5 Kreasi Roti Bakar Gandum Topping Buah untuk Menu Sehat Ibu Hamil

Kreasi camilan sehat yang satu ini mempunyai banyak manfaat untuk ibu hamil lho, Ma!

12 Januari 2022

5 Kreasi Roti Bakar Gandum Topping Buah Menu Sehat Ibu Hamil
thefeedfeed.com

Menjaga pola makan sehat dengan teratur merupakan salah satu cara terbaik yang dapat Mama lakukan demi membuat janin di kandungan merasa senang.

Hanya saja ada kalanya, ibu hamil melewati masa dirinya kesulitan untuk mengunyah sesuatu atau kehilangan nafsu makan secara tiba-tiba.

Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena memasuki masa kehamilan terutama pada trimester ketiga, menjadi fase ibu hamil memerlukan nutrisi ekstra untuk memenuhi asupan harian yang direkomendasikan. Jika asupan harian tidak terpenuhi, bagaimana janin di dalam kandungan bisa berkembang?

Maka dari itu, roti bakar gandum hadir untuk membuat asupan tubuh Mama tetap optimal. Roti bakar gandum diketahui dapat meningkatkan fungsi otak sekaligus menjaga perkembangan otak janin terutama pada kehamilan tua.

Selain sering dijadikan sebagai sarapan, roti bakar gandum bisa dijadikan camilan sehat padat nutrisi untuk membuat Mama merasa kenyang dan berenergi.

Roti bakar selai mungkin sudah terlalu mainstream ya, Ma? Maka dari itu, kini Popmama.com telah menyiapkan beberapa kreasi roti bakar gandum dengan campuran topping buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan untuk ibu hamil.

1. Roti bakar alpukat (avocado toast)

1. Roti bakar alpukat (avocado toast)
Freepik/BalashMirzabey

Roti bakar dan alpukat merupakan perbaduan yang sempurna baik dijadikan sebagai camilan atau sarapan.

Alpukat menawarkan hampir 20 nutrisi penting yang dibutuhkan selama masa kehamilan, seperti asam folat yang mendorong pertumbuhan otak, jaringan hingga sistem saraf janin di dalam kandungan.

Bonusnya, menggunakan buah alpukat sebagai topping roti bakar akan memberikan asupan potasium. Kandungan tersebut dapat mencegah kram kaki saat hamil. Apalagi perlu diingat bahwa buah tropis ini juga terbebas dari kandungan kolesterol.

Alpukat mengandung lemak (walaupun jenis lemak baik), tetapi tetap harus menjaga asupan makan untuk tidak mengonsumsi terlalu sering camilan berkalori tinggi ini ya, Ma.

Editors' Picks

2. Roti bakar blueberry (blueberry toast)

2. Roti bakar blueberry (blueberry toast)
barbarabakes.com

Penggunaan buah beri bisa menjadi alternatif selanjutnya untuk dipadukan dengan roti bakar gandum. Blueberry kaya akan vitamin C, antioksidan, serat, kalium serta folat. Semua elemen ini terbukti baik untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin di dalam kandungan.

Mama juga bisa menambahkan yoghurt untuk menambah nutrisi serta cita rasa dalam hidangan blueberry toast. Yoghurt dikemas dengan bakteri baik, sehingga dapat membantu Mama mencegah sakit perut serta infeksi jamur yang sering terjadi pada kehamilan.

Variasi yoghurt polos lebih disarankan untuk ibu hamil daripada yang memiliki rasa. Hal ini dikarenakan bebas gula tambahan, sehingga bisa menjaga asupan kalori Mama selama hamil. 

3. Roti bakar stroberi (strawberry toast)

3. Roti bakar stroberi (strawberry toast)
Pixabay/wichai bopatay

Stroberi menjadi salah satu buah lezat dan manis yang mungkin masuk ke daftar makanan yang diidamkan oleh ibu hamil. Mama dapat menjadikan stroberi sebagai isian dari olahan roti bakar gandum yang Mama buat.

Berdasarkan UC Davis Health di California, stroberi kaya akan nutrisi untuk membantu perkembangan janin dan meningkatkan fungsi tubuh ibu hamil. Nustri ini berguna karena bisa menyerap zat besi yang diperlukan dari makanan.

Buah beri ini juga tinggi akan vitamin C serta karbohidrat, sehingga cocok untuk menambah pasokan energi dalam tubuh ibu hamil.

4. Roti bakar pisang (banana toast)

4. Roti bakar pisang (banana toast)
Pixabay/wichai bopatay

Jika Mama sedang membutuhkan referensi suguhan manis rendah gula, maka cobalah menu irisan pisang yang diolah di atas sepotong roti bakar selai kacang.

Dengan kelezatannya yang mengeyangkan, banana toast bisa dijadikan alternatif pilihan untuk dimasukkan ke daftar camilan sehat selama kehamilan.

Pisang kaya akan mineral yang memainkan peran penting dalam mengelola tekanan darah yang sehat. Penggunaan buah tropis sebagai topping roti bakar gandum ini juga dapat mengatasi kembung kehamilan yang mengganggu banyak ibu hamil.

Kandungan potasium dalam pisang inilah yang membantu tubuh Mama melepaskan mineral yang memicu kembung melalui urine.

5. Roti bakar kiwi (kiwi toast)

5. Roti bakar kiwi (kiwi toast)
jellytoastblog.com

Roti bakar gandum dengan topping buah kiwi mungkin bisa menjadi referensi camilan sehat Mama selanjutnya.

Buah asal China ini dikemas dengan berbagai vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, folat, kalium, besi, tembaga, magnesium, fosfor, dan kolin.

Bayangkan, cukup dengan mengonsumsi satu porsi kiwi toast, Mama akan mendapatkan manfaat nutrisi sebanyak itu.

Trimester ketiga adalah usia kehamilan yang rawan terkena diabetes gestasional. Maka dari itu, buah kiwi hadir untuk dijadikan camilan sehat karena kandungan pada gula pada buah ini dianggap lebih rendah dibanding buah lainnya. Hal ini tentu tidak akan membuat kadar gula darah Mama melonjak secara tiba-tiba.

Nah jadi itulah beberapa kreasi roti bakar gandum dengan topping buah beserta manfaatnya yang bisa dijadikan menu sarapan atau camilan sehat selama kehamilan. Perlu diingat bahwa semua kreasi ini bisa ditambahkan topping lain sesuai selera seperti selai kacang atau yogurt.

Pastikan sebelum mengolahnya jangan lupa untuk mencuci buah-buahannya terlebih dahulu untuk menghilangkan kontaminasi bakteri. Dan usahakan buah-buahan yang dipilih masih segar agar nutrisi yang didapatkan optimal.

Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.