Mama masih dalam proses mencari skincare yang cocok untuk kulit wajah.

Sebab, Mama tak perlu merogoh kocek mahal untuk membeli satu produk berukuran penuh dan pada akhirnya menyesal karena ternyata produk tersebut tidak cocok di kulit.

5. Bijak menanggapi review orang lain

5.	Bijak menanggapi review orang lain
Pixabay/Tranhahai37

Cari tau tentang produk skincare yang Mama inginkan melalui review yang diberikan oleh orang melalui blog, youtube atau akun sosial media.

Biasanya, para beauty gurus banyak mengulas suatu produk skincare secara detil. Hal ini tentu saja memudahkan Mama untuk menentukan produk mana yang sekiranya cocok untuk kulit.

Namun, pertimbangkan dengan matang sebelum Mama membeli produk tersebut. Jangan pernah membeli produk skincare lantaran sedang booming (best seller) atau harganya sedang diskon.

Pilih produk yang benar-benar sesuai dengan tipe kulit dan mampu mengatasi masalah kulit wajah agar hasilnya pun lebih maksimal.

Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kerusakan Pada Kulit Wajah