TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Prediksi Lahir di Bulan Maret, Putri Titian Berbagi Cerita Kehamilan

Putri Titian juga sempat ngidam mainan di kehamilan keduanya

20 Februari 2019

Prediksi Lahir Bulan Maret, Putri Titian Berbagi Cerita Kehamilan
Instagram.com/juniorliem

Theodore Iori Liem sebentar lagi akan resmi menjadi seorang kakak. Usia kehamilan Putri Titian sudah mulai mendekati waktu persalinan. 

Baru-baru ini Putri Titian sempat memanfaatkan fitur dari Instagram dengan memperbolehkan para followers untuk bertanya apapun mengenai kehamilan keduanya. Mulai dari usia kehamilan, vitamin hingga rutinitas rutin selama hamil.

Sama seperti ibu hamil lain, Putri Titian sempat bercerita saat dirinya merasa sakit pinggang. Dokter pun menyarankannya untuk tidak terlalu sering menggunakan high heels. Lalu saat tidur berusahalah untuk menggunakan bantal ekstra di beberapa bagian agar merasa lebih nyaman. 

Istri dari Junior Liem ini juga merasa terbantu usai melakukan prenatal yoga karena sakit pinggangnya menjadi lebih berkurang. Selain masalah sakit pinggang, Putri Titian juga menceritakan beberapa pengalaman di kehamilan keduanya ini. 

Penasaran apa saja? Kali ini Popmama.com sudah merangkum cerita dari Putri Titian berdasarkan InstaStory pribadinya. 

1. Usia kehamilan Putri Titian sudah 8 bulan

1. Usia kehamilan Putri Titian sudah 8 bulan
Instagram.com/putrititian

Melalui jawaban dari InstaStory pribadinya karena sedang melakukan tanya jawab, Putri Titian mengaku kalau usia kehamilannya di bulan Februari ini sudah masuk 8 bulan. Itu berarti ada kemungkinan kalau dirinya akan melahirkan di bulan Maret nanti. 

Saat usia kehamilan sudah masuk 8 bulan itu berarti kepala bayi akan semakin turun ke bawah, kondisi ini akan memicu sensasi panas pada perut bagian bawah. Tak jarang, usia kehamilan yang mendekati masa persalinan membuat tubuh terasa nyeri dan pegal-pegal. 

Jika posisi bayi semakin lama semakin turun, tekanan yang terjadi akan semakin kuat di sekitar perut bagian bawah. Saat sedang memasuki fase ini, secara tidak langsung akan memicu ketidaknyamanan saat berjalan kaki. 

Baca juga: Kehamilan Minggu ke-32

2. Sempat ngidam mainan saat kehamilan kedua

2. Sempat ngidam mainan saat kehamilan kedua
Instagram.com/putrititian

Fase ngidam seolah menjadi bumbu-bumbu seru saat menjalani masa kehamilan. Tak jarang fase ngidam menjadi pengalaman tak terlupakan. 

Apalagi kalau ngidamnya masuk ke dalam kategori unik atau aneh pasti akan selalu diingat. Namanya juga sedang hamil pasti ada saja permintaan ngidam setiap ibu hamil ya, Ma. 

Sebelumnya ngidam aneh juga pernah dialami oleh beberapa Seleb Mama seperti Ayudia Bing Slamet sempat ngidam menanam cabe, Aryani Fitriana ingin pelihara lumba-lumba, Raisa yang ngidam bermain badminton, hingga Firrina istri dari Petra Sihombing ngidam makan salju. 

Sekarang di kehamilan kedua Putri Titian, dirinya sempat ngidam mainan. Bahkan keinginannya untuk memiliki mainan tersebut harus terpenuhi sampai menggunakan jastip. 

“Setelah gue inget-inget ternyata gue itu ngidamnya mainan LOL. Jadi, waktu itu entah kena angin apa pokoknya kepingin beli LOL yang banyak. Sampai nitip jastip dari luar gara-gara di sini suka keburu sold out di toko mainan. Terus namanya juga orang ngidam ya, kalau udah kesampean ya udah aja gitu. Makanya sekarang udah nggak pernah mainan LOL lagi, gara-gara ngidamnya udah kelar,” tulis Putri Titian. 

Kira-kira Mama sempat ngidam mainan seperti Putri Titian nggak nih? 

Baca juga: 

Editors' Picks

3. Putri Titian dan Junior Liem tidak menunda memiliki anak  

3. Putri Titian Junior Liem tidak menunda memiliki anak  
Instagram.com/putrititian

Setelah memiliki anak pertama bernama Theodore Iori Liem, Putri Titian dan Junior Liem tidak menunda untuk memiliki anak lagi. Meskipun begitu, ada beberapa orang yang justru mempertanyakan jarak usia antara Iori dan adiknya terlalu dekat. 

"Kehamilan kedua, emang program apa kebablasan kak Tian?" tanya salah satu warganet yang ingin banyak tahu mengenai kehamilan kedua Putri Titian ini. 

"Nggak ada kebablasan ya, emang udah sepakat dari awal sama Yuyun untuk kita nggak nunda-nunda punya bayi. Jarak Iori dan adeknya nanti pun menurut gue normal-normal aja (mereka beda 2 tahun), tetapi banyak banget orang yang kaget pas tahu gue hamil lagi. Gue dan Yuyun udah memikirkan semuanya kok," tulis Putri Titian sebagai jawaban atas salah satu pertanyaan dari warganet. 

Setiap pasangan tentu memiliki rencana masing-masing dan paham apa yang terbaik untuk keluarganya ya, Ma. 

Baca juga: Makan Mie Dua Bungkus Saat Hamil, Putri Titian Kena Patroli Sang Mama

4. Putri Titian selalu bersyukur terhadap perubahan fisiknya selama hamil

4. Putri Titian selalu bersyukur terhadap perubahan fisik selama hamil
Instagram.com/putrititian

Perubahan secara fisik selama masa kehamilan tentu akan terjadi pada semua ibu hamil ya, Ma. 

Hanya saja, perubahan-perubahan yang terjadi oleh ibu hamil tidak bisa disamaratakan. Setiap ibu hamil akan merasakan perubahan fisik yang berbeda-beda, begitu juga dengan Putri Titian. 

Mama dari Iori ini sempat mendapatkan pertanyaan kenapa dirinya tetap tampil menawan selama hamil. 

"Yang di upload ke Instagram pasti yang cakep-cakepnya ajalah. Ku tetap seperti mamak-mamak hamil pada umumnya. Badan bengkak, stretch mark sana sini, lipatan hitam-hitam, gampang keringetan, kakinya kembang kempis. Tapi semuanya mesti disyukuri, belum tentu kita bisa hamil lagi ya nggak? Nikmatin saja menjadi princess fiona dulu selama 9 bulan. Lagian kondisi kayak gini nggak selamanya, Insyaallah nanti pasti ada waktunya kita jadi cakep lagi (AMIN YA ALLAH) hahaha," 

Setuju sama Putri Titian nggak nih? Segala perubahan fisik yang terjadi selama masa kehamilan memang harus disyukuri agar mengurangi tingkat stres dan lebih fokus terhadap kondisi si Kecil di dalam kandungan. 

Baca juga: 7 Perubahan Fisik yang Wajar Dialami oleh Ibu Hamil

5. Putri Titian tetap rutin check up dan mengonsumsi vitamin

5. Putri Titian tetap rutin check up mengonsumsi vitamin
Instagram.com/putrititian

Melakukan check up atau USG selama masa kehamilan memang sangat penting dilakukan demi melihat perkembangan serta kesehatan kandungan. 

Selama USG, dokter bisa melihat posisi janin, plasenta hingga kondisi cairan ketuban di dalam perut. Selain itu, pemeriksaan rutin bisa berguna untuk mengetahui ukuran jani. Dari hasil yang didapatkan bisa menjadi gambaran mengenai tanggal perkiraan lahir dan proses persalinan nantinya. 

Melalui ceritanya di InstaStory, Putri Titian selalu berusaha untuk kontrol kandungan sebulan sekali. Namun, saat sudah memasuki minggu ke-30 mulai rutin kontrol per-2 minggu. Lalu di minggu ke-36, Putri Titian sudah mulai kontrol seminggu sekali. 

Untuk masalah vitamin yang dikonsumsi oleh Putri Titian selama hamil, dirinya tetap menggunakan resep dari dokter. Kandungan vitamin yang dikonsumsi tentunya harus memiliki asam folat, kalsium, DHA dan kandungan lain.

Baca juga: Alasan di Balik Pentingnya Rutin Cek USG Saat Hamil

6. Cara Putri Titian mengurangi stretch mark ketika masa kehamilan

6. Cara Putri Titian mengurangi stretch mark ketika masa kehamilan
Instagram.com/putrititian

Menurut sepengetahuan gue yang nggak seberapa ini. Stretch mark itu kalau sudah muncul nggak bisa dihilangin kecuali di laser gitu. Nah, jadi lebih baik mencegah si stretch mark itu muncul. Stretch mark itu muncul salah satunya karena saat hamil naik berat badan naik secara tiba-tiba, jadi kulit akan merenggang gitu. Kalau kulit nggak elastis pasti bakalan muncul retak-retaknya. Biar kulit elastis, makanya butuh perawatan. Selain pakai cream juga harus banyak minum air putih biar kulitnya nggak kering. 

Begitulah sepenggal jawaban dari Putri Titian untuk masalah strecth mark selama masa-masa kehamilan. Perlu disadari bahwa stretch mark akan muncul di beberapa bagian saat hamil, seperti: 

  • Pinggul 
  • Payudara
  • Kaki
  • Lengan atas
  • Punggung
  • Bagian kemaluan 

Putri Titian juga menyarankan untuk tidak mempermasalahkan masalah stretch mark di beberapa bagian tubuh. Harus disyukuri apapun kondisi yang terjadi selama masa kehamilan atau pasca persalinan. 

“Syukuri aja, itu proses kalau kita terbukti jadi Mama yang kuat, rela ngelakuin apa saja buat anak. Lebih sayang anak daripada badan sendiri. Kalau masalah suami balik ke diri masing-masing, pandangannya gimana. Kalau suami protes, tinggal sodorin aja harga beauty treatments berapa,” tulis Putri Titian yang saat membahas mengenai stretch mark. 

Itulah beberapa cerita dari kehamilan kedua Putri Titian. Semoga beberapa cerita dari Putri Titian ini bisa menginspirasi ya, Ma!

Baca juga: Saat Hamil, Stretch Mark Bisa Muncul di 6 Bagian Tubuh Ini

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk