8 Manfaat Buah Rasberi untuk Kesehatan Ibu Hamil, Bergizi

Mulai dari meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil dan membantu kesehatan jelang persalinan

10 Januari 2022

8 Manfaat Buah Rasberi Kesehatan Ibu Hamil, Bergizi
Pixabay/Daria-Yakovleva

Masa kehamilan mungkin akan menggoda Mama untuk mengonsumsi buah yang memiliki rasa lezat serta manis, seperti rasberi.

Rasberi adalah buah yang tersedia dengan beberapa warna dan memiliki dua varietas berbeda, yaitu boysenberry dan loganberry. Biasanya buah ini banyak digunakan untuk meningkatkan rasa kue dan hidangan penutup. Mama juga bisa mengolah buah beri ini sebagai jeli atau selai untuk roti sarapan sehat.

Dari sini mungkin Mama akan mempertanyakan, bolehkan ibu hamil mengonsumi rasberi? Jawabannya adalah boleh. Mengonsumsi rasberi merupakan kebiasaan sehat karena rasberi penuh dengan nutrisi yang membantu Mama menikmati kehamilan yang ideal.

Namun, pastikan bahwa rasberi yang Mama makan sudah dicuci bersih secara menyeluruh. Jika buah yang tidak dicuci bersih dapat mengandung parasit atau bakteri berbahaya, sehingga Mama rentan terkena penyakit bawaan makanan, seperti listeriosis dan toksoplasmosis.

Selain lezat, rasberi juga menawarkan beberapa manfaat kesehatan untuk kehamilan Mama lho. Dikutip dari laman Mom Junction, berikut Popmama.com telah merangkum informasi terkait manfaat kesehatan rasberi untuk ibu hamil.

1. Meningkatkan kesehatan dan membantu proses persalinan

1. Meningkatkan kesehatan membantu proses persalinan
Pixabay/Ulrike Leone

Buah rasberi sangat berguna bagi ibu hamil yang berada di usia kandungan trimester ketiga. Di usia kehamilan ini, Mama akan semakin dekat dengan waktu persalinan.

Rasberi merah dikenal sebagai stimulator janin dan relaksan otot rahim. Buah ini dapat mengatur kontraksi rahim dan memfasilitasi persalinan yang aman nantinya.

Selain itu, daun rasberi merah diketahui bisa membantu mengobati kram, mual, nyeri, pusing, kelelahan serta malaise yang sering dialami ibu hamil. Minum teh rasberi juga dapat mencegah pendarahan dan membantu persalinan.

2. Mencegah cacat lahir

2. Mencegah cacat lahir
Pixabay/Daria-Yakovleva

Rasberi mengandung sejumlah folat yang tinggi, sehingga apabila ibu hamil rutin mengonsumsi buah ini selama kehamilan tentu akan meningkatkan kesehatannya. Buah ini akan membantu menurunkan risiko cacat lahir pada janin di kandungan.

Asupan folat yang baik dari buah rasberi melindungi janin di dalam kandungan dari cacat tabung saraf, cacat jantung, infeksi saluran kemih, preeklamsia, dan gangguan anggota tubuh lainnya. 

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan
Pixabay/congerdesign

Rasberi mengandung serat dan mangan dalam jumlah tinggi. Dengan begitu mampu meningkatkan kelancaran pencernaan, mencegah risiko gangguan pencernaan, mempertahankan tingkat metabolisme yang tinggi, bahkan membantu mengontrol berat badan ibu hamil.

Editors' Picks

4. Meningkatkan imunitas tubuh

4. Meningkatkan imunitas tubuh
Pixabay/pixel2013

Kandungan antioksidan yang di tinggi dan fitonutrisi dalam rasberi dapat memperkuat sistem imunitas tubuh Mama menjadi lebih baik. Buah ini juga penuh dengan kandungan mineral, vitamin serta nutrisi penting lainnya yang membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Jadi, makan rasberi selama kehamilan bisa membantu dalam mencegah perkembangan penyakit atau infeksi virus berbahaya serta menjaga kesehatan janin di dalam kandungan.

5. Menurunkan risiko perkembangan kanker

5. Menurunkan risiko perkembangan kanker
Pixabay/l_cwojdzinski

Rasberi adalah buah yang kaya akan sumber antioksidan dan kandungan zat fitonutrisi, yakni asam ellagic. Kandungan antioksidan dan fitonutrisi yang tinggi dapat mencegah risiko perkembangan kanker saat hamil.

6. Mencegah infeksi

6. Mencegah infeksi
Pixabay/Jill Wellington

Flavonoid dalam rasberi terurai menjadi anthocyanin yang memberikan manfaat antioksidan dan antimikroba.

Jadi, makan rasberi selama kehamilan dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur berbahaya tertentu di tubuh Mama, serta mencegah risiko infeksi vagina saat hamil.

Yang tidak kalah penting, daun rasberi juga memiliki khasiat mengobati ruam kulit secara efektif.

7. Menyembuhkan anemia

7. Menyembuhkan anemia
Pixabay/Couleur

Rasberi mengandung sejumlah zat besi yang lebih tinggi dibandingkan buah-buah lainnya.

Makan buah rasberi selama masa hamil akan membantu meningkatkan jumlah homoglobin dan melindungi Mama dari serangan anemia, kelelahan, bahkan pusing.

8. Mengobati masalah pernapasan

8. Mengobati masalah pernapasan
Pixabay/pixel2013

Mengonsumsi rasberi merah selama kehamilan akan membantu mengobati masalah pernapasan yang umum terjadi pada ibu hamil, seperti batuk, sakit tenggorokan, flu serta pilek yang menyerang secara tiba-tiba.

Jadi demikianlah ragam manfaat buah rasberi yang akan didapatkan ibu hamil setelah mengonsumsinya. Apapun buah yang dikonsumsi, yang terpenting jangan lupa untuk mencucinya secara bersih agar tetap terjamin kebersihan buahnya.

Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.