Doa untuk Bayi saat Magrib agar Terhindar dari Gangguan Jin

Bacakan doa ini agar bayi terlindung dari gangguan jin Ummu Sibyan yang muncul saat Magrib

9 Juli 2024

Doa Bayi saat Magrib agar Terhindar dari Gangguan Jin
Pexels/Serdar Goksu

Magrib adalah waktu yang sangat penting dalam kehidupan Muslim. Pada waktu ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, zikir, dan doa, termasuk mendoakan anak-anak agar terlindung dari gangguan jin dan setan.

Salah satu jin yang terkenal sering mengganggu manusia terutama ibu hamil, bayi yang baru lahir, dan anak-anak di bawah usia 2 tahun adalah jin bernama Ummu Sibyan. Jin Ummu Sibyan sering mengganggu ketika adzan Magrib dikumandangkan, jin perempuan ini akan membuat anak-anak rewel dan menangis.

Jin adalah makhluk ghaib yang diciptakan oleh Allah dari api. Dalam Alquran, Allah telah menjelaskan bahwa tujuan penciptaan jin adalah untuk beribadah dan taat kepada-Nya.

"Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku." (Qs. Az-Zariyat: 56)

Namun, kenyataannya tidak semua jin taat dan mengikuti perintah Allah. Ummu Sibyan adalah salah satu golongan jin yang ingkar terhadap Allah dan menjadi pengganggu manusia.

Untuk melindungi si Kecil dari gangguan jin Ummu Sibyan saat Magrib, Popmama.com telah merangkum doa untuk bayi saat Magrib agar terhindar dari gangguan jin. Yuk, disimak doanya.

Anjuran Menjaga Anak saat Waktu Magrib

Anjuran Menjaga Anak saat Waktu Magrib
Freepik

Rasulullah SAW melarang anak-anak keluar saat waktu Magrib. Beliau juga menganjurkan para orangtua untuk menutup semua pintu dan jendela rumah menjelang Magrib.

Menurut Kitab Fiqhus Sunnah karya Sayyid Sabiq, waktu Magrib dimulai saat matahari terbenam dan berakhir ketika warna kemerahan di langit menghilang. Waktu ini juga dikenal dengan istilah senja.

Larangan Rasulullah SAW agar manusia tidak keluar rumah pada waktu Magrib dan menutup pintu berasal dari riwayat Jabir bin Abdullah RA. Ia menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا كَانَ جُنْحُ اللَّيْلِ أَوْ أَمْسَيْتُمْ فَكُفُّوا صِبْيَانَكُمْ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْتَشِرُ حِينَئِذٍ فَإِذَا ذَهَبَ سَاعَةٌ مِنْ اللَّيْلِ فَخَلُّوهُمْ وَأَغْلِقُوا الْأَبْوَابَ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ لَا يَفْتَحُ بَابًا مُغْلَقًا

Artinya:

"Jika telah tiba gelap malam dan kamu berada di waktu senja, maka tahanlah anak-anak kalian di dalam rumah, sebab setan sedang tersebar dan bila telah berjalan satu jam (sesudah Isya) terserah padamu untuk melepas mereka, dan tutuplah pintu-pintu sambil menyebut nama Allah SWT, sebab setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup." (HR Bukhari)

Agar si Kecil senantiasa terhindar dari gangguan jin dan setan saat waktu Magrib, Mama dan Papa bisa membacakan beberapa zikir dan doa untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT. Berikut doanya:

1. Membaca ayat Kursi

1. Membaca ayat Kursi
freepik/pvproductions

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa'u 'indahū illā bi`iżnih, ya'lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min 'ilmihī illā bimā syā`, wasi'a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-'aliyyul-'aẓīm

Artinya:

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar."

Membacakan ayat Kursi pada bayi saat Magrib bisa menjadi salah satu cara efektif untuk melindungi mereka dari godaan dan gangguan jin serta setan. Ayat Kursi, yang terdapat dalam Surah Al-Baqarah ayat 255, memiliki keutamaan yang sangat besar dalam Islam sebagai benteng perlindungan spiritual.

2. Bacakan surah Al Ikhlas, Al Falaq, dan An-Nas

2. Bacakan surah Al Ikhlas, Al Falaq, An-Nas
Freepik

Membacakan surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas untuk bayi saat Magrib memiliki berbagai keutamaan yang bisa memberikan perlindungan dan ketenangan bagi bayi. Salah satu manfaatnya adalah melindungi bayi dari gangguan jin Ummu Sibyan. Membacakan surah Al-Ikhlas bisa menjadi perlindungan dari berbagai bahaya, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat, termasuk gangguan jin dan setan.

Membacakan surah Al-Falaq dapat memberikan ketenangan dan rasa aman pada bayi, karena mengandung doa perlindungan yang kuat. Sedangkan membacakan surah An-Nas memohon perlindungan kepada Allah dari bisikan setan yang bisa merusak hati dan pikiran. Ini sangat penting untuk menjaga kesucian dan ketenangan jiwa bayi.

Bacakan masing-masing surah sebanyak 3 kali. Surah-surah pendek tersebut juga bisa membuat bayi tenang dan tidak rewel. Selain itu, doa-doa tersebut juga bisa dibaca oleh orangtua agar senantiasa dalam perlindungan Allah SWT.

3. Doa memohon perlindungan

3. Doa memohon perlindungan
Freepik/jcomp

اللَّهُمَّ بِكَ أمْسَيْنا، وَبِكَ نَحْيا، وَبِكَ نَمُوتُ وَإِلَيْكَ النُّشُورُ

Allāhumma bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya:

"Ya Allah, karena Engkau kami mengalami waktu petang dan karena Engkau kami hidup dan mati, dan kepada-Mu juga kami akan kembali."

Baca doa ini sebanyak satu kali agar si Kecil terlindungi dari gangguan jin dan setan saat Magrib. 

Editors' Pick

4. Doa menjelang petang

4. Doa menjelang petang
freepik/pcproduction

رَضَيتُ بِاللهِ رَبّاً، وَبِالإِسْلَامِ دِيْناً، وَبِمُحَمَّدٍ – صلى الله عليه وسلم – نَبِياً

Radhitu billahi rabban, wabil islami diinan, wabi muhammadin shallallahu ‘alaihi wasallam nabiyyan

Artinya:

"Aku rida Allah sebagai Rabbku (untukku dan orang lain), Islam sebagai agamaku, dan Muhammad ﷺ sebagai Nabiku (yang diutus oleh Allah).” (HR Ahmad 4/337).

Doa ini bisa dibacakan Mama pada bayi saat waktu menjelang petang atau Magrib. Bacakan doa ini sebanyak 3 kali, ya, Ma!

5. Doa waktu Magrib tiba

5. Doa waktu Magrib tiba
Pexels/Burak Basgoze

بِسْمِ اللهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيءٌ فِي الأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّميْعُ الْعَلِيمُ

Bismillahillazi laa yadhurru ma’as mihi syai’un fil ardhi wala fis samaa’ wahuwas sami’ul ‘aliim

Artinya:

"Dengan menyebut nama Allah, yang dengan nama-Nya tidak ada satu pun yang membahayakan, baik di bumi maupun di langit. Dialah Yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui." (HR. Abu Dawud 4/323 dan At-Tirmidzi 5/425)

Baca doa waktu Magrib ini sebanyak 3 kali. Bisa dibaca menjelang Magrib atau saat waktu Magrib tiba.

6. Baca doa Sayyidul Istighfar

6. Baca doa Sayyidul Istighfar
Freepik/Jcomp

Syaikh Abdurrazaq bin Abdul Muhsin Al-Badr dalam bukunya "Fiqih Doa & Dzikir Jilid 2" menyatakan bahwa sayyidul istighfar adalah bacaan istighfar yang paling agung dan utama. 

Sayyidul istighfar memiliki keutamaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bacaan istighfar lainnyabacaan ini juga bisa melindungi si Kecil dari gangguan jin dan setan saat Magrib.

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma anta rabbi laa ilaaha illa anta khalaqtanii wa anaa 'abduka wa anaa 'alaa 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu a'uudzubika min syarri maa shana'tu abuu-u laka bini'matika 'alayya wa abuu-u bi dzanbi faghfir lii fa innahu laa yaghfirudz dzubuuba illa anta

Artinya:

"Ya Allah, Engkau Rabbku, tidak ada sembahan yang haq kecuali Engkau. Engkau menciptakanku dan aku hamba-Mu. Aku di atas perjanjian dan janji-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan apa yang aku lakukan, aku mengakui untuk-Mu nikmat-nikmat-Mu atasku, dan aku mengakui untuk-Mu dosa-dosaku, maka ampunilah aku, sungguh tidak ada yang mengampuni dosa-dosa selain Engkau."

7. Zikir petang

7. Zikir petang
cakradunia.co

اللهم إني أمسيت أُشْهِدُكَ وَأُشْهِدُ حَمَلَة عَرْشِكَ، وَمَلَائِكَتَكَ وَجَمِيْعَ خَلْقِكَ، أَنَّكَ أَنتَ اللهُ لَا إِلَهَ إِلَاّ أَنْتَ وَحْدَكَ لَا شَرِيْكَ لَكَ، وَأَنَّ مُحَمَّداً عَبْدُكَ وَرَسُولُك

Allahumma inni amsaitu usyhiduka wa usyhidu hamalata ‘arsyika, wamalaa’ikataka, wajami’i khalqika, annaka antallahu laa ilaaha illa anta wahdaka laa syariikalaka, wa anna muhammadan ‘abduka warusuuluka

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya di waktu sore ini aku mempersaksikan Engkau, malaikat yang memikul Arsy-Mu, malaikat lain dan seluruh makhluk-Mu. Bahwa Engkau adalah Allah yang tiada ilah yang berhak disembah, kecuali Engkau. Engkau Maha Esa dan tiada sekutu bagi-Mu. Dan bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Mu." (HR. Abu Dawud 4/317)

Membaca zikir petang ini juga senantiasa akan melindungi bayi dari berbagai bahaya dan gangguan jin dan setan saat Magrib. Baca zikir petang ini sebanyak 4 kali.

8. Doa keselamatan dunia dan akhirat

8. Doa keselamatan dunia akhirat
Freepik/jcomp

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسألُكَ الْعَفْوَ والْعَافِيةَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسألُكَ الْعَفْوَ وَالَعَافِيَةَ: فِي دِيْنِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ، وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بِينَ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِي، وَعَنْ يَمِينِي وَعَنْ شِمَالِي، وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَن أُغْتَالَ مِن تَحْتِي

Allahumma inni as’alukal ‘afwa wal-‘aafiyata fid dun yaw al-aakhirah, allahumma as’alukal ‘afwa wa ‘aafiyata fii diini wa dunyaaya wa ahlii wa maali, allahummastur ‘auraati wa aamin rau’aati, allahummahfadzniy min baini yadayya, wamin khalfii, wa ‘an yamiini, wa ‘an syimaali, wamin fauqi, wa a’udzu bi ’adzamatika an ughtaala min tahti.

Artinya:

"Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tidak ada Ilah (yang berhak diibadahi dengan benar), kecuali Engkau. Engkaulah yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku akan setia pada perjanjianku dengan-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan (apa) yang kuperbuat. Aku mengakui nikmat-Mu (yang diberikan) kepadaku dan aku mengakui dosaku. Oleh karena itu, ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa, kecuali Engkau.” (HR. Bukhari 7/150, An-Nasai 9752, dan At-Tirmidzi 3391)

Selain dibaca menjelang Magrib atau petang, doa ini juga bisa Mama dan Papa baca kapanpun agar keluarga selalu selamat dunia dan akhirat.

9. Doa mohon perlindungan dari jin pengganggu saat Magrib

9. Doa mohon perlindungan dari jin pengganggu saat Magrib
Pexels/Михаил Шнейдер

Doa untuk bayi yang bisa dibaca saat Magrib selanjutnya adalah doa memohon perlindungan dari jin pengganggu yang muncul di waktu Magrib yaitu jin Ummu Sibyan. Baca doa ini sebanyak satu kali.

اللَّهُمَّ عَالِمَ الْغَيْبِ وَالْشَّهَادَةِ فَاطِرَ السَّموَاتِ والأَرْضِ، رَبَّ كُلِّ شَيءٍ وَمَلِيكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَاّ إِلَهَ إِلَاّ أَنْتَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِي وَمِنْ شَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ، وَأَنْ أَقْتَرِفَ عَلَى نَفْسِي سُوءاً، أَوْ أَجُرَّهُ إِلى مُسْلِم

Allahumma ‘aalimal ghaibi wasy syahadah faatiras samaawaati wal ardh, Rabba kulli syai’in wamaliikahu, asyhadu an laa ilaaha illa anta, a’udzubika min syarri nafsii, wamin syarrisy syaithani wa syirkihi, wa an aqtarifa ‘ala nafsii suu’an aw ajurruhu ila muslim

Artinya:

"Ya Allah Yang Maha Mengetahui yang gaib dan yang nyata, wahai Rabb Pencipta langit dan bumi, Rabb atas segala sesuatu dan Yang Merajainya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku, setan, dan ajakannya menyekutukan Allah (aku berlindung kepada-Mu) dari berbuat kejelekan atas diriku atau mendorong seorang muslim kepadanya.” (HR. At-Tirmidzi 3/142).

10. Bacaan zikir petang

10. Bacaan zikir petang
Freepik/jcomp

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَين

Yaa hayyu ya qayyum, birahmatika astaghits, wa ashlih lii sya’nii kullahu, wala takilni ilaa nafsi tharfata ‘ainin

Artinya:

"Wahai Rabb Yang Maha Hidup, Wahai Rabb Yang Maha Berdiri Sendiri (tidak butuh segala sesuatu), dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan, perbaikilah segala urusanku, dan jangan diserahkan (urusanku) kepada diriku sendiri, meskipun hanya sekejap mata (tanpa mendapat pertolongan dari-Mu)." (HR. Hakim 1/545 dan dinilai Mauquf oleh Adz-Dzahabi)

Demikianlah zikir dan doa untuk bayi saat Magrib agar terlindung dari gangguan jin yang bisa Mama dan Papa bacakan untuk si Kecil. Jangan lupa diamalkan!

Baca juga:

The Latest