Apa Saja Outfit yang Dipakai Ibu Hamil saat Persalinan?

Outfit seperti apa yang harus dipakai ibu hamil menjelang, saat, dan selesai persalinan?

9 Mei 2022

Apa Saja Outfit Dipakai Ibu Hamil saat Persalinan
Freepik/lookstudio

Apakah kamu calon mama yang sedang menanti waktu persalinan? Jika iya, sudahkah kamu mengetahui apa saja outfit yang dipakai ibu hamil saat persalinan?

Persalinan memang waktu mendebarkan yang ditunggu-tunggu setiap ibu hamil. Karenanya, ibu hamil perlu mempersiapkan outfit yang tepat untuk persalinan.

Pakaian yang dikenakan pun tidak perlu baru dan bermerek, tetapi harus nyaman dan disesuaikan dengan jenis persalinan yang dipilih, entah itu di kamar bersalin atau di dalam air.

Nah, kali ini Popmama.com akan membahas apa saja outfit yang dipakai ibu hamil saat persalinan, bahkan sebelum dan sesudahnya. Yuk, kita simak bersama!

Editors' Picks

Outfit sebelum Persalinan

Outfit sebelum Persalinan
Freepik/freepik

Kecuali ketuban pecah dan merasakan kontraksi yang luar biasa saat di luar rumah, ibu hamil sebaiknya memperhatikan apa yang ia kenakan saat akan ke rumah sakit atau tempat bersalin.

Pastikan apa yang akan dikenakan nyaman dan tidak membuat ibu hamil merasa kepanasan atau kedinginan selama perjalanan. Jika bingung menentukannya, ibu hamil boleh lho memilih baju tidur favoritnya.

Jika ingin melahirkan di rumah bersalin, jangan lupa untuk memakai pakaian dengan kancing depan agar memudahkan berganti pakaian saat sudah dipasang infus, ya. Sebab, tidak semua tempat bersalin menyediakan baju pasien seperti halnya di rumah sakit.

Outfit saat Persalinan

Outfit saat Persalinan
Freepik/DCStudio

Jika bersalin di rumah sakit, ibu hamil biasanya akan diminta untuk mengenakan gown rumah sakit yang biasa dipakai untuk pasien yang dioperasi. Meski terlihat sangat terbuka, namun pakaian tersebut akan memudahkan ibu hamil selama proses persalinan.

Nah, jika bersalin di bidan atau rumah bersalin yang tidak memberikan pakaian khusus, maka ibu hamil akan mengenakan pakaiannya sendiri. Jika demikian, maka gunakanlah pakaian yang simpel dan nyaman, seperti gaun pendek dengan bukaan depan untuk mempermudah proses IMD.

Namun apabila ibu hamil memilih proses melahirkan di air, maka kenakanlah bikini atau bra yang nyaman. Pastikan juga outfit yang akan dikenakan saat persalinan sudah masuk ke tas jauh-jauh hari sebelum HPL agar tidak ketinggalan, ya.

Outfit setelah Persalinan

Outfit setelah Persalinan
Freepik.com/valuavitaly

Jika harus berada di tempat bersalin satu atau dua hari setelah melahirkan, maka ibu hamil sebaiknya mempersiapkan beberapa baju yang bisa digunakan setelah persalinan.

Baju-baju yang cocok diantaranya dress atau atasan menyusui, kemeja longgar, dan cardigan atau jaket jika diperlukan. Jika ingin mengabadikan foto khusus saat di rumah sakit, ibu hamil bisa mempersiapkan baju dengan warna senada untuk keluarga kecilnya.

Nah, itu dia tadi outfit yang dipakai ibu hamil saat persalinan. Saat datang ke tempat bersalin atau rumah sakit, pilih baju yang nyaman; saat bersalin pilih baju yang tipis, memiliki kancing depan, dan bagian bawah mudah terbuka; serta kenakan pakaian dengan akses menyusui setelah melahirkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk